Strategi Pemasaran Produk untuk UMKM di Tahun 2023

3 Februari 2023 Strategi Pemasaran Produk

Mencari strategi pemasaran produk untuk usaha kecil dan menengah memang tidak lepas dari membaca tren yang sedang terjadi di sekeliling kita. Dengan membaca tren yang ada, tentunya akan sangat membantu setiap usaha beradaptasi dengan kejadian sekeliling dan menetapkan strategi pemasaran produk yang juga tepat.

 

Apalagi saat ini semakin banyak karakter pelanggan yang berbeda-beda. Tidak hanya itu saja, internet juga berpengaruh besar terhadap perubahan yang terjadi pada tren dan pasar. Kedua hal tersebut tidak bisa diabaikan karena saling berhubungan dan dapat membentuk strategi pemasaran yang tepat.

 

Di tahun 2023 ini, akan ada beberapa strategi pemasaran yang berubah dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Terutama karena pandemi sudah mencapai akhir dan PPKM sudah diangkat oleh pemerintah Indonesia. Jadi, akan ada beberapa strategi pemasaran yang sangat pas untuk digunakan oleh usaha kecil dan tentunya akan ada juga beberapa strategi dari tahun sebelumnya yang akan semakin kuat di tahun 2023.

 

Strategi Pemasaran Produk untuk UMKM Tahun 2023

Jika kamu sedang mencari strategi pemasaran produk yang paling pas untuk UMKM di tahun 2023 ini, kamu berada di artikel yang tepat. Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran produk yang akan sangat cocok untuk UMKM di tahun 2023:

 

Manfaatkan Facebook

Mungkin akan terdengar sedikit aneh karena saat ini media sosial yang naik daun adalah TikTok. Banyak perusahaan besar dan kecil juga menggunakan TikTok sebagai salah satu media sosial untuk pemasaran produknya. Padahal Facebook juga memiliki berbagai fitur yang sangat bermanfaat untuk UMKM. Terutama jika kamu ingin menyasar area lokal.

 

Facebook memiliki fitur penjualan yang fokus pada area lokal. Jadi, kamu bisa menghubungkan antara Facebook dan produk jualanmu agar bisa menjangkau area sekitar. Fitur lain yang bisa kamu manfaatkan adalah dengan menggunakan Facebook Ads. Fitur tersebut akan meningkatkan kualitas iklan yang kamu buat di beberapa platform milik Meta lainnya seperti Instagram dan Whatsapp.

 

Saat mengintegrasikan dengan Meta, kamu juga bisa mengakses ketiga platform sekaligus yaitu Facebook, Instagram, dan Whatsapp. Pemasangan iklan akan menjadi lebih mudah dan tentunya kamu bisa mengelola iklan dengan cepat. Jangan lupa juga untuk memasukkan Call to action di akhir untuk mengunjungi profil jualanmu.

 

Baca Juga: Mengenal Manajemen Data dan Penggunaannya dalam Bisnis

 

Fokuskan SEO pada Konten yang Relevan

SEO merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan. Bahkan SEO sudah menjadi salah satu strategi pemasaran produk yang juga sering digunakan. Di tahun 2023 ini, penggunaan SEO sebagai salah satu strategi pemasaran juga akan semakin naik. Hanya saja SEO tahun ini akan lebih difokuskan pada konten yang memang relevan. Meskipun SEO akan bersaing dengan adanya media sosial yang lebih mudah menyebar, tapi tidak bisa dihindari bahwa masyarakat juga memerlukan konten relevan yang lengkap.

 

Memanfaatkan SEO untuk membuat konten yang relevan dengan produk dan layananmu. Sebagian besar konten SEO dengan tema edukasi juga akan semakin meningkat karena semakin banyak masyarakat yang peduli dengan edukasi itu sendiri. Hindari membuat konten clickbait yang justru akan merusak citra usaha yang kamu bangun.

 

Pastikan juga kamu telah menemukan niche yang tepat untuk usahamu. SEO akan sangat bergantung pada niche yang dipilih. Pelajari niche yang paling tepat dengan produk dan layananmu dan fokuskan pada niche tersebut. Selain itu pilih jenis konten sederhana yang mudah dicerna oleh audiens. Ini akan membantu para pembaca dengan mudah menemukan website atau kontenmu dan mencernanya dengan baik.

 

Video dan Live Stream

Konten dalam bentuk video akan menjadi semakin naik dan diminati oleh lebih banyak orang. Manfaatkan peluang ini untuk meningkatkan kualitas pemasaran video untuk usaha dan juga meningkatkan penjualan. Semakin banyak konten video yang kamu buat, maka akan semakin menarik perhatian masyarakat juga.

 

Dengan semakin tingginya pengguna media sosial, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan kualitas konten videomu. Jika memungkinkan, kamu bisa menyewa tim yang khusus untuk memproduksi konten video untuk produk dan layananmu. Konten video profesional akan menghasilkan performa pemasaran yang juga semakin meningkat.

 

Memanfaatkan live streaming sebagai salah satu metode pemasaran juga merupakan strategi pemasaran produk yang perlu diikuti di tahun 2023. Semakin banyak media sosial yang memiliki fitur live streaming akan memudahkan strategi pemasaran ini di tahun 2023. Mengkombinasikan live streaming dan live shopping juga merupakan strategi tepat agar kamu bisa menarik perhatian calon pembeli. Pastikan kamu menunjukkan produk dengan jelas selama live streaming dan memandu para pembeli yang melakukan live shopping.

 

Manfaatkan Pemasaran yang Menghibur

Pengguna media sosial yang semakin tinggi juga menjadi salah satu faktor tingginya penjualan lewat media sosial. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuat strategi pemasaran produk yang menghibur. Misalnya dengan menggunakan games, kuis, dan konten menghibur lainnya. Selain dapat menarik perhatian para audiens, strategi pemasaran yang menghibur juga bisa meningkatkan jumlah pengikut akun media sosial usahamu.

 

Membuat konten menghibur tidak harus mengikuti tren hiburan yang ada. Kamu bisa tetap bertahan dengan citra media sosial usahamu dan tetap menggunakan hiburan. Misalnya dengan bermain tebak-tebakan, kuis, polling, dan sebagainya. Membuat filter atau stiker lucu yang khas dengan produk atau layananmu juga akan menjadi salah satu cara menyenangkan untuk dijadikan strategi pemasaran.

 

Strategi pemasaran yang menghibur juga bisa memanfaatkan video menarik dalam jangka waktu pendek. Terlebih lagi, media sosial sudah dilengkapi dengan fitur template yang bisa kamu gunakan dengan cepat untuk membuat konten video dengan mudah.

 

Baca Juga: Seberapa Penting Promosi Online Offline Pada Bisnis?

Konten Kreator

Influencer dan konten kreator merupakan salah satu bagian dari pemasaran yang juga akan semakin naik di tahun 2023. Memilih konten kreator yang tepat dan influencer yang sesuai dengan usahamu akan membantu proses strategi penjualan produk dan layanan. Ini karena mereka terkait dengan media sosial tertentu dan mampu mengajak audiens untuk membeli produk atau layanan yang dipromosikan.

 

Perlu dipahami bahwa ada berbagai jenis influencer dan konten kreator yang bisa kamu pilih. Ada yang fokus di edukasi, fokus pada percobaan produk, fokus pada review, dan berbagai macam lainnya. Kamu hanya perlu menentukan mana influencer dan konten kreator yang tepat untuk kebutuhan strategi pemasaran produk dan layananmu.

 

Tren strategi pemasaran produk tahun 2023 di atas bisa kamu lakukan dengan dana terbatas atau bahkan dana yang maksimal. Tergantung dari skala usahamu dan tentunya bagaimana kamu mengatur strategi tersebut. Untuk menemukan strategi yang tepat kamu memang perlu banyak mencoba strategi saat berjualan. Kamu juga bisa membuat sistem pemasaran yang terotomasi seperti menggunakan Kokatto. Dengan adanya fitur Broadcast, kamu bisa mempromosikan produk dan layananmu ke seluruh pelanggan dengan mudah dan cepat. Yuk langsung saja cobain Kokatto sekarang!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved