Kata-kata Promosi Jualan Online yang Bisa Kamu Gunakan!

31 Desember 2022 Kata Kata Promosi Jualan Online

 Banyak kata-kata promosi jualan online yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis online. Setiap bisnis, baik online atau offline membutuhkan promosi agar dikenali oleh para calon pelanggan potensial. Oleh karena itu, biasanya setiap bisnis mempunyai kata-kata promosi jualan online yang sering digunakan. Apa saja sih kata-kata yang dimaksud?
 

Saat ini semakin banyak orang yang melakukan bisnis online. Hal tersebut tak lepas dari semakin majunya teknologi yang membuat kesulitan dan halangan yang ada sebelumnya menjadi mudah dan lebih lancar, seperti manfaat teknologi pada umumnya yang membantu kehidupan manusia.

 

Begitu pun pada berjualan. Aktivitas jual beli semakin dimudahkan dengan kemajuan teknologi. Meskipun sebenarnya aktivitas jual beli terlihat sederhana, tetapi ternyata teknologi mampu membuat kegiatan tersebut menjadi jauh lebih praktis. Terlebih di era modern ini, segala sesuatu harus dibuat praktis.

 

Belanja Online

Kepraktisan tersebut dikarenakan saat ini kebanyakan hal berbasis digital. Smartphone yang sudah tidak menjadi hal baru bagi masyarakat adalah salah satu perantaranya. Semakin banyak hal yang bisa dilakukan secara digital, seperti bekerja, bersekolah hingga kegiatan jual yang beli yang telah disebutkan sebelumnya.

 

Berbekal aplikasi hingga situs belanja, seseorang sudah bisa melakukan kegiatan belanja online, harus memiliki kuota internet tentunya. Meskipun sebenarnya kegiatan ini sudah dilakukan secara global maupun nasional dalam 1 dekade belakangan, belanja online makin familiar di berbagai lapisan kalangan masyarakat beberapa tahun ini. Situasi pandemi menjadi salah satu hal yang melatarbelakangi hal tersebut.

 

Baca Juga: Alasan Media Promosi adalah Hal Penting untuk Bisnis

 

Sistem transaksi pembayaran yang beragam dan serba digital semakin menunjang kegiatan belanja online. Kamu cukup mengisi dompet digital atau melakukan transfer uang melalui m-banking tanpa perlu repot keluar dari rumah. Setelah itu, kamu tinggal menunggu estimasi waktu barang sampai hingga tepat di depan pintu rumahmu.

 

Jualan Online

Tidak hanya bagi para pembeli yang membutuhkan dan mencari barang yang mereka butuhkan, para penjual juga mendapatkan kemudahan dengan kemajuan teknologi tersebut. Terlebih,  para penjual yang modalnya tidak berlimpah. Berjualan secara online tentu akan memudahkan mereka dalam berbagai aspek. 

 

Seperti dalam aspek tempat. Ketika seseorang berjualan online, tidak masalah jika ia mempunyai toko fisik ataupun tidak. Yang penting penjual tersebut mempunyai lapak untuk berjualan online baik di aplikasi ataupun platform tertentu. Penjual bisa saja menyimpan modal yang seharusnya untuk menyewa toko fisik untuk dijadikan modal tambahan untuk mengelola bisnis.

 

Selain itu, jangkauan yang diraih juga cukup luas. Ketika kamu menjual di toko fisik, jangkauan yang dapat kamu raih hanya seputar daerah tersebut. Berbeda ketika dengan jualan online di mana kamu bisa menjangkau tidak hanya daerah sekitarmu, namun juga secara nasional. Malah tak jarang jika kamu menggunakan platform yang luas, kamu bisa menjual barang online secara mendunia.

 

Salah satu aspek terpenting lainnya dalam berjualan online adalah promosi yang luas. Promosi adalah salah satu hal terpenting dalam berjualan, bahkan dalam berjualan di toko fisik. Bahkan bisnis besar beserta produknya membutuhkan promosi agar dikenali masyarakat, apalagi jika bisnis tersebut baru berkembang. Sang penjual harus melakukan promosi agar bisnis miliknya dikenali.

 

Promosi sudah biasa dilakukan oleh bisnis. Kalau dulu bisnis hanya melakukan promosi secara konvensional, saat ini promosi juga bisa dilakukan melalui digital. Dulu para penjual melakukan promosi melalui iklan di koran atau bahkan menggunakan flyer dan banner. Kini, cara promosi melalui digital jauh lebih mudah dibandingkan konvensional.

 

Baca Juga: Apa Saja Contoh Media Promosi yang Bisa Kamu Gunakan?

 

Sebut saja melalui media sosial. Media sosial yang bisa dibilang sudah menjadi bagian dari kehidupan bermasyarakat juga bisa dimanfaatkan oleh para penjual, apalagi jangkauan media sosial bisa dibilang global. Lihat saja bagaimana beberapa penjual bisa viral melalui media sosial berbekal video atau gambar ditambah dengan kata-kata promosi jualan online.

 

Promosi melalui online bisa dibilang lebih mudah. Yang kamu lakukan hanyalah melakukan promosi halaman profilmu. Tentu kamu bisa mengiklankan dengan ads berbayar yang tentunya membutuhkan biaya. Namun jika promosi produkmu ternyata menarik, kamu bisa mendapatkan awareness yang dibutuhkan oleh tokomu. Salah satu variabel yang terpenting adalah kata-kata promosi jualan online.

 

Kata-kata Promosi Jualan Online

Kata-kata promosi jualan online sendiri juga tidak melulu kata-kata eksplisit untuk menjual barang, namun juga implisit. Kamu harus pintar memainkan kata-kata promosi jualan online agar menarik minat pelanggan. Selain itu, kata-kata promosi jualan online yang terlalu biasa bisa saja tidak menarik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu pikirkan dalam membuat kata-kata promosi jualan online:

 

1. Sesuaikan dengan Target Konsumen

Target konsumen tiap bisnis berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu tidak bisa memukul rata konsumen tersebut. Akan lebih baik jika kamu mempunyai target secara spesifik. Dengan itu kamu juga bisa memikirkan kata-kata promosi jualan online yang sesuai dengan target konsumen yang kamu miliki.

 

Seperti contoh, jika kamu memiliki target konsumen remaja dan dewasa muda, kamu sebaiknya menggunakan kata-kata promosi jualan online yang mempunyai diksi yang sesuai dengan para pelanggan. Seperti contoh, “Udah bingung mau nongkrong pake OOTD apa? Jangan takut, langsung aja kunjungi toko B!”

 

2. Berikan Potongan-potongan Menarik

Selain mempromosikan bagaimana produk kamu akan sesuai dengan target pelanggan yang kamu tuju, tak ada salahnya pada kata-kata promosi jualan online kamu menyisipkan tentang memberi potongan harga yang menarik. Tentu potongan tersebut harus dipikirkan agar kamu tidak mengalami kerugian berarti.

 

Seperti contoh, “Dengan belanja di toko A, kamu bisa dapetin 2 potong celana chino buat ke kantor cuma dengan Rp350ribu!” Hal tersebut selain mempromosikan produk yang kamu jual, tentu juga akan meningkatkan penjualan. Setelah para pelanggan mencoba dan merasa nyaman dengan produkmu, nantinya mereka akan melakukan repeat order dengan sendirinya.

 

3. Sisipkan Kelebihan Produk

Setiap produk pasti berbeda dengan produk lainnya. Oleh karena itu, saat menjual sesuatu kamu perlu mengetahui apa yang kamu unggulkan dari produk tersebut. Ketika mengetahuinya, kamu juga bisa menggunakan keunggulan tersebut sebagai highlight pada kata-kata promosi jualan online.

 

Sebagai contoh, “Membeli celana chino di toko B tidak hanya murah, tapi warna yang ada juga dari berbagai shade, lho! Pilih warna yang bisa menampilkan kulit kamu menjadi lebih hidup.” Kata-kata promosi jualan online tersebut tentu akan menarik pelanggan yang membutuhkan celana chino dengan berbagai warna.

 

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai promosi online serta kata-kata promosi jualan online yang bisa kamu gunakan untuk promosi. Masih banyak cara promosi online serta kata-kata promosi jualan online lainnya yang bisa kamu kulik demi mendapatkan promosi yang efektif. 

 

Selain promosi, penting bagi kamu untuk melayani pelanggan dengan baik. Dengan Kokatto, hal tersebut bisa kamu wujudkan. Melalui produk seperti Customer Care dan Data Analytics, kamu bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh para pelangganmu. Tunggu apa lagi, rasakan sendiri manfaat Kokatto!  

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved