Cara Membuat Link WhatsApp agar Bisnis Makin Lancar

Published By: achmad.firdaus,   12 July 2022   whatsapp    37

Di saat sekarang ini, menjangkau hubungan dengan pelanggan jauh lebih mudah dengan hadirnya aplikasi seperti WhatsApp sehingga kamu sebagai pemilik bisnis wajib untuk tahu bagaimana cara membuat link WhatsApp.

WhatsApp bisa dikatakan sebagai salah satu alat yang umumnya dimiliki oleh setiap bisnis, terutama bisnis online, karena fitur-fiturnya yang mampu memudahkan komunikasi antara kamu dengan pelanggan tanpa harus mengeluarkan biaya dan effort yang banyak.

Dengan satu klik pada link saja, pelanggan bisa langsung terhubung dengan WhatsApp bisnismu. Nah, penasaran bagaimana cara membuat link WhatsApp yang langsung terhubung ke akun bisnismu?

Yuk, simak artikel berikut ini untuk cari tahu selengkapnya tentang cara membuat link WhatsApp yang mudah dilakukan untuk pebisnis online pemula!

Mengenal WhatsApp Business dan Fiturnya

WhatsApp Messenger mungkin menjadi salah satu aplikasi komunikasi yang dimiliki oleh sebagian besar populasi masyarakat di dunia, termasuk di Indonesia.

Selain menawarkan fitur chat layaknya mengirim SMS, WhatsApp juga mampu mengakomodasi telepon dan video call jarak jauh hanya dengan menggunakan jaringan internet. Ibaratnya, dengan kuota internet yang notabene sekarang bisa dibeli bebas dengan murah, setiap orang bisa merasakan fitur WhatsApp tersebut tanpa batas. Dengan kata lain, WhatsApp adalah versi hemat SMS dan telepon dengan cara tradisional yang harus memakan pulsa.

Untuk memiliki akun WhatsApp pun terbilang mudah, dengan nomor telepon saja kamu sudah bisa memilikinya.

Fitur ini tentu jadi hal yang memudahkan jalannya komunikasi jarak jauh, sehingga tidak hanya dipakai untuk komunikasi personal saja, tetapi juga dimanfaatkan untuk komunikasi dalam hal-hal lain seperti pekerjaan, pendidikan, hingga untuk bisnis.

Nah, untuk bisnis, sebenarnya WhatsApp juga memiliki aplikasi khusus untuknya yang bernama WhatsApp Business. Ini adalah aplikasi yang sama gratisnya dengan WhatsApp biasa, tersedia untuk platform Android, iOS, dan Windows, yang diperuntukkan untuk pemilik bisnis, terutama bisnis skala kecil.

Cara membuat link WhatsApp bisa dilakukan pada WhatsApp Business juga. Apakah kamu tahu fitur apa saja yang tersedia di aplikasi ini?

Fitur WhatsApp Business, di samping mengaplikasikan cara membuat link WhatsApp, dapat mempermudah dan memperlancar interaksimu dengan pelanggan. Beberapa fitur di antaranya adalah automasi, sortir, dan fitur cepat balas. Terlepas dari itu, WhatsApp Business memiliki fungsi yang sama dengan WhatsApp Messenger, seperti mengirim pesan singkat, foto, dan video.

Fitur lain yang terdapat dalam aplikasi ini termasuk:

  • Profil bisnis, yang dapat digunakan untuk memuat informasi mengenai bisnismu, mulai dari nama, alamat lengkap dan titik map, alamat e-mail, nomor telepon, hingga situs web.
  • Label pesan, di mana kamu bisa mengorganisir chat lebih mudah berdasarkan kebutuhan,
  • Fitur perpesanan otomatis yang dapat menanggapi pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Cara membuat link WhatsApp dapat kamu sematkan pada fitur WhatsApp juga. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, kamu tidak perlu lagi melakukan hard selling untuk bisnismu. WhatsApp Business juga mampu menjangkau pelanggan baru.

Fitur link akun WhatsApp untuk bisnismu dapat dilakukan melalui cara membuat link WhatsApp di bawah ini.

Informasi Seputar Link WhatsApp untuk Bisnismu

Link WhatsApp adalah fitur di mana kamu bisa mengirimkan pesan secara otomatis pada sebuah nomor tanpa perlu menyimpan nomor tersebut terlebih dahulu. Link WhatsApp ini berbentuk tautan dengan nama tautan “wa.me”.

Jadi, kamu bisa menggunakan fitur ini untuk dicantumkan di mana saja media promosi bisnismu, seperti profil instagram, banner, dan lain-lain. Harapannya, pelanggan bisa mengklik dan secara otomatis terhubung dengan akun WhatsApp bisnismu.

Dengan mengaplikasikan cara membuat link WhatsApp ini, kamu juga bisa membuat template pesan pembuka yang ingin dimunculkan saat pelanggan mengklik link-nya. Jadi, kamu tidak perlu repot untuk mengetik pesan pembuka secara berulang.

LInk WhatsApp juga dijamin aman untuk digunakan karena fitur ini dibuat resmi oleh WhatsApp kepada penggunanya. Jadi, tidak perlu khawatir akan akun yang terblokir ya!

Nah, terdapat beberapa cara membuat link WhatsApp lho. Jangan khawatir, mudah untuk dilakukan kok!

Cara Membuat Link WhatsApp untuk Bisnismu

Cara membuat link WhatsApp di bawah ini mudah dibuat sendiri, bahkan untuk kamu yang merasa gaptek. Yuk, simak tutorial lengkapnya!

1. Cara Membuat Link Whatsapp Universal

Cara membuat link WhatsApp ini adalah yang paling dasar dalam hal ini. Untuk membuat link-nya, kamu hanya perlu menggunakan https://wa.me/<nomor handphone>. Tuliskan nomor handphone bisnismu pada kolom <nomor handphone> tanpa menggunakan tanda kurung.

Nomor handphone juga harus dituliskan tanpa tanda hubung (-), tanda tambah (+), dan angka 0. Jadi, kamu harus mengubah 0 dengan kode nomor telepon internasional Indonesia yaitu 62. Contohnya adalah sebagai berikut.

Nomor handphone usaha makanan X adalah 08122233344. Maka format link WhatsApp yang benar adalah https://wa.me/628122233344. Contoh yang salah adalah https://wa.me/+62-812-223-3344.

Mudah bukan cara membuat link WhatsApp?

2. Cara Membuat Link WhatsApp dengan Pesan Singkat Otomatis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu juga bisa memasukkan pesan singkat otomatis pada link WhatsApp. Formatnya pun juga mudah kok!

Pada dasarnya, format link juga menggunakan https://wa.me/<nomor handphone> yang ditambah field <text>.

Jadi, formatnya adalah https://wa.me/<nomor handphone>/?text=<tuliskan pesan>. Tulisan yang dipisahkan oleh spasi digantikan oleh %20.

Sebagai contoh, kamu ingin membuat pesan otomatis ketika pelanggan mengklik link WhatsApp yang berbunyi “Hai admin, saya ingin pesan bola ubinya dong”.

Maka, cara membuat link WhatsApp yang benar adalah https://wa.me/628122233344/?text=Hai%20admin%20saya%20ingin%20pesan%20bola%20ubinya%20dong

3. Cara Membuat Link WhatsApp Jadi Pendek

Nah, kalau kamu perhatikan, contoh link di atas sangat panjang, apalagi kalau kamu ingin memasukkan pesan juga ke dalam link WhatsApp bisnismu. Link yang panjang tentu tidak terlihat bagus jika ingin dipajang, misalnya di profil instagram yang juga memiliki keterbatasan karakter.

Untuk membuat link tersebut menjadi pendek, kamu bisa menggunakan alat memperpendek link seperti Bit.ly atau tinyurl.

Caranya pun mudah kok. Buka website untuk memperpendek link dan buat akun. Lalu, kamu tinggal meng-copy link yang sudah kamu buat. Selanjutnya, website tersebut akan otomatis membuat link yang lebih pendek. Link tersebut juga bisa dikustomisasi seperti penggantian nama. Contohnya seperti https://bit.ly/pesan-sekarang.

Link WhatsApp untuk bisnismu akan terlihat lebih enak untuk dibaca!

Itulah cara membuat link WhatsApp yang bisa kamu coba. Mudah bukan? Adanya fitur link WhatsApp dapat membantu interaksi pelanggan yang ingin menghubungi bisnismu seperti bertanya, memesan, bahkan jika ingin memberikan kritik dan saran.

Kalau kamu ingin jalannya bisnis makin lancar, pakai aja Kokatto! Kokatto menyediakan layanan pembuatan WhatsApp Chatbot yang bisa menjawab pertanyaan pelanggan secara otomatis lho!