Manfaat Aplikasi Chatting untuk Usaha Kecil Menengah (UKM)

Published By: achmad.firdaus,   09 August 2022   whatsapp    78

Aplikasi chatting merupakan aplikasi yang bisa mempermudah proses usaha terutama pada saat melayani pelanggan. Aplikasi chatting saat ini semakin banyak digunakan baik oleh usaha kecil bahkan usaha yang sudah besar sekalipun. Penggunaannya sering digunakan sebagai layanan pelanggan dan juga informasi pelanggan.

Aplikasi chatting juga disebut dengan chatbot. Chatbot adalah sistem pemrograman yang meniru cara percakapan manusia melalui perintah suara, tulisan, atau keduanya. Chatbot merupakan singkatan dari chatterbot yaitu suatu fitur kecerdasan buatan yang bisa ditanam dan digunakan dalam semua jenis aplikasi pengirim pesan.

Manfaat Aplikasi Chatting untuk Usaha Kecil Menengah

Aplikasi chatting memberikan banyak manfaat untuk usaha kecil dan menengah. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi chatting untuk usaha:

1. Meningkatkan Customer Engagement

Manfaat utama dari aplikasi chatting adalah meningkatkan customer engagement. Aplikasi chatting menawarkan lebih banyak pilihan komunikasi yang interaktif sehingga pelanggan bisa mengobrol dan bertanya tentang apa yang mereka perlukan dengan mudah.

Penggunaan aplikasi chatting untuk melayani pelanggan juga bisa menjadi solusi agar obrolan yang terjadi tidak memutar terlalu jauh dari pokok percakapan agar pelanggan bisa berkomunikasi dengan nyaman dan aman.

2. Mengarahkan Pelanggan dengan Mudah

Aplikasi chatting juga mampu mengarahkan pelanggan kepada apa yang mungkin mereka sukai. Kamu bisa merekomendasikan produk kepada pelanggan. Selain itu, kamu juga bisa mengarahkan pelanggan untuk melakukan pembelian terhadap barang yang belum mereka beli.

Pengarahan pelanggan dengan aplikasi chatting ini jauh lebih mudah dan praktis dibandingkan dengan cara manual. Karena aplikasi chatting sedah terprogram agar proses pengarahan ini berjalan dengan halus dan tidak bersifat memaksa pelanggan.

3. Menghemat Biaya Layanan Pelanggan

Dengan menggunakan aplikasi chatting, kamu bisa menghemat biaya untuk mempekerjakan petugas layanan pelanggan. Banyak perusahaan besar yang menghemat biaya dengan cara ini. Mereka sudah tidak lagi menggunakan layanan pelanggan secara manual atau pekerja lagi. Mereka lebih memilih menggunakan aplikasi chatting.

Manfaat ini bisa dirasakan dampaknya oleh usaha kecil dan menengah. Apalagi usaha kecil tidak memiliki banyak biaya untuk mempekerjakan banyak tenaga layanan pelanggan. Jadi, aplikasi chatting adalah investasi yang baik untuk usaha mereka.

4. Mempelajari Data Pelanggan

Mempelajari data pelanggan adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap usaha. Dengan mempelajari data pelanggan, kamu akan mengetahui apa saja kebiasaan pelanggan saat melihat produk-produkmu atau apa jenis produk yang disukai pelanggan tersebut.

Aplikasi chatting mampu mengumpulkan data tersebut dari percakapan dan riwayat aktivitas pelanggan sehingga kamu bisa mendapatkan informasi seputar apa yang disukai pelangganmu. Ini juga bisa menjadi strategi pemasaran yang ampuh untuk menjual produkmu.

5. Strategi Pemasaran yang Interaktif

Aplikasi chatting juga bisa menjadi strategi pemasaran yang interaktif untuk usahamu. Pemasaran usaha yang interaktif dapat menjadi salah satu strategi pemasaran yang sukses untuk usahamu. Selain itu, dengan strategi pemasaran interaktif ini pelanggan juga bisa lebih dekat dan membangun kepercayaan satu sama lain.

Ketika suatu usaha menggunakan aplikasi chatting, mereka akan dengan mudah berhubungan dengan pelanggan lewat pesan terarah. Jadi, proses percakapan tersebut terasa lebih otentik dan membuat pelanggan merasa nyaman.

6. Pelayanan Pelanggan lebih Maksimal

Dengan menggunakan aplikasi chatting, pelayanan pelanggan menjadi lebih maksimal. Baik pelayanan untuk pembelian maupun komplain pelanggan. Aplikasi chatting bisa diatur agar alur pembicaraan tidak terlalu seperti robot. Kamu bisa menyesuaikan apa jawaban dari aplikasi chatting untuk pertanyaan tertentu sehingga pelanggan bisa mengobrol tanpa kebingungan.

7. Memenuhi Ekspektasi Pelanggan

Ada kalanya pelanggan membutuhkan jawaban yang cepat dari sistem layanan pelanggan. Untuk itulah aplikasi chatting menjadi pilihan yang tepat. Dengan menggunakan aplikasi chatting pelanggan tidak perlu menunggu jawaban dengan waktu yang lama. Pelanggan bisa mendapatkan jawaban yang mereka inginkan dalam waktu yang singkat. Ini membuat pelanggan lebih merasa diapresiasi.

Aplikasi chatting saat ini sudah semakin cerdas. Dengan menggunakan aplikasi chatting kamu tidak hanya membalas pertanyaan pelanggan dengan cepat tetapi juga memberikan rekomendasi lain kepada pelanggan.

Baca Juga: Pengertian Marketing Mix dan Perannya Bagi Bisnis

Manfaat-manfaat aplikasi chatting di atas dapat dirasakan oleh semua jenis usaha yang menggunakannya. Meskipun jenis usaha yang mengimplementasikan berbeda-beda, tetapi dampaknya bisa dirasakan oleh semua. Aplikasi chatting memang bukan satu-satunya solusi untuk mempermudah komunikasi dengan pelanggan, tetapi dengan menggunakan aplikasi chatting komunikasi dengan pelanggan akan menjadi lebih mudah.

Beralih ke aplikasi chatting bisa memangkas biaya untuk layanan pelanggan dan juga pemasaran. Misalnya untuk bisnis online, menggunakan aplikasi chatting akan membantu menjawab pertanyaan pelanggan dengan lebih cepat. Selain itu, aplikasi chatting juga akan membantu mengirimkan informasi seputar produk terbaru atau promo sehingga pelanggan bisa melakukan pembelian secara langsung.

Strategi Sukses Menggunakan Aplikasi Chatting

Setelah memutuskan untuk menggunakan aplikasi chatting, kamu perlu mengetahui strategi agar aplikasi chatting berjalan dengan lancar. Karena tidak semua usaha yang memiliki aplikasi chatting selalu sukses. Pengaturan dan pengelolaan bagaimana aplikasi chatting bekerja tergantung dari pengelola usaha. Berikut ini adalah strategi sukses menggunakan aplikasi chatting:

1. Diskusi Tujuan Usaha

Pertama yang perlu kamu lakukan adalah diskusi tentang tujuan usaha. Dengan mengetahui apa tujuan usahamu, Kamu akan mengetahui apa yang bisa kamu berikan kepada pelanggan mu. misalnya jika kamu ingin memberikan pelayanan maksimal dengan cepat, maka kamu bisa mengatur aplikasi chatting menjadi aplikasi yang menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.

2. Pahami Permasalahan Pelanggan

Memahami masalah pelanggan adalah salah satu strategi penting agar aplikasi chatting bisa sukses berjalan. Kamu perlu mengatur aplikasi chatting agar mampu memperkirakan kebutuhan pelanggan. Dengan cara ini, pelanggan akan lebih merasa terbantu dengan sistem yang mudah. Kamu bisa membuat pilihan di awal tentang kebutuhan pelanggan. Misalnya kamu bisa menyediakan pilihan angka untuk kebutuhan kan yang berbeda seperti nomor 1 untuk pembelian, nomor 2 untuk komplain, nomor 3 untuk kritik dan saran, dan seterusnya.

3. Pilih Aplikasi Chatting yang Tepat

Kamu perlu memilih aplikasi chatting yang paling tepat untuk usahamu. Pastikan kamu memilih aplikasi chatting yang memiliki desain menarik dan mudah digunakan. Pelanggan tidak akan merasa kesulitan jika kamu memilih aplikasi chatting yang mudah mereka pahami. Pastikan juga, aplikasi chatting tersebut memiliki pelayanan yang baik. Oleh karena itu, jika terjadi kesalahan akan mudah untuk dihubungi dan diselesaikan.

Hal lain yang juga perlu dipertimbangkan saat menggunakan aplikasi chatting adalah harga. Pastikan harga dari aplikasi chatting tersebut cukup terjangkau untuk usahamu sehingga kamu tidak kesulitan mengelola pengeluaran usaha dan bisa fokus memaksimalkan performa usaha.

Agar kamu tidak salah pilih aplikasi chatting, kamu bisa menggunakan Kokatto. Kokatto adalah platform teknologi yang bisa membuat usahamu semakin lancar. Selain aplikasi chatting, Kokatto juga menyediakan panggilan suara, SMS, dan juga Whatsapp. Kokatto akan memperlancar komunikasi antara bisnis dengan pelangganmu.