Niche Market Adalah: Pengertian, Manfaat, Strategi

26 Desember 2022 Niche Market Adalah

Niche market adalah hal dasar dalam sebuah bisnis yang harus kamu tentukan sebelum memulai usaha. Tapi tak semua pebisnis paham mengenai hal ini. Termasuk strategi menentukannya.

Ketika kamu tidak bisa memahami niche market dari sebuah usaha. Maka bisa jadi penjualan tidak akan berjalan optimal. Sebab, sasarannya pun tidak jelas. 

Namun kamu tidak perlu khawatir. Karena melalui artikel ini, akan ada penjelasan mengenai niche market dan strategi menentukannya.

Niche Market Adalah….

Apa sih niche market itu? Sederhananya, niche market adalah sebuah target pasar yang lebih spesifik. Misalnya ketika kamu memiliki sebuah target pasar, nah niche market ini jadi bagian yang ada di target tersebut. Namun tentu saja dengan hal yang jauh lebih spesifik.

Sebagai contoh, niche dari sebuah bisnis tas adalah tas sekolah anak, tas perempuan untuk pesta, tas pria untuk bekerja. Jadi targetnya jauh lebih spesifik lagi. 

Manfaat Menentukan Niche

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila menentukan niche pada bisnis kamu. Apa saja?

1. Jadi Lebih Fokus

Saat target bisnis sudah jelas, kamu akan lebih fokus untuk menjangkau target tersebut. Sebab, kamu paham kemana akan melangkah. Tinggal siapkan strategi untuk mengembangkannya sesuai dengan niche.

Misalnya saja niche adalah tas perempuan untuk pesta. Maka dari segi pengembangan produk hingga strategi pemasaran sudah cukup jelas, yaitu untuk perempuan yang akan pesta. 

2. Branding Toko 

Proses branding dalam sebuah bisnis sangat penting. Sebab, bisa membawa bisnis kamu jadi lebih mudah dikenal oleh calon pelanggan. 

Nah ketika kamu telah menentukan niche, maka pelanggan akan semakin mengerucut. Mereka akan paham jika toko kamu merupakan spesialis barang tertentu. 

Ketika membutuhkan barang tersebut, maka yang akan mereka tuju adalah toko kamu terlebih dahulu.

3. Mengurangi Pesaing Bisnis

Terakhir, manfaat niche market adalah untuk mengurangi persaingan bisnis. Misalnya saja sesama produsen tas. 

Jika kompetitor hanya fokus berjualan tas atau bahkan lebih lebar lagi yaitu department store, beda denganmu karena kamu adalah pengusaha tas sekolah.

Mereka tidak akan menganggap kamu sebagai saingan berat karena hanya ada dalam satu bidang.

Sebaliknya, kamu malah bisa jadi lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas. Tentu saja dengan menyediakan lebih banyak variasi produk karena fokus tersebut.

Strategi Menentukan Niche Market

Mulai tertarik ingin menentukan niche market setelah mengetahui manfaatnya? Jika iya, saatnya kamu memahami strategi untuk menentukan niche. Antara lain:

1. Identifikasi Kesukaan Kamu

Sebelum memulai sebuah bisnis, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu bidang yang disukai. Supaya bisa mudah dalam melakukan pengembangan bisnis. 

Lain halnya jika kamu tidak suka atau bahkan tidak tertarik dalam bidang bisnis kamu. Maka untuk melakukan inovasi atau mengembangkan usaha akan begitu susah.

Bahkan kamu butuh waktu yang cukup lama dengan usaha keras untuk mengembangkan bisnis tersebut.

2. Riset

Berikutnya adalah mulai melakukan riset dari usaha. Baik itu peluangnya maupun seberapa banyak pesaing yang kamu miliki.

Dengan riset, kamu bisa mengetahui kebutuhan masyarakat, peluang usaha hingga strategi untuk mengembangkannya. Untuk itu, riset ini begitu penting dalam proses bisnis.

3. Hasilkan Ide Unik

Setelah melalui proses riset, kembangkan hasilnya supaya bisa menciptakan ide yang unik. Misalnya saja saat kamu memiliki kemampuan dalam bidang jasa. 

Kemudian kamu menangkap peluang usaha untuk mengerjakan project pembuatan presentasi, makalah, proposal, dan lain sebagainya.

Dari peluang ini kamu bisa menghasilkan hal unik dengan membuat bisnis dalam bidang project event dan lain sebagainya. 

Niche marketnya bisa mulai dari pelajar, hingga karyawan yang tidak memiliki waktu untuk mengerjakan hal tersebut.

Niche market adalah hal penting dalam sebuah bisnis. Maka dari itu jika kamu belum memilikinya, segera tentukan ya. Agar bisnis bisa berjalan lebih optimal.

Gunakan Kokatto untuk memaksimalkan target niche bisnismu. Ada fitur Data Analitik yang bisa memberikan data terbaik dan akurat untuk membantu menganalisis langkah terbaik masa depan bisnismu. Tunggu apalagi? Ayo segera gunakan Kokatto!

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved