Penting Buat Bisnis, Ini Cara Centang Hijau di WA!

3 Februari 2023 Cara Centang Hijau Di Wa

Apakah kamu sudah tahu cara centang hijau di WA? Centang hijau di WhatsApp menandakan bahwa akun WhatsApp yang kamu punya adalah akun yang terverifikasi oleh WhatsApp secara resmi lho.

 

Cara centang hijau di WA akun bisnismu sebenarnya cukup mudah dan sederhana untuk diikuti lho. Ada beberapa syarat dan cara yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan cap resmi ini dari WhatsApp. Yuk, langsung aja baca artikel di bawah ini untuk ketahui lebih dalam mengenai akun centang hijau WhatsApp, cara centang hijau di WA, langkah dan persyaratannya!

 

Mengenal Arti Centang Hijau di WhatsApp

Sebelum kamu tahu bagaimana cara centang hijau di WA, tentu aja kamu perlu ketahui apa makna dari centang hijau tersebut.

 

WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya memiliki lencana atau certified badge yang menandakan bahwa akun pengguna tersebut sudah terverifikasi dan secara resmi diakui oleh WhatsApp. Fitur inilah yang sering kita ketahui sebagai centang hijau yang terletak di sebelah nama sebuah akun.

 

Biasanya akun yang memiliki centang hijau ini adalah akun-akun bisnis. Hal ini memang karena tanda tersebut dapat membantu akun-akun bisnis agar lebih kredibel yang nantinya diharapkan pelanggan makin percaya terhadap bisnis yang dijalankan. Tentu kalau kamu berada di sudut pandang pelanggan, kamu lebih percaya terhadap akun yang punya verifikasi resmi bukan?

 

Nah, centang hijau ini juga memungkinkan nama bisnismu selalu muncul meskipun pelanggan atau kontak yang menerima pesan darimu tidak memiliki atau menyimpan nomor WhatsApp bisnismu lho. Jadi, dengan adanya tanda ini, pelanggan jadi bisa langsung tahu nama bisnis yang kamu miliki. Hal tersebut yang membuat mengapa kamu sebagai pebisnis perlu tahu cara centang hijau di WA!

 

Langkah dan Tata Cara Centang Hijau di WA, Mudah Dilakukan lho!

Buat kamu yang masih bingung tentang bagaimana cara centang hijau di WA, tidak usah khawatir! Kamu hanya perlu ikuti tata caranya dengan mudah di bawah ini!

 

Mempersiapkan Akun WhatsApp API

Yap, yang membedakan akun centang hijau dengan akun biasa adalah kamu harus menggunakan akun WhatsApp Business API. Fitur ini pada dasarnya memungkinkan pemilik bisnis agar lebih mudah melakukan komunikasi dengan pelanggan. 

 

Sebagai cara centang hijau di WA yang pertama, kamu cukup siapkan nomor beserta nama bisnis yang akan digunakan pada WhatsApp Business API. Pastikan kedua informasi tersebut benar dan akurat karena kamu tidak dapat menggantinya lagi setelah selesai diserahkan.

 

Terdapat pula beberapa dokumen yang dibutuhkan pada cara centang hijau di WA ini, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP), rekening koran, dan lain sebagainya.

 

Mendaftarkan Nomor Bisnis ke Platform Business Solution Providers (BSP)

Nah, hal yang perlu kamu ketahui dalam cara centang hijau di WA adalah kamu memerlukan pihak ketiga untuk dapat mendaftarkan nomor bisnismu sebagai WhatsApp Business API. Salah satu platform yang dapat kamu gunakan adalah seperti Kokatto! Kamu cukup mendaftarkan nomor, lalu tim Kokatto akan memprosesnya lebih lanjut.

 

Melakukan Verifikasi Facebook Business Manager

Selanjutnya langkah yang perlu kamu lakukan juga adalah memproses verifikasi akun Facebook Business Manager. Kalau belum pernah membuatnya, kamu bisa melakukan registrasi terlebih dahulu di sana. 

 

Dalam proses verifikasi ini, diperlukan beberapa dokumen. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

 

  • Nama bisnis
  • Link situs web bisnis (jika ada)
  • Jenis industri bisnis
  • Lokasi operasional bisnis
  • ID Facebook Business Manager

 

Menunggu Pengajuan Diverifikasi oleh WhatsApp

Kalau langkah-langkah sebelumnya sudah kamu lakukan, kamu hanya perlu menunggu proses verifikasi pengajuan centang hijau tersebut sampai selesai. Proses ini biasanya berlangsung selama 1 hingga 2 hari kerja. Tapi, tidak menutup kemungkinan pula membutuhkan waktu lebih misalnya seminggu karena beberapa kemungkinan faktor.

 

Namun, kalau proses verifikasimu disetujui, akun WhatsApp bisnis yang kamu miliki akan memiliki tanda centang hijau secara otomatis deh!

 

Tips Agar Proses Verifikasi Centang Hijau WhatsApp Berhasil

Tidak dapat dipungkiri, terdapat kemungkinan bahwa pengajuan perolehan certified badge WhatsApp untuk akun bisnismu bisa ditolak oleh Whatsapp meski kamu sudah mengikuti cara centang hijau di WA di atas. 

 

Oleh karena itu, simak beberapa tips di bawah ini untuk mengantisipasinya!

  • Gunakan akun WhatsApp Business API yang resmi.
  • Buatlah akun Facebook Business Manager dan lakukan verifikasi pula.
  • Akun WhatsApp yang didaftarkan sebaiknya akun bisnis, bukan personal ataupun perorangan.
  • Pastikan semua syarat dan dokumen terpenuhi.
  • Pastikan juga bahwa kategori bisnis yang kamu jalankan tidak termasuk dalam kategori-kategori yang dilarang oleh WhatsApp, seperti minuman beralkohol, persenjataan, obat terlarang, judi, atau yang lainnya.

 

Selain hal yang sudah disebutkan di atas, apa saja manfaat lain dari kepemilikan certified badge dari WhatsApp terhadap akun bisnis kita? Yuk, cari tahu di bagian di bawah ini!

 

Baca Juga: 4 Cara Mengaktifkan Dual WhatsApp Mudah, dan Tak Terbatas

 

Alasan Mengapa Centang Hijau Penting untuk Akun WhatsApp Bisnismu

Selain perlu tahu cara centang hijau di WA, pastinya kamu perlu mengetahui juga mengapa tanda ini diperlukan oleh akun bisnismu. Banyak nilai plus tersendiri yang dapat kamu ambil ketika akun bisnismu memiliki tanda ini. Yuk, simak!

  1. Membangun citra positif bisnismu di mata pelanggan. Meski banyak bisnis yang menggunakan WhatsApp bisnis, tapi hanya beberapa yang berhasil mengantongi centang hijau dari WhatsApp. Tentu hal ini bisa jadi nilai plus tersendiri bukan?
  2. Meningkatkan kredibilitas bisnis yang kamu jalankan. Kredibilitas yang tinggi akan mempengaruhi kepercayaan pelanggan dan pertimbangan mereka ketika menggunakan produk atau jasa sebuah bisnis.
  3. Mampu menjangkau pelanggan yang lebih luas dalam hitungan waktu yang cepat. Kamu bisa melakukan promosi dan pesan-pesan lainnya melalui akun WhatsApp bisnis. Hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan juga lho!
  4. Komunikasi dengan pelanggan juga makin mudah. Kamu bisa mengirimkan pesan seperti notifikasi pengingat, follow up pembelian, ataupun menjawab pertanyaan dari pelanggan melalui akun WhatsApp bisnis bercentang hijau.
  5. Nama bisnis juga makin aman dari tindakan-tindakan kriminalitas, seperti penipuan. Dengan mengantongi verifikasi dari WhatsApp, akan semakin kecil kemungkinan akun WhatsApp bisnismu menjadi target yang disalahgunakan namanya untuk menipu masyarakat. 

 

Baca Juga: Pentingnya Fitur Chat Bot dalam Pengelolaan Bisnis

 

Itulah beberapa alasan penting mengapa kamu perlu tahu cara centang hijau di WA dan mengantongi tanda tersebut pada akun WhatsApp bisnis! Selain alasan di atas, adanya tanda verifikasi resmi dari WhatsApp dapat mengurangi potensi pesanmu dihiraukan oleh calon pelanggan ataupun pelanggan.

 

Gimana penjelasan di atas? Cara centang hijau di WA mudah untuk diikuti, bukan? Kamu sendiri bisa melakukan cara centang hijau di WA melalui bantuan platform-platform business solution providers, seperti Kokatto, agar lebih mudah mendapatkan certified badge dari WhatsApp.

 

Nah, Kokatto juga punya fitur lain yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan! Pusing membalas bejibun pesan pertanyaan dari pelanggan satu per satu? Pakai aja chatbot dari Kokatto yang selalu sedia 24/7 untuk membalas pesan pelanggan secara tepat dan akurat. Penasaran? Yuk, pakai platform Kokatto sekarang!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved