Begini Cara Promosi Lewat WhatsApp API untuk Tingkatkan Penjualan!

Published By: yudhi.anto,   05 April 2022   whatsapp    94

Melalui aplikasi WhatsApp (WA), tiap orang dapat saling berkirim pesan online, berbagi link tautan, dokumen, foto, video, audio, atau lokasi terkini dari google maps dengan bantuan koneksi internet.

Dengan kemampuan tersebut, banyak orang memilih aplikasi chat ini untuk keperluan komunikasi, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Nah, bagi kamu yang berbisnis online, promosi produk lewat WhatsApp bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan, lho. Itulah sebabnya, kamu perlu tahu cara promosi lewat WhatsApp.

Peran WhatsApp dalam pemasaran online

Untuk menunjang aktivitas pemasaran online, WhatsApp sebagai media promosi layak kamu coba, biar nggak ketinggalan dengan kompetitor bisnismu. Inilah beberapa manfaat melakukan promosi melalui WhatsApp marketing:

  1. Bisa menyebarkan kabar promosi secara mudah ke banyak orang dalam waktu bersamaan.
  2. Mendukung pelayanan terbaik bagi pelanggan karena bisa mengirim semua jenis media menarik berupa teks, video, audio, file dokumen, atau lokasi terkini dari toko offline-mu.
  3. Memberikan tautan atau pilihan membalas survei untuk mengumpulkan umpan balik dari pelanggan.
  4. Mengirimkan pemberitahuan atau pengingat kepada pelanggan seputar status pesanan mereka.
  5. Meningkatkan penjualan dengan menggunakan fitur lengkap yang dimiliki WhatsApp marketing.

Cara memasarkan produk lewat WhatsApp Business

Cara promosi lewat WhatsApp bisnis cukup mudah, kamu bisa mulai dengan membuat template promosi. Untuk membuat template promosi yang menarik dan relevan, pelajarilah teknik hypnoselling, hypno-writing atau copywriting. Kirimkan pesan promosi tersebut sekaligus ke banyak kontak pelanggan dalam satu waktu alias broadcast.

Untuk langkah optimal, kamu bisa menghubungkan perangkat WhatsApp ini ke media sosial atau website online shop-mu, ya. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan pelanggan jika membutuhkan jawaban segera terkait pertanyaan seputar produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Dengan mengutamakan kenyamanan serta pelayanan yang efektif, otomatis pelanggan akan merasa senang dan semakin loyal. Untuk itu, kamu bisa langsung menerapkan beberapa langkah berikut sebagai cara promosi lewat WhatsApp bisnis secara efektif.

1. Fokus pada target pasar

Saat kamu menggunakan WhatsApp marketing, maka perlu untuk menetapkan target pasar agar fokus dengan strategi bisnis yang dijalankan. Caranya, kamu bisa mulai menambahkan nomor WhatsApp pelanggan maupun calon pelanggan, lalu kelompokan ke dalam beberapa kategori seperti dari segi usia memasuki kelompok milenial, dewasa muda, paruh baya, dan seterusnya.

Pengelompokan pelanggan tersebut dapat dibuat dengan kategori lainnya sesuai analisis bisnis yang kamu tetapkan. Setelah berjalan, kamu bisa lakukan evaluasi setiap beberapa bulan sekali. Dari situ kamu bisa mengecek pelanggan mana yang loyal berbelanja di tokomu atau yang perlu kamu hubungi untuk follow up lebih lanjut.

2. Gunakan fitur grup dan obrolan

Manfaatkanlah fitur grup dan one to one chat. Kamu bisa mengundang para pelanggan bergabung di grup WhatsApp yang kamu khususkan. Melalui grup tersebut, kamu bisa memaksimalkan strategi promosi ataupun penjualan bisnis. Berikanlah suasana yang membuat mereka saling berinteraksi nyaman, bisa dengan saling bertukar informasi menarik, atau seputar edukasi yang layak terkait produk dan layanan bisnismu.

Melalui fitur grup, kamu juga secara tidak langsung bisa mengetahui umpan balik dari masing anggota. Hal tersebut berguna sebagai data ketika kamu perlu meriset pasar sebelum mengeluarkan produk atau layanan baru.

Selain itu, kamu bisa mengirimkan pesan langsung kepada pelanggan seperti memberi ucapan selamat atas hari besar atau perayaan tertentu. Buatlah event menarik, dengan memberikan kupon diskon atau voucher belanja melalui fitur chat atau obrolan personal.

3. Gunakan fitur story

Fitur story ini bisa kamu gunakan untuk berbagi cerita kepada audiens sesuai kontak bisnis yang telah tersimpan. Buatlah konten cerita menarik agar memancing interaksi pelangganmu untuk terlibat aktif. Secara tidak langsung cara ini bisa membangun kedekatan dengan pelanggan. Kamu bisa membagikan seputar informasi dan foto produk, promosi, maupun konten yang bersifat menghibur. Bagikan pesan dengan fokus pada manfaat pelanggan secara sederhana, menarik dan edukatif.

4. Membuat brand persona

Cara agar promosi lewat WhatsApp marketing sukses, buatlah brand persona. Brand persona diartikan sebagai sifat, nilai serta sikap dari merek yang telah kamu buat. Dengan begitu, promosi produk menjadi lebih mudah untuk menarik para pelanggan. Misalnya kamu juga perlu mengatur kapan waktu yang pas terkait publikasi konten. Ini penting diperhatikan agar aktivitas bisnis atau promosi tidak dilakukan secara berlebihan yang mana bisa mengganggu pelanggan.

5. Membuat katalog produk

Melalui pembaruan terkini, fitur WhatsApp bisnis yang bisa kamu manfaatkan yaitu katalog produk. Kamu bisa menambahkan hingga 500 item untuk memasarkan produk jualan sesuai kategorinya. Dengan fitur katalog, pelanggan bisa menelusuri secara detail produk apa saja yang kamu tawarkan, serta memudahkan mereka mencari produk sesuai kebutuhan.

6. Customer Support

Dari banyak keunggulan dan cara yang telah disebutkan di atas, ada satu hal lagi yang bisa kamu terapkan dengan WhatsApp Business. Selain bisa diakses melalui smartphone, kamu bisa menghubungkan aplikasi ini ke perangkat desktop lho. Jadi, dalam satu waktu, kamu bisa login melalui mobile phone juga melalui WhatsApp website. Dengan demikian, kamu bisa menyediakan customer support untuk pelayanan yang efektif dan efisien bagi para pelanggan.

Mengenal WhatsApp API untuk promosi

Seiring berjalannya waktu, WhatsApp tidak hanya menghadirkan aplikasi chat yang diperuntukkan bagi individu. Kini, terdapat aplikasi WhatsApp Business yang ditujukan untuk membantu para pelaku usaha dalam memasarkan suatu produk atau layanan.

Dengan menggunakan WhatsApp Business, para pelaku usaha bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, serta berpeluang meningkatkan penjualan. Cara ini cukup efektif karena sebagian besar pengguna WhatsApp pasti mengecek chat hampir setiap hari.

Salah satu cara promosi lewat WhatsApp adalah dengan mengubah akun pribadi ke akun bisnis. Namun, jika kamu ingin bisnismu lebih kredibel, kamu bisa menggunakan WhatsApp Business API. WhatsApp API merupakan WhatsApp yang fiturnya lebih canggih ketimbang WhatsApp Business.

Jika kamu memiliki bisnis berskala kecil, kamu masih bisa melakukan promosi dengan menggunakan WhatsApp API. Tapi, jika bisnismu sudah mulai berkembang menjadi bisnis berskala menengah sampai besar, maka promosi akan lebih baik dilakukan melalui WhatsApp API.

Fitur-fitur WhatsApp API untuk promosi

Untuk menjalankan promosi, tentu kamu perlu fitur-fitur yang bisa mendukung hal tersebut. Nah, berikut ini fitur-fitur WhatsApp API yang bisa kamu gunakan untuk promosi.

1. Bisa diakses lebih dari 1 perangkat

Berbeda dengan WhatsApp Business yang hanya bisa diakses oleh satu admin atau device, WhatsApp API memungkinkan bisnis untuk menjalankan aplikasi perpesanan ini melalui maksimal 10 device dalam waktu bersamaan sehingga kamu dan partner bisnismu bisa berbagi tugas untuk melayani pelanggan.

Dengan fitur ini, kamu bisa melayani pelanggan dengan cepat sehingga makin banyak orang yang percaya pada bisnismu. Selain itu, pesan yang masuk juga bisa diterima oleh seluruh admin sehingga terhindar dari tumpukan pesan di satu admin saja.

2. Template Message

Selanjutnya, ada fitur Template Message yang bisa kamu gunakan untuk mengirimkan berbagai pesan secara personal dan otomatis kepada para pelanggan. Fitur ini bisa digunakan untuk informasi terkait produk yang kamu tawarkan, pengiriman OTP, hingga informasi pembayaran dan pengiriman.

3. Broadcast

Dengan menggunakan WhatsApp API, kamu bisa mengirim pesan ke banyak pengguna tanpa batasan melalui fitur Broadcast. Melalui fitur ini, kamu bisa menginformasikan promo produk terbaru, spesifikasi serta manfaat produk, bonus pembelian dalam jangka waktu tertentu, atau promosi menarik lainnya.

Demikianlah informasi tentang cara promosi lewat WhatsApp. Tidak dipungkiri lagi ya, WhatsApp termasuk salah satu media yang bisa menunjang keberlangsungan berbisnis. Ada banyak keunggulan serta fitur terkini yang bisa kamu manfaatkan guna menjangkau target pasar secara luas dan membangun koneksi dengan audiens dalam jangka panjang.

Dengan WhatsApp Business ataupun WhatsApp API, pemasaran produk menjadi lebih mudah dan praktis. Untuk mencapai hasil maksimal, kuatkan strategi bisnismu dengan kualitas layanan yang pastinya tetap nomor satu!