Mengapa Customer Experience adalah Faktor Pembeda?

3 November 2022 Mengapa Customer Experience adalah Faktor Pembeda?

Customer experience adalah hal penting untuk diperhatikan. Kenapa begitu? Karena customer merupakan seorang yang harus kita perlakukan sebaik mungkin. Jadi, customer experience adalah salah satu bagian penting yang harus kita tahu. Terkadang, beberapa orang lupa kalau salah satu elemen penting dari bisnis adalah konsumen. Karena itu, kita harus perhatikan betul segala sesuatu tentang konsumen.

Semakin banyak orang-orang yang berjualan membuat persaingan semakin bertambah. Tentu saja, produk ataupun jasa yang dijual berbeda-beda. Namun, teknologi membuat persaingan semakin ketat. Dengan semakin mudahnya para penjual untuk menjangkau calon pembeli potensial membuat para penjual mempunyai kekuatan yang sama untuk meraih pembeli. Oleh karena itu pula, kompetisi juga semakin ketat.

Belum lagi kemudahan meraih pemasok. Sebelum kemudahan dari teknologi, kamu benar-benar harus turun untuk mengetahui pemasok yang kamu butuhkan. Sedangkan pada zaman sekarang, di e-commerce pun ada sistem dropshipper jadi yang kamu perlu lakukan hanya memasarkan produk tersebut dengan harga yang kamu tentukan sendiri. Kemudahan-kemudahan tersebut membuat banyak orang juga gegabah untuk memulai bisnis.

Memulai usaha tentunya membutuhkan proses. Mulai dari melakukan riset pasar, menentukan konsep dan ide usaha, hingga melakukan eksekusi dan menjalankannya. Tak heran jika banyak usaha kecil yang kemudian menghilang karena persiapan yang dilakukan secara terburu-buru.

Salah satu elemen yang paling penting dari penjualan adalah pelanggan. Karena itulah ada ungkapan “Pelanggan adalah raja”. Hal itu dikarenakan tanpa pelanggan, bisnis tidak bisa berjalan. Semua strategi pemasaran dan penjualan pun harus disesuaikan dengan calon pelanggan. Meskipun tak jarang oknum pelanggan yang memanfaatkan ungkapan tersebut dan memperlakukan penjual dengan tidak pantas. Namun pada akhirnya, bisnis akan mengikuti konsumen. Salah satu parameter dalam bisnis tentunya adalah kepuasan dan kenyamanan konsumen.

Baca juga: Customer Satisfaction adalah Rahasia Sukses Bisnismu

Hal itu mengapa banyak bisnis yang sudah besar menyediakan layanan customer service. Yaitu layanan untuk membantu pelanggan agar bisa mengakomodasi layanan dan kebutuhan pelanggan tersebut. Tapi salah satu hal lain mengenai pelanggan yang penting untuk kamu ketahui adalah customer experience. Apa itu customer experience? Customer experience adalah kesan atau persepsi yang dimiliki pelanggan, mulai dari perjalanan pembelian hingga layanan after sales.

Customer Experience

Customer Experience adalah salah satu faktor yang bisa membuat sebuah usaha berbeda dengan kompetitor selain kualitas jasa atau produk yang dijual maupun harga yang ditawarkan. Pada masa yang semakin maju ini, banyak orang-orang yang mementingkan kenyamanan mereka saat membeli sesuatu dibanding harga. Terlebih, harga-harga produk sekarang juga semakin kompetitif sehingga perbedaannya tidak terlalu signifikan. Namun, bagaimana para pelanggan merasa nyaman akan membuat mereka cenderung kembali untuk melakukan transaksi. Banyaknya usaha yang menjual produk yang relatif sama kualitas dan harganya membuat pengalaman pelanggan menjadi salah satu pembeda.

Seperti sistem review yang semakin banyak seiring majunya teknologi. Hal-hal seperti itu merupakan bagian dari pengalaman pelanggan. Banyak juga calon pelanggan yang kebingungan memilih toko akhirnya membuat keputusan berdasarkan review toko tersebut. Belum lagi kemungkinan bahwa pelanggan yang puas akan memberikan rekomendasi karena toko tersebut meninggalkan kesan baik yang mendalam bagi dirinya.

Karena itu, banyak bisnis yang mengedepankan personalisasi agar para pelanggan semakin merasa dekat dengan bisnis yang bersangkutan. Terutama dengan semakin masifnya media sosial, impresi pelanggan terhadap tokomu dapat terekspos sewaktu-waktu. Kebiasaan media sosial di mana banyak hal yang mudah menjadi viral tidak selalu berdampak buruk. Beberapa pelanggan yang menghargai dan mempunyai kesan yang sangat baik juga dapat membuatmu viral.

Baca Juga: Contoh Ucapan Terima Kasih untuk Customer

Tidak hanya menggaet konsumen baru, pengalaman pelanggan yang baik juga akan membuat pelanggan yang sudah ada menjadi loyal. Ia akan merasa lebih nyaman untuk melakukan bisnis dengan toko kamu jika ia mendapatkan pengalaman yang mengesankan. Biar bagaimanapun, kenyamanan adalah hal yang dicari oleh semua orang, baik dari sesama manusia lainnya maupun produk yang dimiliki.

Cara Meningkatkan dan Mempertahankan Customer Experience yang Baik

Kalau kamu sudah merasa memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan, itu merupakan hal baik. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan hal tersebut, yaitu:

1. Mengenali Pelangganmu

Terkadang, kenyamanan dimulai dari hal kecil. Saat kamu mempunyai suatu usaha, tentunya kamu memiliki demografi pasar sendiri. Kamu bisa mempelajari hal tersebut mulai dari usia, jenis kelamin, hingga pekerjaan. Dengan begitu, kamu harus tahu bagaimana harus bertindak. Contohnya, kamu bisa berlaku akrab jika mayoritas pelangganmu adalah remaja hingga dewasa muda. Dengan begitu mereka akan merasa nyaman untuk membicarakan produk yang mereka beli. Lain halnya jika mayoritas pelanggan adalah orang yang sedikit lebih tua. Kamu dapat memperlakukan mereka secara hormat agar mereka merasa dihargai. Kamu mesti mengenali hal tersebut karena tentunya nilai dan preferensi yang mereka anut berbeda.

2. Mengenalkan Pelanggan dengan Bisnismu

Setiap bisnis tentunya memiliki perbedaan meskipun produk yang dijual sama. Alur pelayanan juga termasuk. Bagi para pelanggan baru yang belum mengenal dengan baik, kamu bisa melakukan edukasi agar mereka mengerti proses dari bisnis kamu. Dengan begitu, antara pembeli dan pelanggan akan tercipta kondisi saling mengerti. Dengan begitu, kesalahpahaman dari pelanggan bisa dihindari. Apalagi jika produk atau jasa yang kamu jual tergolong baru.

3. Mendengarkan Saran

Dari review, kamu bisa menarik kesimpulan customer experience adalah hal yang berpengaruh untuk bisnis kamu. Kamu juga bisa mengambil saran dari review tersebut. Jika kamu mendapatkan apresiasi karena hal tertentu, hal itu berarti banyak pelanggan produk kamu yang menganggap hal tersebut penting. Masukan-masukan yang kamu terima juga bisa kamu jadikan sebagai bahan untuk berbenah. Selain itu, kamu juga dapat mendengarkan langsung masukan dari pelanggan saat berinteraksi dengan mereka.

Baca juga: Apa Itu Social Media Marketing? Simak Strateginya, Yuk!

4. Membuat Hubungan Emosional

Manusia pada umumnya akan merasa nyaman jika mempunyai hubungan yang emosional. Kamu perlu membangun hal tersebut agar hubungan yang kamu bangun tidak terasa terlalu kaku. Kamu bisa memberikan sentuhan personal jika kamu mengenal pelanggan tersebut. Dengan begitu, ia tidak hanya akan merasa dihargai sebagai pelanggan, namun juga sebagai manusia. Sedangkan jika kamu mempunyai bisnis online, kamu dapat memberikan informasi yang relevan terkait dengan produk yang kamu jual serta masalah-masalah yang lazim dihadapi. Kamu juga bisa berkomunikasi sehingga para pelanggan merasa semakin nyaman.

5. Menghargai Pelanggan Existing

Pelanggan existing, apalagi yang sangat loyal, merupakan pelanggan yang harus terus kita apresiasi. Banyak cara apresiasi yang bisa kamu berikan. Kamu bisa memberikan reward tertentu agar para pelanggan eksisting tersebut menjadi semakin loyal. Dengan begitu, kamu akan mempunyai pelanggan tetap yang loyal.

Bisnis semakin bertumpu kepada konsumen. Hal itu yang membuat customer experience adalah sesuatu yang harus diperhatikan. Terlebih, customer experience adalah hal yang bisa menjadi pembeda antara kamu dengan kompetitor. Dengan Kokatto, kamu bisa meningkatkan customer experience dalam hal komunikasi. Banyak fitur efisien yang bisa kamu dapatkan seperti mengirim email marketing terpadu, chatbot WhatsApp, dan lainnya. Kalau penasaran, cek info lebih lanjut disini.

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright 2022 by Kokatto. All Rights Reserved