Perbedaan Peran WhatsApp Blast dan WhatsApp Broadcast, Lebih Cocok yang Mana?

Published By: elever,   20 May 2020   whatsapp    8

Sebagai pengguna dari WhatsApp, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur WhatsApp Broadcast, bukan? Fitur bawaan dari WhatsApp yang satu ini bisa kamu gunakan untuk menyebarkan pesan kepada lebih dari satu nomor pengguna WhatsApp. Adanya fitur ini, tentu membuat para pelaku bisnis lebih mudah dalam mempromosikan atau menginformasikan mengenai produknya kepada konsumen. Sehingga penggunaannya sangat penting untuk bisnis kamu.

Selain menggunakan WhatsApp Broadcast, mengirimkan pesan dalam jumlah yang banyak juga bisa kamu lakukan menggunakan WA Blast, lho. Lalu apa perbedaan dari keduanya? Perbedaannya terletak pada kepemilikan dari aplikasi tersebut. Jika WhatsApp Broadcast merupakan fitur resmi dari WhatsApp, WA Blast merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh pihak ketiga. Meski memiliki kegunaannya yang sama, keduanya hadir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apabila kamu kebingungan dalam memilih WA Blast atau WhatsApp Broadcast, simak ulasan berikut:

Peran WhatsApp Blast Bagi Pemilik Usaha Baru

Bagi kamu yang akan mengelola usaha baru, penggunaan dari WhatsApp Blast tentu sangatlah dianjurkan. Di mana aplikasi ini bisa dijadikan sebagai branding untuk mengenalkan perusahaan dan produk yang kamu jual. Hal tersebut dikarenakan WA Blast mampu mengirimkan pesan kepada ratusan atau bahkan ribuan nomor sekaligus. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah dalam melakukan branding dan menjangkau konsumen yang lebih banyak.

Menariknya, pesan akan tetap bisa terkirim meski konsumen tidak menambahkan nomor kamu ke dalam daftar kontak mereka. Hal ini sangatlah berbeda dengan penggunaan WhatsApp Broadcast yang mengharuskan konsumen menyimpan nomor kontak terlebih dahulu. Jika tidak, pesan yang kamu kirimkan tidak akan terkirim pada nomor si penerima pesan.

Penggunaan dari WA Blast ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk membuat konsumen menyimpan nomor kamu. Untuk membuat mereka tidak ragu dalam menyimpan kontak, berikan penawaran yang spesial dalam pesan yang kamu sebarkan. Kamu bisa menawarkan sebuah voucher gratis khusus bagi konsumen yang sudah menambahkan nomor perusahaan ke dalam kontak mereka.

Peran WhatsApp Blast Bagi Pemilik Usaha Lama

Jika WA Blast identik digunakan oleh para pemilik usaha baru untuk melakukan branding, berbeda dengan penggunaan dari WhatsApp Broadcast. Pasalnya, fitur WhatsApp Broadcast hanya bisa mengirimkan pesan sekaligus kepada konsumen dengan jumlah yang dibatasi, yakni hanya berkisar 256 kontak saja.

Dengan catatan, pesan tersebut juga hanya bisa terkirim kepada konsumen yang telah menambahkan nomor kamu dalam daftar kontak mereka. Berdasarkan karakteristik inilah, penggunaan WhatsApp Broadcast lebih cocok digunakan bagi para pemilik usaha lama. Di mana perusahaan tentu telah memiliki database konsumen yang intens melakukan transaksi dan bisa dipastikan telah menyimpan kontak perusahaan.

Penggunaan dari WhatsApp Broadcast sendiri juga terbilang lebih aman, mengingat ini merupakan fitur resmi dari WhatsApp. Berbeda dengan WA Blast yang berpotensi mengalami pemblokiran jika tidak menggunakannya dengan hati-hati. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa pemilik usaha yang telah lama berdiri disarankan menggunakan WhatsApp Broadcast.

Pilihan untuk menggunakan WA Blast atau WhatsApp Broadcast tentu ada di tangan kamu. Kamu bisa memilih menggunakan salah satu atau keduanya secara bersamaan. Apabila kamu menggunakan WA Blast pastikan menggunakan aplikasi terpercaya agar terhindar dari pemblokiran oleh pihak WhatsApp. Kokatto menjadi salah satu vendor WhatsApp Blast Indonesia terbaik yang ada di Indonesia. Perusahaan satu ini siap memberikan solusi terbaik dari penggunaan WA Blast yang lebih aman dan terpercaya.

Related Post