Tips Agar Aman dan Nyaman Melakukan Transaksi Online

Published By: elever,   13 May 2020   whatsapp    23

Kini semua hal sudah beralih ke digital. Orang-orang pun semakin jarang berbelanja di toko fisik. Mereka semua lebih senang membeli barang kebutuhan di toko online. Kamu pun pasti pernah melakukannya. Berbelanja secara online memang lebih menguntungkan daripada membeli langsung di toko.

Kemudahan Belanja Online yang Nyaman

Berbeda dengan cara pembelian tradisional yang mengharuskan kita untuk datang langsung ke tokonya. Toko online memudahkan pembeli untuk belanja dari rumah saja. Bahkan, pembeli bisa belanja dari mana saja. Ini kelebihan utama toko online apalagi dalam kondisi tidak terduga seperti pandemi COVID-19 sekarang, yang mengharuskan kita untuk berada di rumah aja.

Ini juga mengapa semakin banyak orang mengalihkan bisnisnya ke e-commerce. Sebab, proses transaksinya yang mudah dan cepat terasa menguntungkan, dan menarik lebih banyak konsumen. Kamu yang menjalankan bisnis e-commerce tentu juga sudah mempertimbangkan keuntungannya.

Banyak Orang Masih Awam Soal Belanja Online

Meskipun rasanya hampir semua orang pasti tahu cara melakukan transaksi pembelian secara online, tapi tidak sedikit yang masih awam dan bahkan belum pernah belanja dari toko online. Inilah yang menjadi celah bagi pelaku modus kejahatan cyber.

Maka dari itu, hingga kini masih ada saja modus penipuan yang dilakukan oleh para penjahat melalui internet. Salah satu yang paling sering dilakukan yaitu modus penipuan OTP atau One Time Password, di mana pelaku akan mengirimkan email atau SMS berisi OTP berupa sandi. Ketika sandi tersebut dimasukkan oleh pengguna maka itu bisa memudahkan pelaku untuk mengakses akun rekening pribadi pengguna.

Tips Melakukan Transaksi Online yang Aman dan Nyaman

Berbelanja di toko online memang nyaman. Namun, jangan lupa untuk berhati-hati saat sedang melakukan transaksi pembayaran, agar terhindar dari tindak kejahatan. Supaya kegiatan belanja lebih aman dan nyaman, coba perhatikan tips berikut:

Jaringan Internet Pribadi

Menggunakan jaringan internet pribadi saat sedang melakukan transaksi online dan tidak memakai WiFi publik.

Memastikan Alamat Situs

Memastikan alamat situsnya sudah benar dan juga terpercaya. Lakukan transaksi yang lebih aman pada situs dengan alamat HTTPS.

Menghindari Asal Klik

Tidak asal mengeklik semua tautan promo yang didapatkan melalui SMS maupun email. Langsung kunjungi situs toko online resminya.

Membuat Password Acak

Menggunakan password yang panjang dan acak pada setiap akun yang dimiliki di masing-masing toko online.

Tidak Membagikan Password

Tidak pernah membagikan password kepada siapapun. Password hanya untuk digunakan secara pribadi.

Membuat Password yang Berbeda

Menghindari password sama untuk semua akun. Buat password yang berbeda untuk setiap akun yang digunakan.

Mengaktifkan Notifikasi Keamanan

Menghidupkan notifikasi keamanan SMS dan email agar dapat mengetahui secara langsung jika terjadi aktivitas online mencurigakan dengan menggunakan akun pribadi yang dimiliki.

Kokatto sebagai Pioneer of Automated Voice Notification di Indonesia akan membantu meningkatkan keamanan dan kenyamanan transaksi konsumen melalui OTP Miscall.

Keuntungan Menggunakan OTP Miscall Kokatto Melindungi konsumen dengan OTP Miscall. Kokatto akan mengirimkan OTP atau nomor 2FA melalui caller ID misscall.

Sistem ini memudahkan konsumen untuk mengecek OTP tanpa harus membuka pesan.

Rangkuman Informasi Fitur Vendor WhatsApp Indonesia

Untuk mengetahui berbagai macam informasi dan strategi mengenai service Kokatto yang lain seperti WhatsApp Blast, WhatsApp Masking, OTP, SMS Blast, IVR Solution dan lain-lain. Kamu bisa mengunjungi laman Kokatto. Perusahaan berpengalaman satu ini siap membantu kamu memajukan bisnis yang kamu kelola di Kokatto.