Revenue Streams adalah: Pengertian, Jenis, dan Contoh

3 November 2022 Revenue Streams adalah: Pengertian, Jenis, dan Contoh

Ketika bisnis yang kamu jalankan sudah mulai berkembang, mempelajari revenue streams adalah hal yang patut dilakukan guna memahami dari mana saja sumber pemasukan yang didapatkan oleh bisnis.

Terdapat beberapa komponen dalam operasional bisnis yang memiliki fungsi krusial, revenue streams adalah salah satunya. Revenue streams adalah komponen yang dapat kamu gunakan untuk melihat dari mana dan bagaimana bisnismu mendapatkan uang. Tapi, tentu revenue streams adalah komponen yang memiliki fungsi lain yang lebih besar.

Kira-kira ada apa saja fungsi dari revenue streams? Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui revenue streams adalah komponen operasional bisnis yang seperti apa, lengkap dengan jenis dan contohnya.

 

Pengertian Revenue Streams adalah Sebagai Berikut

Jika kita terjemahkan dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia, revenue streams adalah istilah yang secara harfiah berarti “aliran pendapatan”. Dari hasil penerjemahan ini, dapat dipahami secara umum bahwa revenue streams adalah komponen dalam bisnis yang berhubungan dengan dana dalam perusahaan yang digunakan untuk dikelola.

Pada hakikatnya, revenue streams adalah aliran pendapatan yang mencakup seluruh sumber pada bisnis yang memberikan pemasukan.

Selain itu, beberapa pakar bisnis menjelaskan bahwa pengertian dari revenue streams adalah sumber pendapatan yang masuk ke dalam kas yang dimiliki perusahaan. Sumber pendapatan ini bisa berasal dari pemasukan langsung dan pemasukan tidak langsung.

Sumber langsung revenue streams adalah pemasukan yang berasal dari penjualan utama produk atau jasa bisnismu. Sedangkan sumber tidak langsung revenue streams adalah pemasukan dari pemanfaatan aset yang dimiliki bisnis yang bukan sumber utama pemasukan bisnis, seperti keuntungan investasi, persewaaan aset kepada pihak luar, dana hibah, atau yang lainnya.

Nah, jenis revenue streams di atas dibedakan berdasarkan bisnis modelnya. Penasaran dengan penjabaran jenis revenues streams adalah seperti apa?

 

Jenis Revenue Streams adalah Sebagai Berikut

 

1. Transaction revenues atau pendapatan dari transaksi

Salah satu jenis dari revenue streams adalah transaction revenues, yakni aliran dana masuk yang didapatkan melalui transaksi yang sifatnya sekali bayar. Bagaimana maksudnya?

Jenis ini merupakan aliran dana yang dihitung dari penjualan produk atau jasa yang dibeli oleh pelanggan setiap terjadi transaksi antara pelanggan dan bisnis. Sebagai contoh sederhana, ketika ada pelanggan yang membeli atau menggunakan produk yang kamu jual. Maka pendapatan yang kamu terima akan termasuk ke dalam transaction revenues.

 

2. Recurring revenues atau pendapatan yang berkelanjutan

Sebaliknya, jenis lain revenue streams adalah recurring revenues, yang merupakan aliran dana masuk yang secara rutin didapatkan secara berkelanjutan.

Jadi, berbeda dengan jenis sebelumnya yang bersumber dari transaksi tunggal, recurring revenues adalah aliran dana yang secara berkala masuk ke dalam kas perusahaan. Contohnya ketika bisnis melakukan investasi. Hasil keuntungan dari investasi bersifat periodik karena kamu bisa mendapatkan keuntungan per bulannya melalui investasi tersebut.

 

Contoh Revenue Streams yang Ada dalam Bisnis Pada Umumnya

 

Kalau kamu masih bingung dengan revenue streams adalah yang seperti apa dalam bisnismu, berikut ini adalah beberapa contohnya yang umum.

 

1. Penjualan produk atau jasa bisnis

Salah satu revenue streams yang dimiliki oleh model bisnis pada umumnya adalah berasal dari penjualan produk atau jasa. Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, penjualan produk atau jasa termasuk dari transaction revenue.

Contohnya ketika kamu berjualan snack impor secara online di e-Commerce. Di hari ini, kamu berhasil menjual snack impor sebanyak 100 dengan harga Rp50.000 per produknya. Maka, banyak pendapatan revenue streams adalah sebesar Rp5.000.000.

 

2. Pembukaan cabang/franchise

Revenue streams yang didapatkan dari pembukaan cabang usaha baru ini digolongkan dalam recurring revenue. Pada umumnya, bisnis yang memiliki aliran pendapatan ini adalah bisnis dengan sistem franchise.

Sebagai contoh, bisnis produk makanan ringan A sedang mengalami perkembangan dan mencoba memperluas bisnisnya dengan membuka model bisnis franchise. Nah, bisnis tersebut berhasil mendapatkan mitra di lokasi lain. Penghasilan yang didapatkan dari mitra ini termasuk dalam recurring revenue.

 

3. Persewaan aset perusahaan

Contoh lain dari aliran dana yang termasuk dalam recurring revenue adalah ketika bisnis membuka layanan persewaan aset yang dimilikinya. Biasanya aliran pendapatan ini dilakukan oleh bisnis yang mempunyai banyak aset, misalnya aset yang berupa tranportasi operasional bisnis. Hasil keuntungan dari persewaaan tersebut juga termasuk dalam aliran pendapatan usaha.

 

4. Menjual lisensi

Penjualan lisensi yang berupa hak cipta dan hak paten dapat juga termasuk revenue streams yang bersifat berkala atau berkelanjutan.

Nah, aliran pendapatan ini tidak hanya dilakukan oleh perusahaan besar, pelaku usaha skala kecil atau bahkan perorangan pun bisa melakukannya. Misalnya, kamu menjual aset desain di situs web dan keuntungan didapatkan dengan menjual lisensi.

 

Fungsi dari Revenue Streams

Memahami revenue streams adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik bisnis. Agar kamu lebih memantapkan hati untuk melakukannya, fungsi lain dari revenue streams adalah sebagai berikut.

 

1. Dapat mengetahui sumber profit dengan lebih jelas

Segala jenis bisnis, baik itu yang berskala kecil maupun besar, perlu untuk menentukan sumber aliran pendapatan mana yang paling menguntungkan bisnisnya. Dengan begitu, kamu sebagai pemilik bisnis dapat menentukan sumber pendapatan mana yang bisa dioptimalkan agar profit yang didapat lebih meningkat.

 

Baca Juga: Contoh Laporan Penjualan Sederhana dan Manfaatnya!

 

2. Berguna dalam mendapatkan pendanaan

Fungsi lain dari mengetahui revenue streams adalah dapat menarik investor untuk menanam modal ke dalam bisnismu. Investor akan tertarik untuk menanamkan modal ke perusahaan yang dikelola dengan baik. Nah, salah satu indikator perusahaan yang menjadi perhatian investor tentu memiliki revenue streams yang jelas.

 

3. Menentukan strategi bisnis yang jelas

Mengetahui aliran pendapatan juga dapat membantumu ketika hendak merumuskan strategi bisnis yang perlu dilakukan lho. Ketika ada sumber aliran pendapatan yang menurun atau tidak memberikan performa yang baik, permasalahan ini dapat digunakan sebagai bahan untuk menentukan strategi bisnis selanjutnya.

Misalnya, aliran pendapatan yang berasal dari penjualan produk menurun karena kurangnya awareness tentang brand dan produk. Kamu bisa membuat strategi bisnis yang berfokus pada aktivitas promosi, dengan memanfaatkan media sosial sebagai contohnya.

Jadi, strategi bisnis tersebut dibuat berdasarkan dasar masalah yang jelas. Memahami revenue streams merupakan langkah yang dapat membantumu untuk tidak asal membuat strategi bisnis dan menentukan aktivitas kerja tanpa tujuan.

Kamu akan jadi lebih yakin mengenai langkah yang perlu diambil, misalnya dalam menentukan pembelian aset-aset mana yang berguna untuk mengoptimalkan aliran pendapatan tersebut.

 

Baca Juga: Contoh Marketing Plan yang Bisa Berhasil untuk Usahamu

 

Itulah pembahasan singkat mengenai revenue streams dan keuntungan ketika kamu mengetahuinya. Revenue streams tidak hanya dapat membantumu tahu sumber pendapatan bisnis dari mana, tapi dari pengetahuan tersbut kamu juga mampu menentukan langkah efektif selanjutnya yang harus dilakukan oleh bisnis.

Nah, selain revenue streams tentu ada hal lain dalam bisnis yang perlu kamu kelola juga dengan baik, seperti komunikasi dengan pelanggan.

Ada cara efektif nih yang dapat membantumu untuk mempertahankan komunikasi dengan pelanggan, yaitu dengan menggunakan Kokatto!

 

Melalui salah satu fitur Kokatto, chatbot WhatsApp otomatis, kamu tidak perlu khawatir lagi masalah komunikasi dengan pelanggan karena fitur pesan otomatisnya, seperti pemberitahuan keluar terkait pembelian produk. Yuk, buat pengelolaan bisnismu lebih efektif dengan Kokatto!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved