Ini Dia 3 Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus!

3 Februari 2023 Cara Mengembalikan Chat Wa Yang Terhapus

Chat WA bisa hilang sendirinya tanpa kita ketahui penyebabnya. Mungkin karena kita tidak tahu apa yang kita tidak sengaja lakukan. Nah, kamu tidak perlu panik terlebih dahulu kalau hal ini menimpamu sewaktu-waktu karena ada cara mengembalikan chat WA yang terhapus kok.

 

Penyebab Chat WhatsApp Hilang Sendiri

 

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum chat WA bisa hilang.

 

Adanya Pembaharuan Sistem WhatsApp

Hal yang harus kamu pahami terlebih dahulu adalah fakta bahwa WhatsApp pada dasarnya merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh manusia. Tentu, dari waktu ke waktu akan ada pembaruan atau update yang dilakukan oleh developer ke dalam aplikasi tersebut. Entah itu untuk mengatasi bug di WhatsApp, adanya fitur baru, atau misalnya ada maintenance yang dilakukan oleh pihak WhatsApp. 

 

Nah, kadang kali setelah proses update sudah selesai dilakukan, sangat memungkinkan bisa terjadinya bug pada aplikasi WhatsApp. Bug inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab chat WhatsApp hilang.

 

Nomor Handphone Sudah Tidak Bisa Terbaca

Penyebab lainnya adalah nomor WhatsApp yang kamu gunakan bisa jadi sudah lama, sehingga perlu di-update menggunakan kartu SIM yang baru. Hal ini karena fitur yang terdapat pada nomor tersebut belum compatible dengan WhatsApp versi terbaru.

 

Baca Juga: Manfaat & Cara Dapat Verifikasi WhatsApp Centang Hijau

 

Memori Penuh

Hal selanjutnya yang mengharuskan kamu tahu cara mengembalikan chat WA yang terhapus adalah kemungkinan ruang penyimpanan atau memori pada handphone-mu sudah penuh. Hal ini bisa menyebabkan sistem operasi handphone-mu akan memintamu untuk menghapus beberapa file yang sudah lama. 

 

Chat WhatsApp dan lampiran media seperti foto dan video yang kamu terima di dalam WhatsApp memang sangat memakan ruang penyimpanan handphone. Bisa saja saat kamu memilih file-file yang ingin dihapus, kamu juga memilih untuk menghapus isi chat di WhatsApp juga.

 

Chat WhatsApp Tidak Ter-back up

Penyebab lain mengapa chat WA bisa hilang adalah kamu tidak melakukan back up semua chat milikmu. Biasanya, pada periode tertentu sistem WhatsApp akan secara otomatis menawarkanmu pilihan untuk melakukan back up chat. 

 

Nah, ada baiknya kalau kamu melakukan salah satu cara mengembalikan chat WA yang terhapus ini. Apakah kamu sudah pernah menemui opsi ini tapi belum pernah mencobanya? 

 

Salah satu cara mengembalikan chat WA yang terhapus ini bisa dibilang ampuh dalam mencegah hilangnya chat WA yang secara tiba-tiba lho.

 

Selain back up, sebenarnya ada cara mengembalikan chat WA yang terhapus lainnya. Penasaran dengan cara-cara tersebut? Yuk, lanjutkan ke bagian selanjutnya!

 

Ini Dia 3 Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus, Mudah lho!

Sebelum kamu melakukan cara mengembalikan chat WA yang terhapus di bawah ini, sebaiknya kamu juga mengetahui bagaimana cara melakukan pencadangan atau back up terlebih dahulu. Nah, langkah-langkah yang dapat kamu ikuti adalah sebagai berikut.

 

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih “Opsi lainnya”.
  • Pilih “Setelan”.
  • Pilih “Chat”.
  • Pilih “Cadangan Chat”.
  • Pilih akun Google yang kamu tunjuk sebagai tempat pencadangan chat WhatsApp. Terdapat opsi lainnya untuk menyimpan file back up chat tersebut di handphone-mu.
  • Pilih “Cadangkan”.

Tunggu hingga proses pencadangan selesai. Setelah selesai, kamu baru bisa menghapus chat-chat WhatsApp jika ingin mengosongkan ruang penyimpanan HP-mu.

 

Lantas, apa saja cara mengembalikan chat WA yang terhapus yang tersedia? Di bawah ini terdapat tiga cara mengembalikan chat WA yang terhapus yang bisa kamu coba!

 

Baca Juga: 4 Cara Mengaktifkan Dual WhatsApp Mudah, dan Tak Terbatas

 

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus di Google Drive

Untuk dapat melakukan penyimpanan chat WA-mu di Google Drive, kamu bisa terlebih dahulu mengaktifkan fitur back up otomatis dan memilih seberapa sering back up tersebut akan dilakukan, misalnya harian, mingguan, atau bahkan bulanan. 

 

Biar back up tersebut berhasil dilakukan, ada baiknya kamu gunakan nomor telepon dan akun Google yang sama dengan nomor dan akun Google yang dipakai untuk melakukan back up tersebut.

 

Berikut ini adalah cara mengembalikan chat WA yang terhapus via Google Drive:

 

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilh “Pulihkan” pada saat kamu diminta untuk memulihkan chat dan lampiran media yang sudah di-back up di Google Drive.
  • Tunggu hingga proses pemulihan selesai.
  • Pilih “Lanjut”.
  • Chat dan lampiran media akan muncul  secara otomatis.

 

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Melalui Cadangan Lokal

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selain opsi penyimpanan di Google Drive, kamu bisa menyimpan file back up chat-mu di cadangan lokal pada handphone. Nah, kalau kamu memilih cara ini, kamu perlu melakukan transfer file melalui komputer, SD card, atau file explorer.

 

Berikut adalah cara mengembalikan chat WA yang terhapus via cadangan lokal:

 

  • Download aplikasi file manager yang kompatibel dengan handphone-mu.
  • Buka aplikasi file manager tersebut.
  • Cari penyimpanan lokalmu atau SD card dalam aplikasi tersebut.
  • Cari folder WhatsApp, lalu pilih folder “Database”.
  • Kalau kamu tidak menyimpannya di SD card, kamu bisa menemukannya di penyimpanan internal atau utama. 
  • Salin file cadangan yang kamu buat ke folder Database penyimpanan lokal handphone yang kamu gunakan.
  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih “Pulihkan”.

 

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Melalui Cadangan yang Lebih Lama

Kamu juga bisa mengembalikan file back up yang telah kamu buat sebelumnya (bukan file back up yang terbaru). Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Download aplikasi file manager.
  • Cari penyimpanan lokalmu atau SD card dalam aplikasi tersebut.
  • Cari folder WhatsApp, lalu pilih folder “Database”.
  • Kalau kamu tidak menyimpannya di SD card, kamu bisa menemukannya di penyimpanan internal atau utama. 
  • Ubah nama file cadangan dari “msgstore-YYYY-MM-DD…..crypt12” menjadi “msgstore.db.crypt12”. Perlu dicatat untuk tidak mengubah nomor ekstensi crypt tersebut ya.
  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih “Pulihkan”.

 

Itulah ketiga cara mengembalikan chat WA yang terhapus yang bisa kamu coba! Mudah, bukan? Semoga ketiga cara di atas dapat membantumu memulihkan file chat yang hilang ya. 

 

Kalau kamu ingin memiliki akun WhatsApp bisnis, daftarkan aja melalui Kokatto! Kamu hanya perlu mencantumkan nama bisnis dan nomor telepon yang digunakan, selanjutnya tim Kokatto akan memproses pembuatan akun WhatsApp Business API! Yuk, pakai Kokatto sekarang!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved