Apa Itu WhatsApp Business API dan Bagaimana Kinerjanya

3 November 2022 Apa Itu WhatsApp Business API dan Bagaimana Kinerjanya

Kemudahan interaksi antara customer dan perusahaan menjadi hal yang sangat penting. Di mana customer bisa langsung menghubungi perusahaan setiap kali mengalami kendala atau ingin mengajukan pertanyaan. Dibandingkan dengan menggunakan panggilan suara melalui telepon, customer akan merasa lebih nyaman jika berinteraksi menggunakan aplikasi pesan singkat. Selain mudah untuk digunakan, penggunaan aplikasi pesan singkat juga terbukti lebih murah. Tidak heran, customer lebih suka melakukan komunikasi dengan aplikasi pesan singkat.

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan singkat yang paling populer. Tidak hanya di Indonesia, namun juga di berbagai negara lainnya. Sebagai pemilik usaha sebaiknya kamu tidak lupa untuk juga memiliki akun WhatsApp milik perusahaan. Namun, aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan janganlah aplikasi standar layaknya yang digunakan oleh customer. Sebaliknya, akan lebih optimal jika kamu menggunakan WhatsApp Business API yang memang diperuntukkan bagi para pelaku bisnis.

WhatsApp Business API adalah sebuah aplikasi yang dapat membuat interaksi antara customer dan perusahaan berjalan dengan lebih efisien. Kata API sendiri memiliki artian Application Programming Interface yang berisi serangkaian kode yang nantinya akan terkoneksi dengan software perusahaan. Software tersebut nantinya juga akan kembali dikoneksikan pada akun WhatsApp.

WhatsApp Business API sendiri hadir dengan berbagai macam fitur canggih. Di mana fitur-fitur canggih tersebut tidak akan kamu temukan pada aplikasi WhatsApp biasa. Salah satu fitur yang wajib kamu gunakan yakni chatbot. Melalui fitur satu ini, kamu bisa mengatur jawaban dari pertanyaan umum yang seringkali ditanyakan oleh customer melalui WhatsApp Business. Pengaktifan fitur ini akan memberikan balasan secara otomatis untuk setiap pertanyaan yang bersifat umum. Sehingga bisa dikatakan bahwa karyawan yang bertugas sebagai operator akan diringankan tugasnya berkat fitur ini. Meski telah menggunakan fitur chatbot, operator tetap bisa mengambil alih percakapan yang memang harus dijawab langsung oleh operator itu sendiri.

Fitur unggulan lainnya yang ada di WhatsApp Business API yakni Multi-Agents Access. Fitur ini membuat aplikasi WhatsApp Business API ini bisa diakses oleh beberapa orang sekaligus. Seluruh karyawan operator di perusahaan kamu bisa mengakses dan menggunakan aplikasi ini di waktu yang bersamaan. Sehingga akan semakin memudahkan perusahaan untuk lebih sigap dan tanggap dalam menjawab pesan customer. Sekalipun perusahaan mendapatkan pesan yang banyak di waktu yang bersamaan, hal itu bukan persoalan yang besar. Hal ini tentu juga akan berpengaruh pada tingkat kepuasaan customer itu sendiri. Kamu tentu tidak ingin membuang waktu customer hanya untuk menunggu balasan pesan operator, bukan?

Siapa sangka penggunaan WhatsApp Business ini juga bisa mengurangi biaya operasional perusahaan, lho. Pasalnya, perusahaan tidak perlu lagi menggaji karyawan operator dalam jumlah yang terlalu banyak. Mengingat sebagian tugas dari operator akan dikerjakan langsung oleh fitur chatbot yang telah diatur sebelumnya. Hal inilah yang pada akhirnya akan memberi pengaruh besar pada biaya operasional perusahaan yang bisa diminimalisir.

 

Apabila kamu tertarik menggunakan aplikasi WhatsApp Business API, kini kamu bisa langsung menghubungi Kokatto. Perusahaan Automated Communication Technology yang satu ini juga dilengkapi dengan layanan WhatsApp Business API yang sudah terbukti kualitasnya. Tidak hanya memudahkan kamu dalam mengoptimalkan WhatsApp Businesss, aplikasi berbasi API ini juga akan memudahkan kamu dalam menganalisa data perusahaan. Segera hubungi Kokatto dan gunakan layanan WhatsApp Business API sekarang juga, ya!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved