Mengenal Direct Marketing, Fungsi, Jenis, dan Kelebihannya

Published By: achmad.firdaus,   25 May 2022   whatsapp    94

Direct marketing adalah salah satu bagian dari marketing yang harus dipahami para pemilik bisnis saat ini. Mengapa? Karena dengan memahami hal tersebut kamu bisa melakukan pemasaran yang efektif dan tepat guna sehingga produk maupun brand dapat dikenal masyarakat luas dengan mudah.

Jika kamu dapat melakukan hal ini dengan baik, maka sales akan meningkat drastis sedangkan biaya yang dikeluarkan dapat ditekan serendah mungkin. Oleh karena itu, kamu harus memahami hal ini dan mengaplikasikannya sebaik mungkin agar bisnis dapat berkembang dengan pesat.


Pengertian Direct Marketing

Sebelum kamu memahami hal ini lebih lanjut, alangkah baiknya jika kamu mengetahui definisi dari direct marketing itu sendiri.

Jika diartikan secara umum maka direct marketing adalah salah satu bentuk strategi marketing yang mengutamakan komunikasi dan distribusi langsung kepada konsumen.

Jadi, marketing jenis ini tidak akan memakai perantara pihak-pihak lain seperti media iklan baik itu online maupun offline. Biasanya, kegiatan ini dilakukan melalui telepon, chat WA, SMS, tatap muka, dan lainnya.

Salah satu contoh direct marketing adalah SMS promo yang masuk ke handphone masing-masing. Promo ini bisa dari brand tempat kamu membeli barang.

Saat kamu berbelanja dan menunjukkan SMS promo tersebut maka direct marketing yang dilakukan oleh masing-masing entitas bisnis dapat dikatakan berhasil.


Fungsi Direct Marketing

Sebagai salah satu bentuk pemasaran yang cukup baik, tentunya terdapat berbagai fungsi direct marketing yang harus kamu ketahui, yaitu:

1. Menghemat Biaya Promosi

Fungsi utama dari direct marketing adalah menghemat biaya promosi. Pada umumnya promosi marketing memakan biaya yang sangat besar terutama jika kamu memakai jasa pihak ketiga baik itu dari televisi, koran, media online dan lainnya.

Beberapa perusahaan bahkan memakai berbagai media agar produk dan brand-nya lebih mudah dikenal. Jadi, tidak heran jika biaya marketing dapat memakan sampai 40% dari modal yang ada.

Namun, dengan direct marketing hal ini dapat ditekan seminimal mungkin. Karena, promosi yang dilakukan langsung kepada pelanggan sehingga kamu tidak perlu membayar jasa dari pihak ketiga.

2. Memperoleh Respons Langsung dari Pelanggan

Jenis marketing ini mengharuskan kamu bertatapan langsung dengan para pelanggan. Melalui hal ini kamu bisa mendengarkan keluhan, masukan, dan saran secara langsung. Hal ini bisa menjadi kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelebihannya kamu bisa memberikan solusi langsung dan mengembangkan produk dan jasa melalui tanggapan pelanggan.

Kekurangannya, kamu harus siap jika dimarahi pelanggan jika mereka tidak menyukai produk dan jasa yang ditawarkan.

3. Menambah Loyalitas Para Pelanggan

Direct marketing tidak hanya berbentuk pemasaran semata melainkan juga customer service. Jadi, setiap karyawan harus bisa memberikan pelayanan yang baik, senyum, dan tutur kata yang manis sehingga pelanggan suka dan mau memakai produk dan jasa yang kamu tawarkan.

Hal ini secara langsung atau tidak akan meningkatkan loyalitas para pelanggan. Mengapa? Karena keluhan dan kebutuhan mereka didengarkan dan diselesaikan dengan baik.

Ini akan meningkatkan kepuasan dan pelanggan bisa merekomendasikan brand milikmu sehingga dapat menambah jumlah pelanggan loyalitas di masa depan.


Jenis Direct Marketing

Hal lain yang harus kamu pahami adalah jenis dari direct marketing itu sendiri. Direct marketing alat-alat promosi yang biasa digunakan juga cukup banyak seperti:

Mail Langsung. Pesan langsung biasa diberikan kepada calon pelanggan baik itu melalui booklet, katalog, dan lainnya.

  • Telemarketing. Direct marketing jenis ini biasa digunakan dengan menelepon langsung pelanggan dan menawarkan produk dan jasa yang ada. Cara ini sebenarnya cukup efektif terutama jika kamu memiliki data calon pelanggan yang tepat. Jika tidak maka pelanggan potensial akan membenci bisnis yang dimiliki dan akan memilih untuk menjauhinya di masa depan.
  • Email. Marketing langsung melalui email telah sering dilakukan oleh banyak pihak. Cara ini memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri karena pasti diterima langsung oleh pelanggan. Namun, jika dikirim terlalu sering maka calon pelanggan akan menganggapnya spam dan akan langsung dihapus.
  • SMS. Selain email, kamu bisa mencoba memakai SMS untuk marketing secara langsung. Cara ini cukup baik diterapkan terutama untuk promosi, diskon dan lain sebagainya. Hanya saja, kamu harus memiliki jangkauan yang luas agar pelanggan dari kota lain dapat menggunakan penawaran yang diberikan.
  • Social Media. Zaman digital saat ini mengharuskan kamu untuk kreatif. Salah satunya adalah dengan memakai sosial media untuk marketing. Cara ini tidak hanya baik untuk pemasaran tetapi juga mengedukasi publik terhadap brand dan produk yang dimiliki.
  • Direct Sell. Seperti yang dibahas sebelumnya penjualan langsung merupakan bagian dari direct marketing. Karena dengan menawarkan produk langsung ke pembeli kamu akan memberikan informasi dan berusaha menarik perhatian mereka untuk membeli produk tersebut.
  • TV shopping. Jenis marketing ini cukup populer beberapa tahun lalu dan masih dilakukan sampai saat ini. Beberapa stasiun televisi memiliki program shopping sendiri. Isinya berupa penawaran produk sekaligus demo penggunaannya. Selain itu, calon pelanggan akan mengetahui berbagai informasi penting sehingga nanti dapat tertarik untuk membelinya.
  • Online marketing. Perusahaan akan menggunakan berbagai media atau pun platform untuk melakukan marketing. Jadi, tidak heran perusahaan sekarang memiliki akun official baik itu di Facebook, Instagram, Linkedin, dan lainnya. Karena semua platform ini bisa menjadi media pemasaran yang efektif. Karena kamu tidak hanya mengenalkan produk, tetapi juga latar belakang bisnis sehingga bisa dikenal orang banyak dengan lebih baik.


Kelebihan dan Kekurangan Direct Marketing

Direct marketing dapat memberikan banyak kemudahan dan hasil yang memuaskan bagi pemilik usaha. Oleh karena itu, kamu harus tahu beberapa kelebihan direct marketing, seperti:

  • Mudah dilakukan
  • Hasil lebih jelas baik dari penjualan maupun pemasaran
  • Bisa mendapatkan pelanggan loyal secara real time
  • Bisa melihat antusias publik sekaligus menilai efektif atau tidaknya marketing yang dilakukan.
  • Memudahkan proses pengawasan marketing
  • Memudahkan proses evaluasi marketing untuk ke depannya
  • Biaya marketing lebih murah
  • Bisa memahami kelebihan dan kekurangan produk dari pendapat pelanggan
  • Memudahkan proses pengembangan produk dan jasa
  • Pelanggan merasa lebih puas dengan direct marketing. Karena keluhan, pendapat dan saran dari mereka didengarkan langsung
  • Bisa dilakukan di banyak tempat strategis seperti mall, lokasi event dan lainnya

Walaupun demikian, direct marketing ini memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Terbatas pada ruang tertentu jika bisnis yang dimiliki masih berskala kecil.
  • Butuh waktu dan perhatian yang besar untuk melakukannya.
  • Jika tidak dilakukan dengan baik maka pelanggan akan menilai bisnis kamu dengan negatif.
  • Kamu tidak bisa menjangkau banyak pelanggan terutama dari daerah lain.
  • Tingkat engagement rendah dan kebanyakan sulit untuk menarik perhatian calon pembeli.

Melalui pengertian di atas dapat dipahami bahwa direct marketing adalah pemasaran secara langsung.

Namun, terdapat banyak hal pendukung di dalamnya yang membuat marketing berjalan dengan lancar.

Kamu bisa pakai blast WA untuk direct marketing ataupun bekerjasama dengan Kokatto. Aplikasi Kokatto akan membantu kamu dalam pengembangan bisnis karena banyak sekali fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan.