Apa Saja Jenis Digital Marketing yang Efektif?

1 Januari 2023 Jenis Digital Marketing

 Terdapat beberapa jenis digital marketing. Digital marketing sendiri adalah bentuk pemasaran yang makin sering dilakukan oleh perusahaan. Apalagi kemajuan teknologi membuat semakin banyak strategi pemasaran yang bisa dilakukan. Yuk, cari tahu jenis digital marketing yang biasa digunakan!

 

Sebelum itu, pemasaran adalah bagian penting untuk suatu perusahaan. Maka tak heran bila pemasaran seringkali mempunyai divisi sendiri dalam suatu perusahaan. Sebuah perusahaan dan produk yang dihasilkan pasti membutuhkan pemasaran agar para calon pelanggan dapat mengenalinya.

 

Pemasaran sendiri berguna untuk menawarkan produk pada khalayak ramai agar mengenalinya, dan kemudian melakukan pembelian sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Namun sejatinya, kegiatan pemasaran sungguh lebih luas dari sekadar memasarkan produk.

 

Marketing Mix

Dari mulai pengembangan suatu produk, proses dan cara mendistribusikannya, hingga proses promosi dan pengiklanan merupakan bagian dari pemasaran. Pemasaran sendiri membutuhkan beberapa variabel. Ada beberapa bagian penting dari marketing, yaitu: 

 

  • Product (Produk)

Tentu produk adalah bagian penting dari pemasaran. Yang tentunya di-highlight pada pemasaran adalah produk yang diperkenalkan atau dijual. Tetapi agar pemasaran dapat berjalan dengan baik, produk yang dijual tentu harus menjadi jawaban yang dibutuhkan oleh konsumen. Lalu jelaskan bagaimana bahwa produk tersebut tetap dibutuhkan pasar kendati ada produk kompetitor lainnya.

 

  • Price (Harga)

Saat melakukan pemasaran, tak jarang sebuah perusahaan memberikan potongan harga. Namun potongan harga sendiri bukan tanpa hitungan matang. Harga yang diberikan harus sesuai. Sama seperti menerapkan harga suatu barang. Selain harus lebih besar dari biaya produksi, harga yang ada juga harus masuk akal bagi calon pelanggan yang dituju. Jika kemahalan akan membebankan pelanggan, sementara jika terlalu murah akan membebankan pelaku usaha.

 

Baca Juga:  Kenapa Tugas Marketing adalah Hal Penting di Bisnis?

 

  • Place (Tempat)

Tempat juga menjadi salah satu yang dipikirkan saat melakukan pemasaran. Seperti contoh di mana para calon pelanggan dapat membeli produk yang dijual. Apalagi saat ini sudah serba digital. Jika berjualan di situs atau media sosial, kamu harus menggunakan platform yang sesuai dengan produk yang kamu jual serta target pembeli yang kamu tuju.



 

  • Promotion (Promosi)

Promosi adalah bagian penting dari pemasaran. Sebuah perusahaan harus mempromosikan dirinya beserta produk yang dijual agar mendapatkan pengenalan. Iklan yang sering kita lihat di televisi ataupun koran merupakan bagian dari promosi yang dilakukan perusahaan. Saat ini, kanal digital lebih sering digunakan karena jangkauan lebih luas dengan biaya lebih sedikit. Sebagai contoh, menggunakan media sosial, situs, dan lain-lain.

 

Digital Marketing

Saat ini beberapa hal dilakukan serba digital. Itu tidak lepas dari semakin majunya teknologi dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Karena masyarakat sudah menjadi semakin digital, jadi logis rasanya untuk menerapkan digitalisasi dalam berbagai aktivitas termasuk juga aktivitas marketing.

 

Marketing atau pemasaran dibutuhkan oleh perusahaan agar mendapatkan keuntungan dengan mengenalkan perusahaan dan produk yang dijual. Sementara digital marketing sendiri berarti melakukan kegiatan pemasaran secara digital. Apalagi saat ini semua sektor semakin diliputi digitalisasi.

 

Saat ini digital marketing semakin dibutuhkan perusahaan seiring serba digitalnya aktivitas yang dilakukan. Malah semakin banyak kursus gratis atau berbayar yang fokus pada digital marketing. Hal tersebut menjadi bukti bahwa digital marketing semakin diburu dan perusahaan dituntut untuk mampu mengimbangi. Ada beberapa jenis digital marketing yang kerap digunakan, yaitu

 

Baca Juga: Apa Itu Social Media Marketing? Simak Strateginya, Yuk!

 

  • Social Media Marketing

Jenis digital marketing yang satu ini pasti yang kerap ditemui oleh masyarakat pada umumnya. Saat ini, media sosial sangatlah besar jadi social media marketing merupakan pilihan jitu jika kamu berpikir untuk merambah ke digital marketing. Apalagi macam-macam media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter ataupun Tiktok merupakan media sosial dengan pengguna mencapai ratusan juta hingga milyaran pengguna.

 

Berbagai pengguna dari nasional hingga global membuat jangkauan yang dapat diraih oleh suatu perusahaan sangatlah besar. Hal tersebut baik tentunya bagi pemasaran. Melalui akun yang kamu miliki, kamu dapat menjelaskan mengenai perusahaan kamu, bagaimana produk yang dijual dan lain-lain. Tentunya harus dikemas menarik dan sesuai dengan identitas brand yang kamu representasikan.

 

  • SEO (Search Engine Optimization)

Google sudah menjadi sebuah hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Sebagai mesin pencari paling unggul, pertanyaan yang tidak bisa terjawab membuat masyarakat berpaling ke Google. Oleh karena itu, momen seperti itu dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. Salah satunya dengan menerapkan SEO.

 

Jenis digital marketing yang satu ini fokus pada mesin pencari. Traffic pada produk dan perusahaan yang terdapat pada situsmu tentu penting, apalagi saat ini pada masa digital data adalah segalanya. Kamu bisa meningkatkan traffic tersebut dengan menggunakan SEO yang membuatmu mendapatkan kata kunci efektif untuk menempatkanmu di bagian depan mesin pencari.

 

  • Email Marketing

Email sudah menjadi bagian dari kehidupan bekerja pada karyawan, terutama pada usia produktif. Oleh karena itu, email marketing juga bisa dijadikan salah satu jenis digital marketing untuk dilakukan. Sebagai contoh, ketika registrasi suatu game atau aplikasi online biasanya mereka akan memberikan pilihan untuk menerima email marketing dari mereka yang terkadang bisa kamu tolak atau harus kamu terima.

 

Email marketing tersebut biasanya berisi mengenai promosi produk yang terjadi pada masa itu, konten-konten baru yang dikeluarkan, informasi terbaru mengenai brand tersebut, dan lain-lain. Jenis digital marketing yang satu ini bisa dibilang efektif karena kamu dapat mencakup beberapa pengguna yang mempunyai ketertarikan mirip dengan perusahaan atau produk yang kamu jual.

 

  • Sponsored Content

Sponsored Content termasuk salah satu jenis digital marketing terpopuler saat ini. Meskipun mungkin beberapa tidak mengenali nama jenis digital marketing yang satu ini, kenyataannya aplikasinya merupakan salah satu yang paling dikenal dan efektif saat ini. Lihat saja bagaimana ketika kamu melihat media sosial seorang figur publik akan berisi produk-produk tertentu yang dipromosikan.

 

Itu adalah salah satu bentuk sponsored content yang terjadi. Bekerja sama dengan artis maupun influencer merupakan bagian dari jenis digital marketing yang satu ini. Kegiatan di mana individu terkait disponsori baik dengan materi atau hal lainnya untuk membuat konten yang mempromosikan produk tertentu. Namun, perlu kecerdikan agar figur yang digunakan mampu merepresentasikan produk dengan sesuai dan mampu membawa traffic.

 

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai digital marketing serta marketing mix dan beberapa jenis digital marketing yang sering digunakan oleh beberapa perusahaan. Tentunya kamu harus memilih jenis digital marketing yang sesuai dengan produk dan sumber daya yang ada dan menggunakan strategi agar berjalan dengan efektif.

Salah satu bagian dari pemasaran adalah pelayanan yang baik. Dengan begitu, tidak hanya pelanggan baru, pelanggan lama juga akan bertahan pada perusahaan dan produk yang kamu jual. Dengan customer care dari Kokato, hal tersebut bisa diwujudkan. Selain itu, data analytics juga akan membantu perusahaanmu semakin berkembang. Langsung saja kunjungi Kokatto   

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved