Pengertian Segmentasi Pasar dan Pentingnya untuk Bisnis

3 Februari 2023 Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar merupakan salah satu tahap dalam proses usaha yang sangat penting. Setiap usaha akan mendapatkan kemudahan menjalankan proses bisnis dengan adanya segmentasi pasar yang tepat. Saat membuat perencanaan usaha, tahap menyusun segmentasi untuk pasar tidak bisa dilewatkan. Prosesnya akan memerlukan pendataan yang sangat detail dan jelas agar usaha dapat berjalan dengan lancar.

 

Proses segmentasi untuk pasar suatu usaha juga akan sangat memudahkan proses usaha kedepannya seperti membuat strategi promosi, melakukan pemasaran, hingga menentukan harga yang paling pas untuk target pasar. Dengan adanya tahap segmentasi pasar, setiap usaha akan lebih mudah melakukan eksekusi ide dan mengirimkan produk atau layanan ke pasar.

 

Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah istilah dalam pemasaran yang digunakan untuk membagi target pasar menjadi beberapa grup yang lebih kecil. Proses segmentasi ini akan membantu usaha membagi setiap target pasar mereka menjadi kategori yang lebih kecil dan lebih spesifik. Kategori tersebut bisa berupa gender, minat, usia, kebutuhan, lokasi, prioritas, hingga kepribadian. Proses segmentasi tersebut akan membantu bisnis untuk memahami siapa target pasar mereka dan bagaimana cara yang paling tepat untuk pendekatan yang bisa dilakukan.

 

Setiap kategori pada target pasar tersebut akan membantu setiap usaha untuk menyusun strategi pemasaran dan promosi yang paling sesuai dengan pasar. Tidak hanya itu saja, proses segmentasi pasar juga akan membantu pengelolaan harga jual produk di pasaran, dan juga membantu usaha meningkatkan kualitas produk selanjutnya yang akan dirilis ke pasar.

 

Adanya proses segmentasi untuk pasar juga akan mengurangi resiko yang mungkin dihadapi oleh usaha selama proses usaha berlangsung. Caranya adalah dengan memprediksi mana produk yang memang dibutuhkan oleh pasar dan mana yang tidak berdasarkan data saat proses segmentasi. Data tersebut membantu setiap usaha mengetahui apa saja yang perlu ditingkatkan dari produk dan bagaimana caranya agar setiap produk bisa sesuai dengan ekspektasi pasar.

 

Dengan resiko yang minimal, setiap usaha bisa dengan leluasa mengatur strategi pemasaran dan penjualan yang paling mudah. Pendapatan usaha bisa lebih meningkat berkat proses segmentasi pasar yang jelas dan tepat. Proses segmentasi juga akan membantu setiap usaha menemukan demografi baru dan membuat produk yang sebelumnya belum terpikirkan oleh usaha.

 

Baca Juga: 8 Manfaat Database Pelanggan untuk Bisnis

 

Manfaat Segmentasi Pasar

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa adanya segmentasi terhadap pasar suatu usaha akan memberikan berbagai manfaat untuk suatu usaha. Berikut ini adalah beberapa manfaat segmentasi pasar yang wajib diketahui:

 

1. Iklan Lebih Efisien

Membuat target atau strategi pemasaran menjadi lebih tertarget dan efisien. Hal ini sangat mudah bagi usaha yang telah memiliki segmentasi untuk pasarnya. Mereka bisa menyesuaikan iklan yang efisien dan sesuai dengan pasar yang mereka tuju. Proses penyusunan strategi iklan juga tidak akan menjadi sulit karena target yang dituju lebih jelas berkat adanya proses segmentasi untuk pasar.

 

2. Membuat Pesan yang Jelas untuk Target Pasar

Adanya segmentasi untuk pasar usaha juga akan memudahkan proses penyampaian pesan. Maksudnya adalah, segmentasi untuk pasar suatu usaha akan membantu usaha mengetahui kebutuhan setiap kategori target pasar, sehingga usaha dapat membuat pesan dan produk yang jelas untuk mereka. 

 

3. Menarik Calon Pelanggan

Berkaitan dengan poin-poin sebelumnya, jika suatu usaha mampu memberikan pesan yang jelas tentang produk atau layanan mereka kepada target pasar, tentunya akan ada lebih banyak calon pembeli yang berminat dan ingin mencoba produk dan layananmu.

 

4. Meningkatkan Pendapatan

Secara otomatis, semakin banyak target pasar yang berhasil dijangkau maka akan semakin banyak pendapatan yang masuk ke dalam usaha. Tentunya ini akan memberikan keuntungan yang sangat besar kepada usaha.

 

5. Menimbulkan Perbedaan dengan Kompetitor

Pesan dari iklan dan produk yang jelas akan memperlihatkan perbedaan produkmu dengan para kompetitor. Jadi kamu bisa menempatkan usahamu dengan cara yang berbeda pada target pasar.

 

6. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Membuat segmen pasar yang jelas dalam usaha sangat berhubungan erat dengan pelayanan pelanggan. Ketika usaha memahami siapa pelanggan mereka, tentunya usaha tersebut dapat memberikan pelayanan terbaik. Ini mengakibatkan pelanggan menjadi lebih loyal pada usahamu.

 

Baca Juga: Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

 

Tipe-Tipe Segmentasi Pasar

Segmentasi untuk pasar suatu usaha dibagi menjadi beberapa tipe. Masing-masing tipe disesuaikan dengan segmen usaha yang ada. Berikut ini adalah beberapa tipe tersebut:

 

1. Segmen Demografis

Segmen demografis membagi pasar berdasarkan usia, pendapatan, jenis kelamin, kewarganegaraan, pendapatan, pendidikan, dan juga ras pada proses segmentasinya.

 

2. Segmen Geografis

Tipe segmen ini membagi target pasar berdasarkan letak geografisnya. Segmen ini biasanya menyimpulkan bahwa target pasar dalam suatu wilayah memiliki minat dan kebutuhan yang sama.

 

3. Segmen Perilaku

Tipe segmen perilaku bergantung pada reaksi pelanggan, proses pembelian, hingga pengambilan keputusan pelanggan. Dengan tipe ini, target pasar dikelompokkan berdasarkan bagaimana mereka berinteraksi untuk menciptakan strategi pendekatan yang sesuai dengan masing-masing pelanggan.

 

4. Segmen Psikografis

Tipe segmen psikografis mengelompokkan setiap target pasar berdasarkan gaya hidup, pandangan politik, nilai-nilai pribadi, aspirasi, dan juga karakter psikologis. Tipe ini cukup sulit ditemukan untuk proses segmentasi. Jika berhasil menemukan tipe ini dalam suatu target pasar, segmen psikografis bisa memberikan keuntungan yang cukup besar untuk usaha.

 

5. Segmen Firmografi

Segmen firmografis membagi target pasar pada kategori atribut perusahaan yang sama. Faktor yang dapat mempengaruhi segmen ini adalah status, ukuran perusahaan, industri, lokasi, hingga jumlah pekerja.

 

Adanya segmentasi pasar membantu setiap perusahaan untuk mengelola dan mengatur layanan, produk, atau pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan spesifik tiap pelanggan. Tanpa adanya segmentasi untuk target pasar, perusahaan akan dibutakan terhadap cara pemasaran yang paling tepat. Perusahaan akan menetapkan satu cara untuk seluruh target pasar yang mana ini akan merugikan perusahaan itu sendiri. Hal ini karena strategi tidak sesuai dengan target pasar yang tersegmen.

 

Perusahaan bisa membuang terlalu banyak dana untuk membuat iklan atau strategi penjualan yang berakhir tidak efektif untuk mereka. Jadi penting sekali adanya segmentasi untuk target pasar agar proses usaha menjadi lebih lancar terutama untuk pemasaran, pelayanan pelanggan, hingga strategi penjualan untuk meningkatkan pendapatan.

 

Proses segmentasi untuk pasar juga akan membantu perusahaan untuk mengetahui kebutuhan, prioritas, alasan membeli, dan pilihan pelanggan. Data tersebut akan sangat berguna untuk membuat strategi penjualan perusahaan di periode selanjutnya. Selain itu segmentasi terhadap pasar suatu perusahaan juga akan membantu perusahaan menyusun strategi pendekatan terhadap pelanggan dengan lebih tepat. pelanggan juga akan lebih nyaman berkomunikasi dengan usaha tanpa terganggu.

 

Secara tidak langsung, hal tersebut membuat pelayanan pelanggan dalam usaha lebih meningkat. Pelayanan pelanggan yang maksimal akan membantu meningkatkan kinerja usaha. Pelanggan menjadi lebih loyal dan usaha tidak akan kesulitan mendapatkan penghasilan dari peningkatan penjualan. Jadi pelayanan pelanggan yang meningkat juga secara otomatis mampu meningkatkan nilai usahamu. Agar proses segmentasi target pasarmu menjadi lebih mudah, kamu bisa menggunakan Kokatto. Dilengkapi dengan fitur analytic, kamu bisa membaca bagaimana pelanggan berinteraksi dengan usahamu. Yuk langsung coba Kokatto untuk usahamu sekarang!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved