Pelayanan Prima adalah: Arti dan Manfaatnya pada Bisnis

5 Februari 2023 Pelayanan Prima Adalah

Pelayanan prima adalah salah satu trik yang dapat kamu terapkan dalam bisnis jika ingin bisnis yang sedang kamu jalankan semakin berkembang. Tidak hanya mengandalkan kekuatan produk atau jasa yang kamu tawarkan serta strategi marketing yang bagus, pelayanan prima adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk meninggalkan kesan menyenangkan kepada customer.

 

Excellent service, yang merupakan istilah lain dari pelayanan prima adalah upaya yang dilakukan oleh pelaku bisnis, baik yang berbentuk badan usaha maupun perorangan, yang bertujuan untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada customer. Tujuan dari pelayanan prima adalah agar customer puas dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan sehingga dapat meningkatkan omset penjualan.

 

Terlihat sepele, tapi memberikan pelayanan terbaik tidaklah mudah. Sebagai pelaku bisnis, kamu nantinya akan menemukan beberapa karakter calon customer sehingga harus pintar untuk melihat kondisi. Dalam artikel ini, akan membahas lebih jauh mengenai pelayanan prima adalah pelayanan yang bagaimana serta pentingnya pelayanan prima dalam menjalankan suatu bisnis. Yuk, baca sampai habis, ya!

 

Pelayanan Prima adalah Pelayanan yang Seperti Apa?

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), prima sendiri mempunyai arti yaitu sangat baik. Secara umum, pelayanan prima adalah sebuah perlakuan sangat baik yang diberikan oleh seseorang atau suatu perusahaan kepada orang lain. Menurut Firmansyah (2016), pelayanan prima adalah pelayanan yang baik serta memuaskan pelanggan atau masyarakat sehingga pelanggan atau masyarakat mendapat sesuatu yang melebihi harapan mereka. 

 

Pelayanan prima adalah sebuah pelayanan yang mementingkan kepuasan customer diatas segalanya. Jika kamu sebagai pelaku bisnis sudah memberikan pelayanan terbaik kepada customer, bisnis yang kamu jalankan pastinya akan mendapatkan keuntungan dari promosi yang dilakukan oleh mereka. Maka dari itu, para pelaku bisnis itu sendiri maupun orang yang bekerja dibidang pelayanan dari suatu bisnis, harus terus belajar serta improve kemampuan mengenai bagaimana caranya memberikan pelayanan terbaik kepada calon customer

 

Konsep Dasar Dalam Pelayanan Prima Adalah Sebagai Berikut

Saat kamu memutuskan untuk mendirikan suatu bisnis, konsep pelayanan terhadap calon customer juga harus dipikirkan dengan baik demi kelancaran bisnis. Setiap bisnis pasti membutuhkan pelayanan prima yang bertujuan agar produk atau jasa yang ditawarkan bisa tersampaikan dengan baik kepada customer. Berikut tujuh konsep dasar pelayanan prima yang dapat kamu terapkan dalam bisnismu.

 

1. Attitude (Sikap)

Attitude dalam pelayanan prima adalah hal paling dasar yang harus dimiliki oleh para pelaku bisnis atau orang yang bekerja sebagai pemberi layanan produk atau jasa kepada para customer. Dalam melayani customer, kamu harus menunjukan sikap yang baik dan ramah agar menciptakan kesan pertama yang menyenangkan sehingga customer akan merasa nyaman dengan treatment yang kamu berikan.

 

2. Attention (Perhatian)

Dalam memberikan pelayanan prima, kamu juga harus menerapkan attention atau perhatian yang lebih kepada customer. Contoh attention pada pelayanan prima adalah seperti kamu memperhatikan dengan sungguh-sungguh apa yang dibutuhkan oleh customer pada saat itu juga. Sehingga dengan kamu memberikan perhatian yang serius, customer akan merasa dihargai.

 

Baca juga: Pengertian & Manfaat Customer Relationship Management

 

3. Ability (Kemampuan)

Ability atau kemampuan dalam memberikan pelayanan prima adalah hal yang tidak kalah penting juga untuk diterapkan. Kemampuan di sini adalah bagaimana kamu sebagai pelaku bisnis atau orang yang bekerja sebagai pemberi layanan, menguasai product knowledge yang ada pada bisnismu. Sehingga jika customer bertanya tentang produk atau jasa, kamu bisa menjawab pertanyaan mereka dengan baik. Tidak hanya kemampuan untuk menguasai product knowledge saja, kamu juga harus memiliki kemampuan yang lain, seperti kemampuan selling atau menjual, memecahkan masalah, dan mengatur kecemasan dalam menghadapi customer

 

4. Action (Tindakan)

Action atau tindakan pada pelayanan prima adalah realisasi atau penerapan dari dua konsep dasar yang telah dijelaskan diatas (attitude dan attention), di mana attitude dan attention harus diwujudkan dalam tindakan yang nyata. Tindakan nyata tersebut meliputi, mencatat apa saja yang dibutuhkan oleh customer, mencatat apa saja pesanan yang dipesan oleh customer, memastikan kembali kebutuhan atau pesanan agar tidak salah, memberikan solusi yang baik ketika customer punya keluhan, dan mengucapkan terima kasih ketika semua kebutuhan customer telah terpenuhi. 


 

5. Appearance (Penampilan)

Penampilan dalam pelayanan prima adalah hal yang kelihatannya sepele, namun harus tetap diperhatikan. Dalam melayani customer, kamu sebagai pelaku bisnis atau orang yang bekerja sebagai pemberi pelayanan harus tampil dengan pakaian yang rapi, sopan, dan pantas. Karena jika kamu tampil tidak dengan penampilan yang baik akan memberikan kesan pertama yang kurang baik kepada customer.

 

6. Accountability (Tanggung Jawab)

Tidak hanya dalam pelayanan prima saja, namun tanggung jawab harus dimiliki dalam setiap tindakan yang kamu kerjakan. Dalam pelayanan prima, kamu sebagai pelaku bisnis atau orang yang bekerja sebagai pemberi layanan, harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Contohnya seperti berusaha menjelaskan tentang produk atau jasa dengan baik, tetapi jika belum mengetahui jawaban dari pertanyaan customer, sebaiknya tidak langsung memutuskannya sendiri dan mendiskusikan dengan supervisor atau atasan agar tidak terjadi kesalahan. 

 

7. Sympathy (Simpati)

Simpati juga merupakan hal dasar dalam pelayanan prima yang harus dimiliki oleh setiap pelaku bisnis atau orang yang bekerja dalam pemberi layanan. Jika kamu tidak mempunyai rasa simpati kepada customer, nantinya kamu juga akan asal-asalan dalam memberikan pelayanan. Sehingga akan menciptakan feedback yang kurang baik dari customer dikarenakan kamu tidak mau memahami apa yang mereka butuhkan. 

 

Baca juga: Ini 8 Cara Promosi Produk Yang Ampuh untuk Bisnismu!

 

Pentingnya Pelayanan Prima Dalam Sebuah Bisnis

Pelayanan prima adalah hal penting yang harus diterapkan pada bisnis yang sedang kamu jalankan. Terutama jika bisnismu bergerak pada bidang jasa, pelayanan prima harus benar-benar dijalankan agar menciptakan tren positif pada kemajuan bisnis. Diluar sana banyak bisnis dengan fokus yang sama, tapi yang membedakan mengapa kemajuan bisnis tiap usaha berbeda salah satunya terletak pada pelayanan prima yang diberikan. 

 

Tidak hanya bisnis dalam bidang jasa saja, bisnis yang bergerak dalam bidang produk juga harus memberikan pelayanan prima dengan baik agar omset bisnis dan tingkat kepercayaan customer meningkat. Jika kamu sudah berhasil membangun kepercayaan customer, secara tidak langsung loyalitas customer pada bisnis yang kamu jalankan akan terbentuk. Sehingga customer akan otomatis membantu promosi dan tidak akan ragu untuk melakukan repeat order

 

Oleh sebab itu, pelayanan prima adalah aset terpenting yang harus kamu perhatikan dalam menjalankan bisnis. Jika bisnis yang kamu dirikan sudah mulai berkembang dan membutuhkan bantuan sumber daya manusia untuk meng-handle pelayanan seperti customer care, pastikan SDM yang kamu hiring memenuhi tujuh konsep dasar pada pelayanan prima agar bisnismu semakin lebih maju lagi nantinya. Selain itu, kamu juga bisa mengadakan semacam pelatihan tambahan agar SDM yang telah kamu hiring untuk membantu memajukan bisnismu semakin mempunyai kualitas pelayanan prima yang baik. 

 

Demi kelancaran pengelolaan bisnis, kamu juga dapat memanfaatkan bantuan teknologi agar bisnis yang kamu jalankan bisa tetap beroperasional selama 24 jam. Dengan aplikasi Kokatto, kamu bisa memaksimalkan pelayanan prima dengan bantuan chatbot sehingga calon customer tidak perlu menunggu balasan yang lama. Yuk, pakai Kokatto sekarang juga!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved