Apa itu Digital Marketing? Definisi serta Manfaatnya

3 Februari 2023 Apa Itu Digital Marketing

Saat mendengar istilah digital marketing, tentunya kamu akan langsung teringat dengan pemasaran. Apalagi istilah tersebut memang cukup sering digunakan dalam dunia bisnis. Di era serba digital saat ini, ada banyak sekali perubahan yang terjadi saat mengelola bisnis. Salah satunya adalah digital marketing yang semakin berkembang.

 

Tidak hanya proses bisnis saja yang semakin terdigitalisasi dengan semakin berkembangnya era jaman sekarang, tapi juga sistem pemasaran yang dilakukan. Banyak sekali pemilik usaha yang belajar untuk memahami apa itu digital marketing agar mereka bisa meningkatkan sistem pemasaran dan pendapatan usaha. Tidak hanya usaha kecil, bahkan perusahaan besar sekalipun membuat investasi besar-besaran untuk memahami apa itu digital marketing. Semuanya bertujuan untuk meningkatkan pemasaran usaha dan tentunya meningkatkan penjualan produk serta layanannya.

 

Hal tersebut karena digital marketing merangkum semua kegiatan pemasaran yang biasa dilakukan secara offline menjadi secara online. Karena dilakukan dengan online atau secara digital, cakupan area dan jangkauan target pasar yang didapat juga menjadi semakin luas. Pada akhirnya, perusahaan akan mendapatkan lebih banyak pelanggan yang tertarik dengan produk atau layanan mereka. 

 

Alasan lain banyak sekali pemilik usaha yang ingin mempelajari seputar apa itu digital marketing adalah karena digital marketing tidak menghabiskan biaya yang terlalu mahal dibandingkan dengan marketing konvensional. Apalagi di era digital saat ini sebagian besar masyarakat sudah menggunakan internet sebagai salah satu bagian keseharian mereka. Jadi, penggunaan digital marketing akan lebih efektif dengan semakin matangnya target pasar yang sudah ada.

 

Pengguna internet yang semakin naik akan memudahkan proses koneksi antara penjual dan pembeli. Hal tersebut akan membuat proses digital marketing menjadi lebih mudah. Sistem komunikasi yang sudah terbangun dengan mudah akan membuat strategi marketing juga lebih lancar. Selanjutnya hanya tinggal eksekusi pasar dan memaksimalkan kinerja perusahaan. Inilah pentingnya setiap perusahaan untuk memahami apa itu digital marketing.

 

Baca Juga: Apa Saja Jenis Digital Marketing yang Efektif?

 

Manfaat Digital Marketing untuk Suatu Bisnis

Setelah mengetahui pengertian dari apa itu digital marketing, kamu juga bisa mempelajari manfaat dari digital marketing untuk suatu bisnis. Jadi, kamu bisa lebih fokus meningkatkan kinerja digital marketing untuk usahamu. Berikut ini adalah beberapa manfaat digital marketing untuk suatu bisnis:

 

Menjangkau Pasar Global

Marketing secara konvensional seringkali terbatas dengan lokasi dan letak geografis suatu usaha. Membuka peluang usaha secara global juga akan memerlukan banyak modal yang tentunya tidak semua perusahaan bisa lakukan. Di sinilah pentingnya pemahaman terhadap apa itu digital marketing diterapkan. 

 

Digital marketing akan memudahkan proses pemasaran secara global dan menjangkau lebih banyak target pasar yang ada di dunia. Tanpa harus mengeluarkan banyak modal untuk membuka perusahaan internasional, bahkan usaha berskala kecil juga berkesempatan untuk memasarkan produk mereka secara global. Tentunya hal tersebut akan sangat membantu banyak usaha di dunia untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.

 

Menjangkau Pasar Lokal

Tidak hanya secara global saja, digital marketing akan membantumu untuk menjangkau pasar lokal. Pasal lokal juga tidak bisa dilewatkan karena potensi pembeli biasanya jauh lebih besar di area lokal. Jadi, menggunakan digital marketing untuk menarik pasar lokal akan membantu proses usaha menjadi lebih lancar.

 

Karena konsep dari apa itu digital marketing adalah secara online, dengan mempromosikan usahamu secara online di wilayah lokal akan menguatkan posisimu di antara para kompetitor pada area yang sama. Kesempatan untuk menarik lebih banyak pembeli di area sekitarmu juga akan lebih banyak dengan menggunakan digital marketing.

 

Biaya Lebih Sedikit

Dibandingkan dengan marketing secara konvensional, digital marketing jauh lebih memerlukan biaya yang sedikit. Kamu bisa menggunakan akses media sosial sebagai salah satu metode digital marketing yang bisa kamu lakukan. Media sosial tidak memerlukan biaya untuk mendaftar, kamu bisa mengunduh dengan gratis dan memanfaatkan media sosial untuk promosi.

 

Selanjutnya kamu bisa mencoba iklan di media sosial untuk promosimu. Bahkan dengan menggunakan iklan secara online, biaya yang dihabiskan untuk promosi tidak sebesar biaya promosi secara offline dengan metode marketing konvensional. Oleh karena itu, digital marketing sangat cocok untuk menghemat biaya pemasaran setiap usaha.

 

Mudah Dipelajari

Saat ini, ada banyak sekali kelas atau webinar yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui apa itu digital marketing. Kamu bisa belajar dengan mudah lewat kelas tersebut dan mempraktekkannya secara langsung untuk usahamu. Digital marketing juga lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan marketing secara konvensional. Hal tersebut karena saluran yang digunakan digital marketing memiliki sifat dan kriteria sendiri yang memudahkan penggunanya untuk mengelola konten yang dibuat untuk iklan.

 

Target Pemasaran yang Efektif

Digital marketing juga memberikan target pemasaran yang jauh lebih efektif dibandingkan dengan metode marketing secara konvensional. Setiap saluran yang bisa digunakan sebagai digital marketing memiliki fitur analytic yang bisa membantumu melihat siapa saja target pasar dan calon pembeli yang berminat dengan produkmu. Analytic tersebut akan memudahkan proses pengaturan strategi pemasaran yang bisa kamu ambil.

 

Tidak hanya itu saja kamu bisa mengelola target pasar dan tujuan digital marketing usahamu berdasarkan demografis setiap media sosial yang kamu gunakan. Setiap media sosial pasti memiliki demografis tersendiri yang khas dengan masing-masing penggunanya. Kamu perlu mengetahui tersebut agar bisa memasang jenis strategi digital marketing yang paling pas untuk usahamu.

 

Analisis dan Peningkatan Kinerja

Digital marketing tidak hanya tentang pemasaran secara online saja, tapi juga tentang analisis target pasar online. Analisis tersebut dapat membantu meningkatkan kinerja usahamu. Kamu bisa mempelajari apa saja kekurangan usahamu dan bagaimana cara meningkatkannya. Selanjutnya, kamu bisa menyusun strategi pemasaran dengan menggunakan data analisis yang sudah ada. Peningkatan kinerja ini akan sangat bermanfaat agar usahamu tidak melakukan kesalahan yang sama dan tetap bisa meningkatkan pemasaran.

 

Baca Juga: Seberapa Penting Promosi Online dan Offline untuk Bisnis?

 

Contoh Digital Marketing dalam Bisnis

Tidak hanya pemahaman seputar apa itu digital marketing saja, kamu juga perlu mengetahui seperti apa contoh digital marketing dalam bisnis. Berikut ini adalah beberapa contoh dari digital marketing dalam suatu bisnis:

 

Media Sosial

Ini merupakan contoh yang paling sering ditemui. Memanfaatkan media sosial sebagai salah satu cara digital marketing adalah cara yang paling mudah dan tepat untuk usaha.

 

Content Marketing

Menggunakan konten untuk digital marketing merupakan salah satu cara yang juga sering ditemui. Konten juga bervariasi. Mulai dari blog, website, video, hingga foto. Semuanya masuk ke dalam konten yang bisa dijadikan digital marketing.

 

Afiliasi

Afiliasi juga merupakan contoh digital marketing yang banyak dilakukan oleh marketplace saat ini. Afiliasi akan memberikan keuntungan untuk penjual dan juga para afiliator dengan cara pemberian komisi. Penjualan juga lebih meningkat dengan strategi ini.

 

Setelah memahami apa itu digital marketing dan penjelasan lengkapnya, kamu bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk usahamu. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan fitur dari Kokatto. Dilengkapi dengan fitur layanan pelanggan dan Data Analytics, kamu dapat mengelola data tersebut untuk dijadikan strategi digital marketing usahamu. Yuk kamu bisa cek Kokatto sekarang juga!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved