Apa Perbedaan WhatsApp Business dan Whatsapp Business API?

Published By: Kokatto Editorial Team,   16 June 2020   whatsapp    474

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pengiriman pesan singkat yang telah diunduh oleh milyaran orang di dunia. Sehingga tidak heran, jika WhatsApp disebut-sebut sebagai aplikasi yang paling populer. Sebagai pengguna setia dari WhatsApp, Kamu tentu mengetahui bahwa WhatsApp juga telah hadir dalam versi yang dikhususkan bagi para pebisnis, bukan? Aplikasi bagi para pebisnis tersebut yakni WhatsApp Business dan WhatsApp Business API. Lalu, apa perbedaan dari kedua aplikasi ini dan mana yang lebih cocok untuk bisnis kamu? Jika kamu ingin mengetahuinya, kamu berada di artikel yang tepat. Berikut gambaran singkat mengenai perbedaan dari WhatsApp Business dan WhatsApp Business API.

WhatsApp Business

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang dirilis secara resmi oleh pihak WhatsApp. Tujuan utamanya tentu untuk memudahkan pemilik bisnis atau UMKM dalam berkomunikasi dengan customernya. Aplikasi ini bisa dengan mudah kamu unduh secara gratis. Tersedia bagi para pengguna iOs dan juga Android. Sama halnya dengan aplikasi WhatsApp biasa, WhatsApp Business juga bisa kamu akses melalui perangkat PC.

Setelah melalui proses pengunduhan, kamu bisa langsung melakukan registrasi nomor yang akan digunakan untuk berinteraksi dengan customer. Namun, kamu tidak bisa menggunakan nomor telepon yang pernah teregistrasi pada aplikasi WhatsApp biasa. Dengan demikian, kamu perlu mencantumkan nomor baru yang memang dikhususkan untuk akun bisnis.

Hal pertama yang perlu dilakukan setelah berhasil masuk dan terverifikasi yakni mengatur Business Profile. Pasalnya, pada menu satu ini, kamu bisa mencantumkan informasi detail mengenai perusahaan kamu. Mulai dari kategori bisnis, alamat kantor beserta Google Mapnya, email, website resmi, hingga jam operasional kantor. Informasi lengkap ini akan memudahkan customer lebih mengenal bisnis kamu.

Untuk menunjang interaksi kamu dengan customer, WhatsApp Business dilengkapi dengan berbagai macam fitur. Diantaranya seperti Quick Reply, Greeting Message, Conversation Label, Broadcast Message, dan lain sebagainya. Berbagai macam fitur tersebut sebaiknya kamu gunakan dengan baik untuk membuat interaksi dengan customer lebih efisien.

WhatsApp Business API

Beberapa dari kamu mungkin belum cukup familiar dengan apa itu API? API atau Application Programming Interface ini merupakan serangkaian kode yang kemudian tersambung dengan software perusahaan. Di mana software tersebut nantinya juga akan disambungkan dengan WhatsApp. Fitur yang ada pada WhatsApp Business API sendiri sedikit berbeda dengan WhatsApp Business. Beberapa fitur yang bisa kamu temukan diantaranya Verified Business Profile, Multi-Agents Access, Use Automation, Chatbot, dan Send Bulk Notification.

Fitur WhatsApp Business API yang paling menarik yakni chatbot. Di mana melalui fitur satu ini, customer bisa langsung mendapatkan balasan pesan otomatis yang telah ditentukan sebelumnya. Penggunaan dari chatbot sendiri digunakan untuk membalas pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh customer. Chatbot secara tidak langsung juga akan memberikan respon yang sangat cepat pada customer kamu. Sehingga interaksi yang terjalin pun lebih maksimal dan customer merasa puas.

Dengan menggunakan chatbot, kinerja dari karyawan pun dapat lebih maksimal. Mereka tidak lagi perlu meluangkan waktu untuk membalas pesan yang hanya itu-itu saja. Sebaliknya, waktu yang dimiliki karyawan bisa lebih dioptimalkan pada hal lainnya yang lebih penting dan memang harus ditangani langsung oleh operator. Sehingga bisa dikatakan bahwa penggunaan WhatsApp Business API ini akan sangat cocok untuk menunjang kinerja bisnis kamu yang semakin membesar.

Untuk bisa mendapatkan WhatsApp Business API, kamu bisa langsung mengajukan kerjasama dengan Kokatto. Sebagai Pioneer of Automated Voice Notification Indonesia, Kokatto siap menjadi solusi terbaik untuk mengambangkan bisnis kamu menggunakan WhatsApp Business API.