Pengertian Market Share, Manfaat, Cara Menghitung, dan Tips

Published By: achmad.firdaus,   25 May 2022   whatsapp    104

Kehadiran kompetitor merupakan tantangan yang harus dihadapi seorang pebisnis. Untuk mengetahui seberapa pengaruh bisnis kamu di pasar, kamu harus memahami apa itu market share. Market share adalah gambaran yang menunjukkan seberapa besar pengaruh bisnis kamu daripada kompetitor bisnis serupa.

Biar lebih paham, berikut ini pengertian market share, manfaat, cara menghitung, hingga tips melakukannya. Simak baik-baik, ya.


Pengertian Market Share

Market share atau pangsa pasar adalah istilah yang dipakai untuk menunjukkan jumlah persentase dari total penjualan suatu perusahaan tertentu dalam periode waktu tertentu pula.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kapasitas perusahaan dalam hal pasar dan kompetitor.

Memulai suatu bisnis tentu tidak semudah kelihatannya. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dan diputuskan secara bijak dan hati-hati.

Misalnya mengenai kompetitor bisnis. Jika kamu memulai bisnis yang bukan hal baru tentunya wajar menjumpai pebisnis yang menawarkan produk serupa.

Setiap pebisnis tentu menginginkan produk mereka yang menjadi pilihan utama konsumen. Oleh karena itu, berbagai strategi marketing dilakukan semaksimal mungkin untuk menggaet hati konsumen agar loyal membeli produk yang ditawarkan.

Nah, market share adalah pilihan yang tepat untuk mengetahui siapa market leader yang berhasil menjual produk dengan sukses.

Perlu kamu ketahui, semakin banyak kompetitor bisnis maka semakin ketat pula persaingannya sehingga memperluas pasar dan dibutuhkan upaya ekstra.

Apabila kamu memiliki usaha makanan maka contoh market share makanan akan terbagi ke dalam beberapa persentase. Misalnya perusahaan A sebesar 20%, perusahaan B 40%, dan perusahaan C 60%.

Dari perumpamaan tersebut, kamu bisa mengetahui bahwa perusahaan C memiliki persentase total penjualan yang besar.

Dalam kasus ini, perusahaan C merupakan market leader alias perusahaan yang memiliki pangsa pasar terbesar.


Manfaat Market Share

Mengetahui market share tentu tidak sia-sia. Kamu bisa mendapatkan informasi yang berguna untuk menentukan langkah keputusan untuk ke depannya. Berikut penjelasan mengenai manfaat pangsa pasar yang perlu kamu ketahui.

1. Bahan perbandingan dengan perusahaan kompetitor

Sejak awal, market share ialah persentase yang menunjukkan total penjualan produk suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Dengan mengetahui berapa hasil persentase pangsa pasar dari usaha yang kamu jalankan, hasil tersebut bisa dijadikan bahan perbandingan dengan perusahaan kompetitor.

Seorang pebisnis pastinya menginginkan produk mereka memiliki pangsa pasar yang luas sehingga total penerimaannya pun juga besar.

Membandingkan hasil persentase dengan kompetitor bisnis serupa akan membantu kamu mengetahui seberapa efektif penjualan yang dilakukan. Apakah sudah lebih baik dari kompetitor atau belum?

2. Bahan Evaluasi

Setelah melakukan perbandingan dengan kompetitor, kamu bisa menjadikannya sebagai bahan evaluasi perusahaan. Jika hasil persentase pangsa pasar menunjukkan bahwa kompetitor bisnis lebih unggul, kamu perlu merundingkan dengan karyawan.

Ketika merundingkannya, kamu bisa membahas mengenai topik mengapa perusahaan lain bisa lebih unggul menjual produk daripada milik perusahaan sendiri, apa yang membuat produk kompetitor berbeda, upaya yang harus dilakukan untuk mengejar ketertinggalan, dan lain-lain.

3. Tolak ukur kemajuan bisnis

Pada dasarnya, market share adalah tolak ukur yang dihitung demi mengetahui berapa banyak pasar yang berhasil dijangkau oleh perusahaan. Semakin luas pasar yang diraih oleh suatu perusahaan, maka perusahaan tersebut bisa dibilang mengalami kemajuan bisnis.

Apalagi, jika sebelumnya sudah ditetapkan target market share yang ingin dicapai. Tentunya ketika perhitungan selesai dilakukan, kamu bisa mengetahui apakah sudah berhasil mencapai target pangsa pasar tersebut atau belum.


Menghitung Market Share Perusahaan

Cara menghitung market share yaitu dengan membagi total penjualan produk yang dimiliki perusahaan dengan total penjualan pada industri. Penghitungan tersebut dapat dilakukan dalam periode waktu tertentu. Misalnya satu tahun atau beberapa tahun.

Contoh perhitungan market share adalah bila kamu bergerak dalam bisnis makanan dan ingin menghitung pangsa pasar dengan total penjualan perusahaan sebesar 20 juta dan total penjualan industri 80 juta, maka tinggal membagi total penjualan perusahaan dan total penjualan industri baru kemudian dikali 100%.

Itu artinya, 20 juta dibagi 80 juta dikali 100% mempunyai hasil 25%. Jadi, pangsa pasar perusahaan kamu sebesar 25%.

Nah, karena sudah mengetahui hasilnya kamu bisa memanfaatkan informasi tersebut untuk membandingkannya dengan kompetitor bisnis serupa dan melakukan evaluasi.


Tips Meningkatkan Market Share

Usai mengetahui cara menghitung market share, bisa jadi hasilnya tidak sesuai dengan harapan atau masih belum mencapai target yang ditetapkan.

Jangan khawatir, berikut ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk memperluas pangsa pasar.

1. Melakukan inovasi

Penyebab produk kamu kurang dilirik mungkin karena banyaknya produk serupa yang tersebar di mana-mana. Oleh karena itu, menciptakan ciri khas pada produk akan membuat orang-orang tertarik dan lebih mengenal bisnis yang kamu jalankan.

Lakukan inovasi untuk memperkenalkan atau menambah produk kamu menjadi lebih variatif. Dengan inovasi baru, kamu bisa meraih pangsa pasar yang lebih besar. Selain itu, meski sudah memiliki produk unggulan kamu bisa menghasilkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

2. Membuat akun sosial media bisnis

Tips meningkatkan market share adalah membuat akun sosial media bisnis yang berguna untuk menjangkau pasar lebih luas dengan mengandalkan promosi dan iklan. Kamu bisa mengelola akun bisnis tersebut untuk mengenalkan produk melalui konten-konten yang dibuat.

Konten-konten tersebut bisa diisi dengan informasi produk, katalog, harga, layanan, dan lain sebagainya. Selain itu, akun sosial media bisnis bisa membantu calon konsumen yang belum pernah membeli produk kamu untuk melakukan riset terlebih dahulu.

3. Membuat website

Selain akun sosial media bisnis, kamu juga bisa membuat website. Website bisa menjadi petunjuk bahwa usaha yang kamu jalankan terjamin identitasnya. Calon konsumen bisa mengunjungi website bisnis dan mengetahui tentang perusahaan kamu.

4. Menganalisa perusahaan kompetitor

Lihatlah kompetitor bisnis kamu untuk menentukan langkah yang tepat dalam menjalankan strategi bisnis.

Pelajari apa yang kompetitor punya dan belum kamu miliki. Analisa kelebihan dan kekurangan kompetitor supaya pelaksanaan strategi pemasaran berjalan dengan lancar.

Mengenal musuh akan membantu kamu mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik. kamu bisa segera mencari solusi agar produk bisa tetap bersaing bahkan melampaui kompetitor.

5. Meningkatkan kualitas produk

Market share adalah jumlah persentase penjualan suatu perusahaan, itulah mengapa menjaga dan meningkatkan kualitas produk adalah hal penting yang perlu dilakukan. Sebab, mulai banyak kompetitor yang menawarkan kualitas serupa.

Itulah mengapa kamu harus meningkatkan kualitas produk dari segi produksi atau pengemasan. Misalnya memakai bahan baku berkualitas atau membuat kemasan produk yang mudah didaur ulang.

Kesimpulannya, market share adalah pengukuran berdasarkan total penjualan produk untuk mengetahui pengaruh kamu di pasar. Supaya bisnis kamu berjalan lebih efektif, menggunakan Kokatto adalah jawabannya.

Kokatto merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan menawarkan berbagai produk mulai dari keuangan, kesehatan, perjalanan, asuransi, dan lain-lain. Dalam kaitannya menjalankan bisnis, Kokatto memudahkan kamu mengelola pesan dan panggilan.