Contoh Laporan Bulanan untuk Laporan Kinerja Usaha

1 Januari 2023 Contoh Laporan Bulanan

Untuk kamu yang sedang bingung mencari contoh laporan bulanan yang paling pas untuk usahamu, kamu bisa mengamati artikel berikut ini. Di dalam artikel akan dibahas seputar pengertian dari laporan bulanan serta tips yang akan membantumu membuat laporan bulanan yang sesuai dengan konsep bisnismu. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan contoh laporan bulanan yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

 

Apa yang Dimaksud Laporan Bulanan?

Laporan bulanan adalah ringkasan dari aktivitas usahamu dalam jangka waktu selama satu bulan. Di dalamnya terdapat statistik dan informasi yang berhubungan dengan aktivitas usaha. Selain itu, status keuangan usaha juga tercantum di dalamnya untuk menjelaskan bagaimana kondisi keuangan usaha. Tambahan lain yang ada di dalam laporan bulanan adalah ulasan dari kinerja bagian penting dalam usaha. 

 

Laporan bulanan mencakup seluruh informasi penting dalam suatu perusahaan yang disusun dengan baik agar bisa dimengerti oleh pihak yang membaca. Penggunaan laporan bulanan juga agar pemilik usaha bisa melacak dengan tepat bagaimana situasi dari perusahaan sehingga kamu bisa mengatur rencana untuk pengelolaan usaha di masa mendatang.

 

Baca Juga: Bisnis Digital, Pengertian, Jenis, dan Contohnya

 

Alasan Laporan Bulanan Penting untuk Usaha

Setiap perusahaan pasti memiliki contoh laporan bulanan yang hampir sama satu dengan yang lainnya. Ini karena laporan bulanan yang dibuat sangat penting bagi perusahaan. Berikut ini adalah alasan mengapa laporan bulanan penting untuk usaha:

 

1. Melancarkan Proses Usaha

Membuat laporan bulanan untuk usaha akan membantumu agar tetap terorganisir dan teratur dalam mengelola bisnismu. Ini akan membantumu untuk lebih fokus dalam mengelola usaha dan menentukan tujuan usaha kedepannya. Aktivitas usaha juga lebih terlacak setiap bulannya. Dengan adanya laporan bulanan, kamu bisa mendapatkan informasi penting dalam setiap usaha.
 

2. Pengambilan Keputusan yang Tepat

Setiap contoh laporan bulanan memiliki informasi yang detail terhadap segala aktivitas bisnis dalam jangka waktu tertentu. Ini akan sangat membantu mengambil langkah untuk usaha. Jika kamu melihat laporan bulanan yang memiliki data penjualan menurun selama satu bulan, maka kamu juga perlu mempelajari apa alasan penurunan tersebut. Selanjutnya kamu bisa memprediksi langkah yang harus diambil selanjutnya agar penjualan menjadi naik. Hal tersebut dapat kamu pelajari dari laporan bulanan yang telah dibuat dengan akurat.
 

3. Melacak Kinerja Usaha

Laporan bulanan adalah cara yang tepat untuk melacak kinerja usahamu secara berkala. Kamu bisa terus memantau bagaimana usahamu berkembang dan apa kekurangan usaha yang perlu ditingkatkan. Laporan bulanan juga akan membantumu mengetahui apakah kamu perlu merubah strategi pemasaran dan penjualan untuk usahamu.
 

4. Mengatasi Masalah

Laporan bulanan berisi informasi detail kinerja usahaJadi kamu bisa mengetahui jika terjadi masalah yang mungkin akan merugikan usaha. Kamu bisa langsung memperbaiki permasalahan tersebut tanpa harus menunggu masalah menjadi semakin besar dan merugikan perusahaan. Ini adalah cara yang efektif agar suatu usaha bisa semakin sukses.
 

5. Memprioritaskan Tugas yang Paling Penting

Saat menjalankan usaha, tidak jarang tugas yang harus dikerjakan ada sangat banyak sehingga kamu kesulitan dan bingung mana yang harus dikerjakan. Adanya laporan bulanan akan membantumu menentukan prioritas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Selain itu kamu juga akan lebih mudah mengerjakan tugas tersebut karena tahu apa masalah yang perlu diselesaikan.
 

6. Tetap Produktif

Sering kali, usaha terasa monoton dalam proses bisnisnya. Hal ini mungkin dikarenakan masalah yang tidak terdeteksi dan tidak adanya peningkatan dalam proses usaha. Laporan bulanan akan membantu usaha agar tetap produktif untuk meraih tujuan. Jadi kamu tidak akan stagnan dalam proses usaha dan tetap fokus pada tujuan usaha.

 

Baca Juga: Kenapa Marketing Penting untuk Bisnis?

 

Tips Membuat Laporan Bulanan Lebih Menarik dan Contohnya

Jika kamu melihat contoh laporan bulanan yang ada dalam suatu perusahaan, kamu pasti akan melihat bahwa laporan tersebut disusun dengan rapi dan baik. Penting sekali untuk membuat laporan bulanan dengan menarik dan baik. Berikut ini adalah beberapa tips agar kamu bisa membuat laporan bulanan yang menarik dan juga contoh laporan bulanan:

 

  • Grafis Visual

Berikan sajian laporan bulanan yang menarik dengan grafis visual yang baik. Misalnya dengan memberikan gambaran yang mudah dimengerti. Terlalu banyak tulisan akan membuat pembaca merasa bosan dan tidak bisa fokus. Tampilan visual yang baik akan membantu pemahaman lebih baik terhadap isi penting dari laporan bulanan tersebut.

Penggunaan grafis visual dalam contoh laporan bulanan adalah dengan menggunakan diagram, bagan, serta gambar yang mendukung tampilan penyajian laporan bulanan. Misalnya dengan memberikan foto produk yang jelas dan juga diagram perbandingan produk usaha dengan kompetitor. Ini akan membantu pembaca memahami apa yang lebih unggul dari produkmu.
 

  • Gunakan Kalimat Singkat yang Efektif

Menggunakan kalimat yang terlalu panjang untuk contoh laporan bulanan akan membuat pembaca kesulitan mengerti inti dari laporan tersebut. Jadi ada baiknya kamu menggunakan kalimat yang singkat dan efektif yang mampu menjelaskan poin penting dengan lebih mudah.

Kalimat efektif dalam contoh laporan bulanan bisa digunakan untuk mengurangi kalimat pembuka yang tidak diperlukan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan kalimat efektif pada saat menjelaskan usahamu. Jika penjelasan terlalu panjang, maka pembaca akan bosan dan tidak bisa menangkap poin penting yang ingin kamu sampaikan.
 

  • Gunakan Daftar Isi dan Angka di Tiap Halaman

Hal sederhana yang sering terlewat adalah tidak adanya daftar isi dan angka pada halaman. Ini adalah kesalahan kecil yang fatal karena pembaca menjadi kesulitan mengikuti proses membaca, apalagi jika laporan bulanan memiliki beberapa bagian penting di dalamnya.

Penggunaan daftar isi dan halaman pada contoh laporan bulanan akan sangat membantu pembaca yang mencari poin-poin penting dalam laporan bulanan tersebut. Ini akan lebih mudah dibandingkan harus membalik-balik halaman yang tidak jelas mana posisinya.
 

  • Tambahkan Lampiran Jika Diperlukan

Dibandingkan membuat lembar halaman baru untuk penjelasan kecil, tambahkan lampiran yang diperlukan di bagian bawah halaman dalam tulisan kecil. Ini akan menghemat lembar laporan bulanan dan tentunya akan mempermudah proses membaca laporan bulanan. Jadi kamu tidak perlu membingungkan pembaca dengan isi yang penjelasannya berantakan.

Penambahan lampiran dalam contoh laporan bulanan ini hanya saat diperlukan saja. Biasanya bisa digunakan untuk memberikan fakta atau pengertian terhadap istilah yang digunakan dalam laporan bulanan.
 

  • Buat Ringkasan yang Baik

Fakta dari laporan bulanan adalah tidak semua pembaca memperhatikan seluruh detail informasinya dengan baik. Jadi kamu hanya perlu membuat ringkasan yang kuat dan baik agar mereka bisa langsung paham apa poin penting yang ingin kamu sampaikan. Setiap contoh laporan bulanan pasti memiliki ringkasan di dalamnya. Selain data dan informasi penting, ringkasan juga harus dibuat semenarik dan seefektif mungkin agar pembaca langsung tertarik.

 

Setelah mengetahui laporan bulanan dan bagaimana contohnya. Kamu bisa menerapkan tips di atas untuk membuat laporan bulanan yang sesuai dengan bisnismu. Jika kamu baru saja memulai usaha, kamu bisa membuat contoh laporan bulanan sederhana terlebih dahulu untuk berlatih. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan tools lain yang akan membantu proses usahamu seperti Kokatto. Dengan fitur lengkap, analisa data usaha dan proses usaha akan lebih mudah. Yuk langsung coba pakai Kokatto sekarang!

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved