Target Pasar adalah: Definisi dan Cara Menentukannya

3 Februari 2023 Target Pasar Adalah

Menentukan target pasar adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan untuk setiap usaha yang baru dimulai, apalagi jika usaha tersebut berskala kecil dan tidak memiliki dana lebih untuk menyewa jasa perencanaan target pasar. Kamu perlu mengelola sendiri target pasar untuk usahamu karena target pasar adalah salah satu hal penting untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan usahamu.

 

Dalam menentukan target pasar, kamu akan dihadapkan dengan berbagai kategori dan metode yang bisa kamu coba. Penentuan target pasar adalah salah satu cara untuk mendapatkan calon pembeli yang tertarik dengan produk atau layananmu. Jadi, prosesnya sangat penting dalam perencanaan usaha dan memerlukan riset yang mendalam untuk dilakukan.

 

Pengertian Target Pasar

Target pasar adalah beberapa grup orang yang secara spesifik bisa kamu jangkau dengan strategi pemasaranmu. Grup yang berisi orang-orang tersebut berisi dengan kategori yang berbeda-beda seperti demografi dan juga sifat. Semua kategori memiliki kesamaan yaitu memerlukan produk atau layananmu dan bersedia membelinya.

 

Saat menentukan target pasar untuk usahamu, kamu perlu menentukan dengan jelas dan tepat. Semakin jelas siapa saja target pasar untuk usahamu, maka semakin mudah kamu menyusun strategi pemasaran untuk usaha dan layananmu. Karena target pasar merupakan sekelompok orang yang memang memerlukan produk atau layananmu, sehingga mereka tidak akan ragu untuk membelinya.

 

Kamu bisa mulai dengan membuat daftar yang luas terlebih dahulu untuk membuat target pasar. Siapapun yang menurutmu cocok dengan produk atau layananmu bisa kamu masukkan dalam kategori target pasar. Selanjutnya kamu bisa lebih fokus dengan membuat kategori yang lebih sederhana dan lebih terfokus pada kategori tertentu. Misalnya mulai dengan target pasar anak kuliahan. Selanjutnya kamu bisa fokuskan lagi target anak kuliahan tersebut dengan lebih spesifik seperti anak kuliahan yang tinggal di area Kota A.

 

Dengan target pasar yang lebih spesifik, kamu akan lebih mudah menyasar mereka dan membuat strategi pemasaran yang lebih baik. Cara tersebut lebih baik dibandingkan dengan meraba-raba ke semua jenis orang untuk menjual produkmu dan tidak mendapatkan hasil penjualan yang bagus. Jadi, kamu perlu benar-benar memikirkan tentang target pasar karena target pasar adalah penunjang hasil penjualan produk dan layananmu.

 

Baca Juga: Omni Channel Marketing, Ini Pengertian dan Contohnya

 

Cara Menentukan Target Pasar untuk Usaha

Memulai usaha memang perlu banyak perencanaan dan percobaan. Dengan semakin sering mencoba, kamu akan lebih paham bagaimana cara mengelola dan menjalankan usahamu dengan lebih tepat. Termasuk dengan cara menentukan target pasar untuk usaha.

 

Menentukan target pasar tidak hanya dilakukan di awal memulai usaha saja atau saat perencanaan usaha. Penentuan target pasar adalah hal yang perlu secara rutin diatur dan dikembangkan. Misalnya saat akan merilis produk baru atau saat usaha ingin naik level lagi. Semakin berkembang suatu usaha, maka target pasar akan semakin berkembang juga. Berikut ini adalah cara menentukan target pasar untuk usaha:

 

Mengumpulkan Data Pelanggan Saat Ini

Baik data pelanggan saat ini atau data perkiraan tentang target pasar yang kategorinya masih luas, kamu perlu mengumpulkan data tersebut sebelum membuat target pasar yang lebih akurat dan terfokus. Data tersebut adalah informasi penting yang bisa kamu kumpulkan dan pelajari untuk melihat siapa saja pelanggan dari usahamu. Jadi, data tersebut perlu diubah menjadi data yang lebih terorganisir agar bisa dipahami lebih lanjut.

 

Mulai dengan cara sederhana seperti apa yang dibeli para pelanggan, siapa yang mungkin membeli produk atau layananmu, siapa yang mungkin akan membelinya, dan seterusnya. Data tersebut akan sangat luas, tapi lebih baik mulai dari data yang ada daripada tidak sama sekali.

 

Pelajari Analitik Media Sosial

Selain data pelanggan, kamu juga perlu mengumpulkan data dari media sosial ataupun data dari penjualan secara online. Membaca analitik dari media sosial adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan karena kamu bisa mendapatkan informasi yang mungkin terlewat dan tolak ukur yang paling pas untuk menentukan target pasar usahamu.

 

Kamu bisa mempelajari demografis setiap orang yang melakukan transaksi secara online atau melihat siapa saja yang tertarik dengan iklan produkmu. Semuanya bisa kamu lihat dari analitik media sosial yang lengkap dan akurat. Selanjutnya data dan informasi tersebut bisa kamu olah dengan akurat dan menambah wawasan untuk target pasar usahamu.

 

Pahami Masalah yang Diatasi Usahamu

Setiap bisnis hadir untuk menyelesaikan masalah yang muncul di masyarakat. Kamu perlu memahami masalah apa yang diselesaikan oleh produk atau layananmu agar kamu bisa menentukan target pasar yang paling sesuai dengan usahamu. Karena target pasar adalah grup yang sudah memerlukan produk atau layananmu, kamu akan lebih mudah menentukannya saat kamu paham betul dengan apa masalah yang bisa kamu atasi.

 

Pelajari juga bagaimana kompetitor usahamu menyelesaikan masalah dengan usaha mereka. Misalnya seperti apa yang ditawarkan kepada para pelanggan dan apa saja yang mereka berikan saat menawarkan produk atau layanan mereka. Ini bisa menjadi informasi yang membantumu untuk memahami masalah yang diatasi oleh usahamu

 

Selanjutnya kamu hanya perlu memperjelas fungsi dan keunggulan dari produk serta layananmu. Kamu juga bisa menekankan pada apa yang berbeda dari usahamu dari kompetitor. Ini akan membuatmu menjadi lebih menonjol dibandingkan para kompetitor.

 

Baca Juga: Cara Dapat Verifikasi Whatsapp Centang Hijau

 

Tentukan Niche dari Usahamu

Setelah memahami produk dan layananmu, kamu bisa menentukan niche yang paling pas untuk usahamu. Proses menentukan target pasar adalah proses yang perlu ditinjau setiap saat. Jadi, setiap kamu mendapatkan informasi baru, kamu perlu meninjau ulang apakah target pasar yang kamu tuju masih sesuai atau tidak.

 

Menentukan niche akan membantu usahamu terus berlangsung asalkan kamu juga memperhatikan bahwa dalam niche tersebut ada cukup orang untuk mendukung bisnismu. Jika di dalam niche hanya ada sedikit orang, maka akan cukup sulit bagi usahamu untuk bertahan. Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu memverifikasi apakah grup dalam niche tersebut memiliki uang yang cukup untuk membayar produk atau layananmu. Kedua hal tersebut sangat penting karena target pasar adalah salah satu cara menentukan siapa saja yang mau membeli produk atau layananmu.

 

Gunakan Aplikasi untuk Meningkatkan Performa Pemasaran

Menggunakan aplikasi yang sudah memiliki fitur lengkap untuk membantu strategi pemasaranmu akan mempermudah prosesnya. Kamu bisa mendapatkan analitik lengkap dan akurat serta melakukan pemasaran dengan lebih mudah. Cara ini merupakan salah satu solusi yang membantu proses analisa pasar dan target pasar menjadi lebih cepat dan akurat.

 

Dikarenakan target pasar adalah poin penting dalam setiap usaha, pastikan kamu memilih aplikasi untuk membantumu melihat analitik yang akurat. Contohnya, adalah Kokatto yang dilengkapi dengan fitur Analytics agar kamu bisa mendapatkan informasi akurat dan lebih spesifik seputar kondisi bisnismu. Yuk, langsung saja coba Kokatto sekarang juga!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved