Bagaimana Caranya Membuat Chatbot? Ini Dia Jawabannya!

3 Februari 2023 Bagaimana Caranya Membuat Chatbot

Penasaran dengan bagaimana caranya membuat chatbot dan manfaat menghadirkan fitur ini ke dalam bisnismu? Chatbot adalah fitur yang saat ini banyak digunakan oleh bisnis-bisnis dan perusahaan untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan yang lebih baik. Kalau kamu pun berencana demikian, ini merupakan langkah baik untuk bisnismu lho!

 

Mendirikan bisnis bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk menjalankannya sendiri. Pebisnis independen yang usahanya makin berkembang setidaknya pasti menemui permasalah yang sama, yaitu kurangnya sumber daya manusia. Bisnis mampu berkembang, tapi kamu kewalahan untuk menghadirkan fungsi kerja lain karena beberapa faktor, seperti biaya dan waktu.

 

Misalnya, untuk merekrut tenaga kerja customer service, pasti perlu proses dan kesesuaian dalam mencari orang yang tepat. Belum lagi ada perhitungan biaya dan usaha untuk pelatihan. Customer service manual pun tidak bisa melayani selama 24 jam karena mengikuti jam operasional kerja.

 

Nah, salah satu cara efisien yang bisa kamu lakukan untuk mengisi kekurangan customer service tersebut adalah dengan membuat chatbot yang dapat bekerja secara real time untuk menangani pertanyaan dan keluhan dari pelanggan.

 

Lantas, bagaimana caranya membuat chatbot? Kalau kamu ingin tahu bagaimana caranya membuat chatbot, yuk simak informasi mengenai bagaimana caranya membuat chatbot secara lengkap beserta dengan manfaat chatbot bagi bisnis di dalam artikel ini!

 

Memahami Apa itu Chatbot

Tentu saja sebelum kamu mengetahui bagaimana caranya membuat chatbot, ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu chatbot yuk!

 

Pada dasarnya, chatbot adalah sebuah program yang mampu membuat simulasi dialog chatting mirip di kehidupan nyata sehingga pengguna dapat melakukan interaksi chat layaknya sedang chatting dengan manusia. Dengan fiturnya tersebut, chatbot merupakan tools wajib yang kamu hadirkan ke dalam bisnis kalau kamu ingin komunikasi dengan pelanggan tidak putus, 

Yap, chatbot sangat berguna bagi bisnis-bisnis yang sedang memiliki tujuan untuk menghadirkan interaksi yang konsisten dengan pelanggan. 

 

Di mana chatbot ini digunakan? Chatbot biasanya dipasang di situs web atau platform-platform chatting yang digunakan untuk melayani pertanyaan pelanggan. Kalau kamu pernah menemui kolom chat yang tiba-tiba muncul ketika membuka suatu laman web, nah itu adalah salah satu bentuk dari chatbot. Kamu bisa mengetikkan pertanyaan dan mendapatkan jawaban secara langsung darinya.

 

Jenis Chatbot yang Perlu Kamu Ketahui

Berdasarkan pembuatannya, chatbot dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu chatbot yang berbasis aturan/logika dan chatbot berbasis artificial intelligence. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing jenis chatbot.

 

Chatbot Berbasis Aturan/Logika

Bagaimana caranya membuat chatbot jenis ini? Chatbot ini dibuat dengan menggunakan logika atau formula if/else yang mampu menjawab pertanyaan berdasarkan skenario yang sudah dibuat berdasarkan kebutuhan. 

 

Nah, interaksi ini juga didasari dengan penggunaan kata kunci atau keyword. Jadi, ketika pelanggan mengetikkan kata kunci tertentu yang sudah kamu atur, tanggapan pun dapat diberikan sesuai dengannya.

 

Kelebihan dari chatbot jenis ini adalah mudah untuk dibuat, biaya pembuatan yang terjangkau, dan cocok untuk penyelesaian tugas-tugas yang simple, misalnya menjawab pertanyaan pelanggan. Untuk kekurangannya, chatbot berbasis aturan memerlukan perbaikan yang harus dilakukan secara manual pula dan tidak mampu menjawab pertanyaan yang belum diatur sebelumnya.

 

Chatbot Berbasis Artificial Intelligence

Chatbot jenis ini merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk dapat menangani permasalahan yang lebih kompleks. AI memang teknologi yang lebih canggih bisa dibuat untuk mengenali suara, memproses bahasa manusia, hingga membaca dan menganalisis teks.

 

Oleh karena itu, biaya pengembangan chatbot jenis ini memakan angka yang lebih tinggi. Selain itu, pembuatan akan lebih kompleks dan memakan waktu yang lebih lama. 

 

Nah, untuk tahu jenis chatbot yang pas, kamu perlu mengetahui yang kamu butuhkan untuk bisnismu. Chatbot berbasis aturan dapat kamu gunakan untuk dapat menjawab pertanyaan dari pelanggan yang sederhana. Sedangkan, di sisi lain chatbot AI memang dapat menyelesaikan permasalahan kompleks, tapi memerlukan pengembangan yang lama dan biaya yang tinggi.

 

Dari situ, barulah kamu dapat ketahui lebih lanjut bagaimana caranya membuat chatbot berdasarkan jenisnya.

 

Baca Juga: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Artificial Intelligence

 

Beberapa Manfaat Chatbot Bagi Bisnis

Sebelum ketahui bagaimana caranya membuat chatbot, simak dulu yuk beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menghadirkan chatbot ke dalam bisnismu!

 

Komunikasi yang Dapat Dipersonalisasi

Kamu dapat mengatur tanggapan sendiri yang dibuat berdasarkan pertanyaan yang akan dilontarkan oleh pelanggan melalui chatbot. Dengan kata lain, kamu dapat membuat tanggapan yang dipersonalisasi sendiri seolah-olah pelanggan sedang melakukan komunikasi langsung denganmu. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan lho!

 

Efisiensi Biaya dan Usaha

Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk merekrut tenaga kerja pendukung memerlukan biaya, waktu, dan usaha tersendiri. Meski membuat chatbot juga memerlukanmu untuk mengeluarkan biaya tertentu, tapi penerapannya dalam bisnis dapat menghemat biaya dan waktu bisnis hingga waktu yang mendatang.

 

Hadir Selama 24 Jam

Yap, tidak dapat dipungkiri, manusia perlu bantuan teknologi untuk dapat menyelesaikan pekerjaan lebih efektif. Salah satu contohnya adalah untuk menjawab pertanyaan pelanggan yang diterima di luar jam kerja. Dengan adanya chatbot, pertanyaan dan keluhan pelanggan dapat dijawab secara real time tanpa perlu ikut campur tanganmu!

 

Baca Juga: Chatbot Bisa Membuat Bisnis Lebih Sukses? Ini Alasannya!

 

Menarik, bukan? Karena manfaat-manfaat di atas, kamu perlu tahu bagaimana caranya membuat chatbot! Yuk, lanjutkan ke bagian selanjutnya untuk tahu bagaimana caranya membuat chatbot!

 

Ini Dia 3 Langkah Bagaimana Caranya Membuat Chatbot untuk Bisnismu!

Kalau kamu masih ragu untuk mengembangkan chatbot ke dalam bisnis, berikut adalah tiga langkah sederhana mengenai bagaimana caranya membuat chatbot.

 

Menentukan Tujuan Chatbot

Sebagai langkah yang pertama dalam bagaimana caranya membuat chatbot, kamu perlu tahu terlebih dahulu tujuan dari adanya chatbot. Apakah untuk menjawab pertanyaan pelanggan saja? Memberikan rekomendasi kepada pelanggan? Menampung kritik dan saran? Nah, penentuan tujuan akan membantumu pengembangan fitur pada chatbot-mu.

 

Menentukan Peletakkan Chatbot

Langkah kedua dalam bagaimana caranya membuat chatbot yaitu mengetahui di mana chatbot akan diletakkan. Agar mudah mengidentifikasinya, carilah saluran komunikasi dan interaksi dengan pelanggan yang paling sering kamu gunakan, sebagai contoh di media sosial, WhatsApp, atau situs web bisnismu.

 

Memilih Platform Pembuatan Chatbot

Yap, membuat chatbot dapat kamu lakukan dengan menggunakan platform pihak ketiga yang menyediakan pembuatannya. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, banyak bisnis yang menggunakan platform untuk menghadirkan chatbot ke dalam bisnis mereka. Kalau kamu memutuskan demikian, pastikan bahwa platform tersebut dapat memenuhi tujuan yang diinginkan melalui adanya chatbot ya!

 

Demikian pembahasan singkat mengenai bagaimana caranya membuat chatbot! Adanya chatbot dalam bisnis dapat membuat komunikasi dan interaksi dengan pelanggan selalu terhubung sekaligus meningkatkan kepuasan mereka.

 

Kalau kamu ingin mencari platform untuk membuat chatbot, gunakan aja Kokatto! Kokatto dapat membantumu membuat chatbot yang dapat melayani pertanyaan pelanggan selama 24 jam. Penasaran? Kamu bisa coba terlebih dahulu lho dengan dapatkan free trial dan demo dari Kokatto!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved