Perluas Pasar, Ini Definisi dan Manfaat Event Marketing

22 Juni 2023 Event Marketing

Bagi pebisnis, memanfaatkan event marketing sebagai strategi pemasaran rupanya cukup jitu dalam menarik lebih banyak pelanggan. Strategi pemasaran ini cocok untuk meningkatkan brand awareness, branding, hingga customer value. Sebab, ketika menyelenggarakan ataupun mengikuti event marketing, akan banyak pihak yang terlibat, antara lain konsumen, media, hingga pemerintahan.

Menyelenggarakan event marketing tidak hanya menguntungkan bagi pebisnis, tetapi tentu saja bagi konsumen. Sebab, wawasan peserta akan bertambah lantaran melalui kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk edukasi, saling menginspirasi, hingga memberikan banyak pengalaman bagi mereka yang terlibat.

Pengertian Event Marketing

Event marketing merupakan kegiatan pemasaran yang memiliki tujuan untuk mempromosikan produk, bisnis, layanan, hingga jasa kepada konsumen secara luas. Umumnya, acara ini diadakan untuk memperkenalkan produk atau layanan baru kepada konsumen, serta meningkatkan engagement dari produk sebelumnya atau yang sudah ada. Kegiatan ini juga bisa memperkuat hubungan antara produk atau brand dengan konsumen.

Tentu saja, event marketing tidak asal untuk dilaksanakan. Biasanya, perusahaan yang ingin menyelenggarakan event marketing, perlu mempersiapkan terkait peralatan, perlengkapan, teknis, hingga strategi jitu dalam mempromosikan produk atau jasa. Promosi dapat kamu lakukan baik secara offline maupun online.

Namun, penting untuk diketahui, bahwa ketika menyelenggarakan kegiatan ini, tidak bisa dilihat dari ramainya pengunjung yang hadir. Biasanya, kesuksesan event marketing dinilai dari konsumen-konsumen potensial yang hadir. Sehingga, keterlibatan sales penting sebagai penentu keberhasilan kegiatan tersebut.

Selain dengan menyelenggarakannya, kamu bisa mencari informasi mengenai event marketing mendatang yang bisa untuk kamu ikuti. Biasanya, nanti kamu akan menyewa booth yang disediakan oleh penyelenggara. Tentu, jika menjadi peserta, biaya yang dikeluarkan pun lebih sedikit. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Membangun Loyalitas Konsumen? Ini Tipsnya!

Manfaat Event Marketing

Seperti diketahui, event marketing menjadi teknik jitu dalam memasarkan produk. Sebab, konsumen nantinya bisa langsung berinteraksi dan mengenal produk yang kamu tawarkan. Hal ini bisa menjadi prospek yang baik dalam mengelola bisnis.

Yuk, ketahui manfaat mengikuti atau menyelenggarakan event marketing.

  1. Tingkatkan Brand Awareness
    Manfaat utama ketika mengadakan event marketing tentu saja mampu membangun kesadaran merek bagi perusahaan. Pada momentum ini, nantinya besar kesempatan untuk menggaet konsumen potensial yang membuat brand awareness meningkat. Misalnya, ketika konsumen puas dengan pelayanan, mereka akan memberikan testimoni dan membagikan pengalamannya. Tak hanya itu, media maupun influencer juga bisa jadi turut mengulas pengalamannya menggunakan produk atau jasa tersebut.
     
  2. Membuka Peluang Bisnis
    Banyak orang yang beranggapan bahwa mengadakan atau mengikuti event sebagai strategi pemasaran mampu membuat dampak besar bagi bisnis. Hal ini dikarenakan, nantinya kamu bisa mendapatkan data-data penting tentang konsumen yang hadir dalam acara. Lalu, kamu bisa memanfaatkan data-data tersebut sebagai peluang bisnis ke depannya. Misalnya, dengan cara melakukan promosi atau penawaran lebih lanjut.
     
  3. Memperkenalkan Produk Terbaru
    Tentu saja, dengan mengadakan event marketing, kamu bisa memperkenalkan produk atau layanan terbaru kepada konsumen. Nantinya, konsumen bisa melihat produk secara langsung dan mendapatkan informasi lebih terkait produk tersebut. Nah, dengan cara ini, perusahaan bisa meningkatkan kesadaran konsumen tentang produk terbaru tersebut.
     
  4. Meningkatkan Permintaan Produk
    Semakin banyak calon konsumen potensial atau target pasar, maka secara tidak langsung hal ini dapat meningkatkan minat pembeli dalam memperoleh barang yang ditawarkan. Sehingga, nantinya permintaan bisa lebih meningkat.
     
  5. Memperluas Target Pasar

Ketika perusahaan mengadakan atau mengikuti event marketing, maka secara tidak langsung akan menarik banyak minat dari konsumen, bahkan dari berbagai daerah. Tentu saja, hal ini mampu menjangkau target pasar yang lebih luas hingga meningkatkan jumlah pelanggan agar membeli produk atau layanan yang ditawarkan.


Jenis-jenis Event Marketing

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari event marketing, berikut beberapa jenis dari kegiatan acara pemasaran yang bisa kamu lakukan.

  1. Pameran Produk
    Umumnya, acara ini diselenggarakan untuk memperkenalkan beragam produk atau layanan dari perusahaan. Tentu saja, acara ini bisa dikatakan efektif lantaran mampu membuat konsumen lebih memahami produk yang akan mereka beli. Kamu tentunya bisa mengadakan pameran produk baik event khusus atau hanya di toko yang kamu miliki.
     
  2. Workshop atau Seminar
    Jenis experiential marketing ini bisa kamu lakukan baik secara online maupun offline. Tentu saja, menyelenggarakan workshop atau seminar sangat bermanfaat dan mengedukasi konsumen. Tak hanya itu, kegiatan ini juga bisa membangun koneksi kepada pelanggan.
     
  3. Event Launching
    Hampir sama dengan pameran produk, event launching biasanya lebih memperkenalkan varian produk atau layanan terbaru. Umumnya, kegiatan ini biasanya akan dibantu oleh brand ambassador yang ditunjuk perusahaan. Kegiatan ini cukup bermanfaat lantaran mampu memperkenalkan produk baru kepada konsumen.
     
  4. Bazar
    Bazar atau pop up shop menjadi kegiatan untuk menjual produk dalam acara tertentu. Kegiatan ini biasanya bersifat sementara atau dilaksanakan dalam beberapa hari saja. Acara ini bisa membuat bisnismu menjangkau target pasar secara langsung.
     
  5. Konser
    Konser bisa menjadi salah satu kegiatan yang ampuh dalam memperkenalkan produk. Biasanya, hal ini sering dilakukan oleh para musisi. Keberhasilan dari kegiatan ini bisa dilihat dari berapa banyak tiket yang terjual.
     
  6. Konferensi
    Konferensi menjadi kegiatan yang identik dengan diskusi terkait isu-isu tertentu dengan menghadirkan pembicara profesional. Tujuan diadakan kegiatan ini ialah mengumpulkan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama secara spesifik.

 

Baca Juga: Berikut Tips Membuat Contoh Broadcast WhatsApp Promosi!

Tahapan Menjalankan Event Marketing

Setelah mengetahui jenis-jenis dari event marketing, selanjutnya kamu perlu memahami tahapan-tahapan untuk menjalankan atau mengikuti event marketing. Yuk, simak tahapan-tahapannya sebagai berikut.

  1. Riset
    Pada tahap awal ini, kamu perlu melakukan serta menentukan tujuan sebelum mengadakan atau mengikuti event marketing. Dalam tahap ini, kamu perlu menunjukkan keunggulan brand agar konsumen tertarik, serta membuat acara yang mencerminkan identitas perusahaan.
    Kemudian, kamu bisa menyusun anggaran secara garis besar, menentukan tema atau jenis acara, mencari tempat, menentukan tanggal, mencari sponsor, dan juga menentukan pembicaranya. Tapi perlu diingat, kamu sudah harus melakukan tahapan ini sekitar 8 atau 12 bulan sebelum acara berlangsung.
     
  2. Pre-event
    Pada tahap ini, perusahaan perlu memperkenalkan atau membuat pengumuman mengenai keberlangsungan acara. Kamu bisa melakukan promosi dengan menggunakan media sosial, iklan, atau lainnya.
     
  3. Launching
    Tahap launching ini menjadi tahap yang dilakukan untuk mengumumkan event secara resmi melalui press conference ataupun menerbitkan press release lewat media partnership.
     
  4. Lakukan Promosi Setiap Hari
    Melakukan promosi harus terus kamu lakukan agar meningkatkan awareness masyarakat. Kamu bisa melakukan promosi dengan media berbayar, membuat diskon, atau menyebarkan informasi rutin di media sosial atau email.
     
  5. Last Call
    Tahap terakhir ini pihak perusahaan harus aktif berkomunikasi kepada masyarakat. Biasanya, bisa dengan melakukan email marketing atau menghubungi secara langsung.

Selain event marketing, kamu juga bisa memanfaatkan fitur WA broadcast untuk memberikan informasi terkait produk atau jasa yang kamu tawarkan dan promo yang tengah berlangsung. Jika bingung bagaimana cara melakukannya, kamu dapat menggunakan jasa layanan WA broadcast, seperti Kokatto. Platform omnichannel ini juga menawarkan fitur lainnya yang dapat membantu kembangkan bisnismu. Informasi lengkapnya, cek di sini

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved