Tips Aman Menggunakan Mobile Banking dan Terhindar dari Hacker

3 November 2022 Tips Aman Menggunakan Mobile Banking dan Terhindar dari Hacker

Saat ini setiap bank mulai mengenalkan aplikasi mobile banking yang bisa digunakan para nasabahnya. Aplikasi ini memungkinkan para nasabah bisa melakukan transaksi tanpa perlu repot-repot pergi ke bank atau ATM. Selama smartphone yang dimiliki memiliki koneksi internet, mobile banking bisa diakses kapanpun dan di mana pun. Meski memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi, penggunaan mobile banking bisa malah merepotkan jika nasabah tidak mengetahui bagaimana cara menjaga akun mobile banking yang dimiliki. Agar tidak mengalami tindakan penipuan atau penyalahgunaan akun nantinya, simak tips aman menggunakan mobile banking berikut ini:

Jangan Asal Gunakan Koneksi WiFi

Untuk bisa mengakses mobile banking, smartphone perlu tersambung dengan jaringan internet terlebih dahulu. Proses pengaktifan jaringan internet bisa menggunakan paket data ataupun koneksi WiFi. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan WiFi publik untuk mengakses mobile banking sangatlah tidak dianjurkan.

Mengingat keamanan dari WiFi publik perlu dipertanyakan. Apabila tidak hati-hati, bukan tidak mungkin data yang berhubungan dengan mobile banking akan dengan mudah diretas oleh oknum tidak bertanggung jawab. Agar hal tersebut tidak terjadi, jangan gunakan WiFi saat melakukan transaksi dengan mobile banking.

Jaga Kerahasiaan Dengan Menggunakan Service OTP

Hampir setiap bank kini telah menjadikan service OTP (one time password) sebagai salah satu layanan autentikasi yang dimiliki. Di mana nasabah akan selalu mendapatkan OTP setiap kali akan melakukan transaksi. Selain bertujuan untuk menjaga keamanan akun, kode OTP juga dijadikan sebagai tahapan verifikasi untuk menyetujui terjadinya sebuah transaksi menggunakan mobile banking.

Sebelum mendapatkan kode OTP saat melakukan transaksi, nasabah perlu mengaktifkan layanan autentikasi terlebih dahulu. Hal lain yang tidak kalah penting yakni menjaga kerahasiaan kode OTP yang diberikan oleh pihak bank. Jangan pernah membicarakan kode OTP kepada siapapun, baik keluarga atau bahkan oknum yang mengaku sebagai pihak bank. Menginformasikan kode OTP secara sembarangan akan meningkatkan risiko pencurian secara online.

Update Aplikasi Mobile Banking

Untuk meningkatkan sistem keamanan dan juga fitur yang ada pada mobile banking, pihak bank akan beberapa kali melakukan update. Setiap nasabah juga dianjurkan untuk selalu memperbarui aplikasi mobile banking yang ada di smartphone. Menunda proses melakukan update aplikasi hanya akan membuat mobile banking tidak bisa digunakan secara maksimal. Akan sangat disayangkan jika pembaruan fitur yang akan memudahkan proses transaksi dilewatkan begitu saja. Terlebih jika pembaharuannya seputar sistem keamanan aplikasi.

Beri Password pada Smartphone

Menambahkan sistem keamanan pada smartphone juga menjadi hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan mobile banking. Jangan lupa untuk selalu menerapkan penggunaan password pada smartphone. Dengan demikian, smartphone nantinya tidak akan mudah diakses oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Akan sangat berbahaya jika smartphone bisa dengan mudah diakses pihak lain, terlebih jika mereka mengetahui password dari akun mobile banking. Untuk itu, penggunaan password menjadi hal yang sangat penting. Diantara banyaknya jenis sistem keamanan yang ada di smartphone, pilihlah yang memiliki tingkat keamanan paling tinggi.

Bagi kamu yang merupakan pemilik dari sebuah bank, pastikan kamu memberikan tingkat keamanan yang mumpuni pada akun mobile banking yang telah dimiliki. Hal tersebut juga akan membuat nasabah semakin tenang setiap kali akan melakukan transaksi. Kamu juga bisa melakukan kerjasama dengan Kokatto untuk meningkatkan sistem keamanan aplikasi. Segera kunjungi laman Kokatto dan ketahui berbagai layanan yang ada di perusahaan satu ini.

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright 2022 by Kokatto. All Rights Reserved