Artificial Intelligence adalah: Arti dan Manfaat Bagi Bisnis

3 Februari 2023 Artificial Intelligence Adalah

Artificial Intelligence adalah: Arti dan Manfaat Bagi Bisnis

Artificial intelligence adalah sebuah teknologi yang mampu membuat pekerjaan manusia menjadi lebih gampang. Dalam sektor bisnis misalnya, inovasi ini belakangan jadi tren dan dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan untuk membantu beberapa fungsi pekerjaan yang tadinya dikerjakan secara manual menjadi otomatis.

 

Memang, ada banyak pro dan kontra terkait teknologi ini akan hal tersebut. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa adanya artificial intelligence mampu mempermudah perkembangan dan jalannya bisnis karena nilai efisiensi yang ditawarkannya.

 

Nah, apakah kamu tertarik untuk menggunakan artificial intelligence ke dalam bisnismu? Kira-kira apa saja manfaat artificial intelligence bagi bisnis? Yuk, simak serba-serbi informasi tentang artificial intelligence di dalam artikel ini!

 

Pengertian Artificial Intelligence

Sebagai pemilik bisnis yang membuka usaha sendiri di era saat ini di mana teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, membawa fungsi artificial intelligence adalah hal yang sangat mungkin bisa kamu pertimbangkan lho.

 

Namun, sebelum masuk pada pembahasan mengapa artificial intelligence adalah penting untuk bisnis zaman sekarang, ketahui terlebih dahulu yuk tentang asal-usul teknologi ini!

 

Artificial intelligence adalah pada dasarnya istilah untuk cabang ilmu komputer yang hubungannya erat dengan pembuatan kecerdasan buatan yang dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang memerlukan kecerdasan manusia. Hal ini yang membuat artificial intelligence adalah istilah yang dikaitkan dengan sebutan mesin pintar atau mesin cerdas.

 

Kalau kamu suka menonton film, pasti sudah tidak terdengar asing dengan teknologi ini. Yap, banyak film yang mengangkat dan menyisipkan teknologi artificial intelligence lho. Beberapa film yang mungkin kamu kenali adalah “The Matrix”, “Terminator”, dan “Her”. Film-film tersebut mampu menunjukkan bahwa artificial intelligence dapat menggantikan hal-hal yang  dilakukan manusia.

Namun, jauh sebelum itu, ternyata ide tentang artificial intelligence adalah ide yang berawal dari hadirnya Atanasoff Berry Computer pada tahun 1940. Dari situlah, ilmuwan kemudian mengembangkan konsep ide otak elektronik yang kemudian terus dikembangkan menjadi artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang kita kenali saat ini.

 

Hingga sampai sekarang ini, artificial intelligence adalah teknologi yang terus dikembangkan untuk dapat menghadirkan sistem yang mampu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya rumit dan kompleks dengan hasil yang tepat dan akurat dalam waktu yang singkat.

 

Di dalam dunia bisnis sendiri, saat ini kebanyakan operasional dapat diatur secara online dengan adanya bantuan teknologi. Artificial intelligence adalah termasuknya, yaitu salah satu teknologi yang membantu jalan dan berkembangnya bisnis. Sudah tidak asing lagi lho kalau ada bisnis atau perusahaan-perusahaan yang menggunakan teknologi ini.

 

Pasalnya, terdapat beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh pemilik bisnis ketika menghadirkan teknologi ini ke dalam bisnisnya. Penasaran apa saja? Yuk, lanjutkan ke bagian selanjutnya!

 

Penting Bagi Pebisnis, Manfaat Artificial Intelligence

Kalau membawa teknologi artificial intelligence adalah hal yang kamu rencanakan dalam beberapa waktu ke depan, tapi kamu masih bingung untuk menerapkannya ke dalam fungsi pekerjaan yang mana, simak aja beberapa manfaat teknologi ini yang sudah sebelumnya diterapkan oleh bisnis-bisnis pada umumnya!

 

Analisis Data

Manfaat yang umumnya dapat diambil dari artificial intelligence adalah penggunaannya untuk membantu pebisnis menganalisis berbagai jenis data yang ada. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, artificial intelligence adalah sistem cerdas yang bekerja menggunakan algoritma yang saling berhubungan dengan satu dan lainnya.

 

Sebagai contoh sederhana, ketika kamu mencari informasi di Google dan memasukkan kata kunci tertentu di dalamnya, maka sistem artificial intelligence akan secara otomatis mengumpulkan semua data yang berhubungan dengan pencarian tersebut dan kemudian akan menganalisisnya.

 

Hal ini dimanfaatkan oleh platform-platform media sosial yang menawarkan fitur ads di dalamnya, seperti Instagram, TikTok, atau Facebook. Kalau kamu perhatikan sekarang, ketika kamu mencari atau melihat informasi tertentu di dalam media sosial tersebut, maka iklan terkait akan muncul.

 

Misalnya, kamu mencari akun-akun yang menjual skincare. Lalu, beberapa saat kemudian, iklan yang muncul di profil mu adalah postingan terkait skincare. Adanya teknologi ini tentu menguntungkan bisnis karena kamu dapat menargetkan kalangan tertentu yang sesuai dengan kriteria target pasar bisnismu.

 

User Experience atau Pengalaman Pelanggan

Kamu juga dapat meningkatkan experience pelanggan dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence lho. Artificial intelligence adalah sistem yang bekerja erat dengan penggunaan big data, seperti yang sudah dijelaskan pada manfaat poin nomor satu. Nah, pemanfaatan kedua teknologi tersebut mampu kamu gunakan untuk peningkatan kepuasan pelanggan sekaligus penjualan.

 

Contohnya dapat kamu lihat dari aplikasi- aplikasi yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan retail untuk pelanggannya. Aplikasi tersebut sering dapat dijumpai memiliki program loyalitas pelanggan yang mengharuskan pelanggan memasukkan data pribadi tertentu. Dari situ, sistem AI dapat diolah menjadi informasi untuk bisnis tersebut sendiri.

 

Informasi tersebut kemudian dapat diolah lebih lanjut untuk memberikan reward-reward, rekomendasi produk, hingga promo  yang tepat berdasarkan pelanggan. Data tersebut juga dapat digunakan untuk menciptakan fitur-fitur interaktif, seperti chatbot untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

Baca Juga: Pentingnya Fitur Chat Bot dalam Pengelolaan Bisnis

 

Pencarian Kata Kunci atau Keyword

Artificial intelligence adalah sistem yang juga dapat membantu pelanggan atau calon pelanggan ketika mencari kata kunci tertentu. Sistem AI mampu membuat rekomendasi kata kunci serupa yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Hal ini tentu dapat membantu mereka untuk mencari barang atau jasa yang diinginkan. 

 

Misalnya, ketika kamu memasukkan kata kunci snack import ke dalam mesin pencari, kamu bisa menemukan beberapa kata kunci lainnya di bawah. Jadi, adanya teknologi ini mampu membantu calon pelanggan dalam pengambilan keputusan.

 

Dari segi bisnis, kamu dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk mengetahui minat dan kesukaan target pasar dan hal tersebut bisa jadi potensi peluang bisnis selanjutnya.

 

Marketing

Pemanfaatan lainnya dari artificial intelligence adalah dalam segi pelaksanaan pemasaran bisnis. Sistem AI dapat berfungsi sebagai instrumen untuk mengeksekusi strategi bisnis yang sudah kamu rencanakan. Penggunaan ini juga sering dilakukan oleh banyak bisnis zaman sekarang ini lho.

 

Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan teknologi AI untuk mendapatkan demografi target pasar kemudian mengelompokkan pelanggan berdasarkannya. Kemudian, informasi tersebut dapat memungkinkanmu untuk memberikan promo yang sesuai dengan minat mereka. Selain itu, kamu bisa menggunakannya untuk menargetkan iklan online juga.

 

Baca Juga: Marketing Plan Adalah: Arti, Isi, dan Cara Membuatnya

 

Pelayanan Pelanggan

Hal yang dapat dimanfaatkan dari artificial intelligence adalah pemberian pelayanan kepada pelanggan, misalnya customer service selama 24 jam melalui teknologi chatbot yang dapat membalas pesan pelanggan secara otomatis. 

 

Yap, melalui pemanfaatan AI kamu dapat menghadirkan pelayanan pelanggan secara real time. Sehingga pelanggan pun dapat merasa puas karena terbantu dengan fitur ini yang dapat mampu menjawab pertanyaan mereka dalam waktu yang singkat dan kapan pun.

 

Itulah beberapa manfaat dari AI yang bisa kamu terapkan ke dalam bisnismu! Pada dasarnya, adanya teknologi ini dapat membantu jalan dan berkembangnya bisnis menjadi lebih efisien. Sehingga, bisnis pun dapat bertahan di ketatnya persaingan bisnis saat ini.

 

Nah, kalau kamu tertarik menggunakan AI dalam bentuk chatbot yang mampu membalas pesan pelanggan secara real time, kamu bisa gunakan platform Kokatto! Chatbot dapat membantumu pula untuk mengirimkan pesan follow up secara otomatis kepada pelanggan. Yuk, tingkatkan hubungan dan komunikasi dengan pelanggan bersama Kokatto!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved