Ingin Usahamu Dianggap Kredibel? Begini Cara Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp!

Published By: yudhi.anto,   05 April 2022   whatsapp    334

Pernahkah kamu melihat tanda centang hijau yang tertera di sebelah kanan nama profil suatu akun WhatsApp Business? Tanda tersebut pada dasarnya menunjukkan bahwa suatu akun bisnis sudah terverifikasi sehingga layak dipercaya. Lantas, bagaimana cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp?

Bagi kamu pengguna WhatsApp yang baru memulai atau sedang menjalankan bisnis online, dan terpikir untuk memperoleh centang hijau agar bisnismu dianggap kredibel di mata pelanggan, tentu tak bisa sembarangan.

Sebagaimana tanda centang yang terdapat pada akun di platform media sosial lainnya, seperti Instagram dan Facebook, ada syarat dan ketentuan khusus agar bisa mendapatkannya. Sebelum membahas lebih lanjut cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp, mari menyelisik sejumlah hal yang perlu kamu ketahui lebih dulu mengenai centang hijau di WhatsApp.

Apa itu tanda centang hijau di WhatsApp?

Tanda centang hijau di akun WhatsApp (verified badge) berfungsi mengonfirmasi bahwa suatu akun adalah akun bisnis yang autentik dan dikenal. ‘Autentik’ di sini berarti mewakili suatu bisnis terdaftar yang bisa dijamin atau dibuktikan keasliannya, sedangkan ‘dikenal’ berarti bisnis tersebut mewakili brand yang terkenal, dicari, dan diketahui banyak orang.

Tanda centang hijau juga menunjukkan bahwa akun tersebut unik, alias menjadi satu-satunya yang bisa mewakili satu brand tertentu. Dengan kata lain, tak sembarang bisnis yang bisa mendapatkan tanda centang hijau di WhatsApp.

Bukan hanya itu, tanda centang hijau juga hanya diberikan pada akun WhatsApp Business yang telah terverifikasi. Nah, supaya akun WhatsApp bisnis bisa terverifikasi, ada dua cara yang bisa dilakukan.

Pertama, akun bisnis harus memenuhi syarat dan ketentuan WhatsApp, yakni tidak menjual produk di bidang bisnis perjudian, obat terlarang, senjata dan amunisi, merek alkohol, hewan hidup, produk dan jenis tembakau, cryptocurrencies, produk medis dan kesehatan, layanan kencan, serta layanan untuk dewasa. Kedua, akun bisnis biasa harus diubah terlebih dahulu menjadi akun WhatsApp Business API.

Apa itu WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API atau WhatsApp API merupakan solusi yang ditawarkan WhatsApp bagi brand maupun para pelaku usaha guna mengoptimalkan platform-nya dalam mendukung kegiatan chat commerce.

Alih-alih dijalankan sebagai aplikasi, API yang merupakan singkatan dari application program interface berfungsi sebagai perangkat penghubung antaraplikasi dalam bentuk software yang terintegrasi dengan WhatsApp.

Dengan demikian, perusahaan yang menggunakan API bisa mengoptimalkan perangkat tersebut untuk melayani pelanggan melalui WhatsApp semisal menjadi virtual assistant, media marketing, atau platform customer service.

Beda halnya dengan WhatsApp Business biasa, WhatsApp Business API memiliki skala usaha lebih besar dan jangkauan pelanggan lebih luas. Oleh sebab itu, pengguna WhatsApp Business API berpeluang memverifikasi akunnya sebagai akun bisnis resmi yang dapat dikenali lewat tanda centang hijau. Tanda centang hijau ini nantinya bisa terlihat oleh semua orang di sebelah kanan nama profil bisnis.

Bagaimana cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp?

Cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp yang pertama adalah dengan mendaftar WhatsApp Business API. Untuk melakukannya cukup mudah. Kamu hanya perlu bermitra dengan partner resmi WhatsApp Business API di Indonesia seperti Kokatto, dan bergabung langsung dengan Kokatto API for WhatsApp lewat tautan berikut.

Setelahnya, layanan profesional teknologi komunikasi tersebut akan membantumu hingga mendapatkan tanda centang hijau di WhatsApp. Agar lebih jelas, berikut panduan dan cara lainnya yang bisa kamu ikuti:

1. Lakukan verifikasi akun Facebook Business Manager

Setelah mendaftarkan akun WhatsApp Business API di Kokatto, kamu perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Siapkan data-data yang dibutuhkan untuk membuktikan keaslian bisnismu mencakup nama dan data perusahaan seperti gambar profil, alamat, kategori industri dan kategori bisnis, serta daerah operasional, termasuk URL website, email kontak, dekripsi, dan Tentang (status).

Berikutnya, login menggunakan akun Facebook Business Manager yang sudah kamu miliki, lalu pilih bagian Security Centre > business verification > klik start verification.

Setelah melakukan verifikasi, kamu akan diminta mengisi sejumlah informasi bisnis yang dibutuhkan. Kamu juga perlu mengirim email berisi Business Manager ID kepada Kokatto. Informasi ID bisa kamu temukan dengan membuka ‘Pengaturan Bisnis’ lalu ‘Info Bisnis’. ID Business Manager terdiri dari 15 -16 digit angka.

Jika langkah-langkah ini terasa membingungkan, Kokatto siap membantumu untuk melakukan proses verifikasi dengan perkiraan waktu sekitar 1-2 hari.

2. Lengkapi profil akun WhatsApp

Sambil menunggu proses verifikasi selesai, kamu bisa melengkapi profil akun WhatsApp Business milikmu. Caranya, dengan Login kembali ke akun Facebook Business Manager, lalu pilih Business Setting. Di bagian Accounts, pilih WhatsApp Accounts, lalu lengkapi profil menggunakan data-data yang sudah kamu siapkan seperti nomor telepon, zona waktu, email, website, dan sebagainya.

Data tersebut nantinya akan ditampilkan dalam WhatsApp Business. Maka itu, pastikan kamu mengisinya selengkap mungkin untuk memudahkan konsumen mencari informasi terkait bisnismu.

3. Lakukan pendaftaran nomor dan display name yang akan digunakan

Setelah melakukan verifikasi, kamu perlu memilih nama akun dan nomor yang akan digunakan. Nama Akun maksimal 256 karakter dan tidak boleh mengandung emoji atau variasi kata “WhatsApp”. Untuk nomor telepon, pastikan masih aktif dan bukan yang kamu gunakan untuk WhatsApp Messenger.

Penting diingat, karena nama maupun nomor yang sudah terdaftar di WhatsApp dan tertera di display tidak bisa diubah lagi, maka kamu perlu menimbang dan memutuskan baik-baik sebelum melakukan pengajuan.

Berikutnya, nama dan nomor akun yang sudah siap akan diajukan ke pihak WhatsApp oleh Kokatto. Selagi menunggu nama dan nomormu terdaftar dalam perkiraan waktu sekitar 2-3 hari, Kokatto akan mempersiapkan platform WhatsApp Business API yang bakal kamu gunakan.

Selain itu, Kokatto juga menawarkan 3 pilihan fitur terintegrasi dengan WhatsApp Business API yang bisa kamu sesuaikan dengan bisnismu. Diantaranya Metode File Batch (atau SFTP), Metode API-to-API, dan Fully Customized.

4. Mendapatkan tanda centang hijau di WhatsApp

Nama dan nomor akun yang telah kamu ajukan agar terdaftar di WhatsApp tadi akan diverifikasi oleh WhatsApp terkait kelayakan memperoleh centang hijau atau tidak. Hasilnya berupa kode verifikasi yang dilakukan melalui panggilan telepon, email, atau pesan teks.

Seperti disebutkan sebelumnya, tanda centang hijau di WhatsApp hanya akan diberikan pada brand terkenal dan diketahui banyak orang, memiliki nama unik, dan tidak diwakili semua brand.

Dengan kata lain, bukan berarti akun bisnis yang telah lolos verifikasi untuk menggunakan WhatsApp Business API bisa sekaligus atau dengan segera mendapat tanda centang hijau.

Sebaliknya, kamu yang dinyatakan lolos verifikasi WhatsApp untuk mendapat tanda centang hijau, maka verified badge tersebut secara otomatis akan muncul di sebelah display name setiap kali kamu berkirim pesan kepada siapapun atau ada orang lain yang melihat profilmu.

Demikian informasi mengenai cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp yang perlu kamu ketahui. Selamat mencoba dan semoga membantu!