Hindari Ancaman Phising dan Simak Tips Aman Menggunakan Internet Banking

3 November 2022 Hindari Ancaman Phising dan Simak Tips Aman Menggunakan Internet Banking

Internet Banking merupakan salah satu layanan yang dimiliki bank untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan transaksi. Sesuai dengan namanya, layanan ini tentu membutuhkan adanya koneksi internet agar bisa digunakan. Berbagai macam jenis transaksi bisa dengan mudah diakses nasabah melalui internet banking. Mulai dari pengecekan saldo, transfer antar bank, pembayaran tagihan, dan lain sebagainya. Uniknya, internet banking ini tidak hanya bisa diakses melalui perangkat smartphone saja. Nasabah bisa mengakses internet banking menggunakan perangkat laptop atau tablet.

Setiap bank tentu juga telah menerapkan sistem keamanan terbaiknya untuk bisa melindungi layanan internet banking. Sehingga nasabah pun tidak perlu lagi khawatir setiap kali akan melakukan transaksi melalui layanan satu ini. Meski demikian, bukan berarti nasabah bisa seenaknya menggunakan internet banking tanpa memperhatikan sistem keamanan. Hal tersebut nantinya hanya akan membuat oknum tidak bertanggung jawab mengakses internet banking dengan mudah. Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips aman menggunakan internet banking yang perlu diperhatikan:

Jangan Mudah Terpancing Phising

Saat ini phising menjadi salah satu hal kian hari semakin marak. Banyak oknum tidak bertanggung jawab melakukan phising guna mendapatkan informasi pribadi mengenai akun seseorang. Phising bisa membuat nasabah mencantumkan informasi pribadi mengenai layanan internet banking yang dimiliki. Mulai dari ID pengguna, PIN, password, rekening tabungan, dan masih banyak lagi. Apabila tidak diantisipasi, ancaman phising tentu sangat mengkhawatirkan.

Phising seringkali dilakukan melalui pengiriman email palsu. Di mana oknum tidak bertanggung tersebut bertindak seakan-akan sebagai karyawan dari bank. Pada email tersebut juga seringkali dilengkapi dengan sebuah link. Phising akan langsung menyerang jika nasabah mengklik link tersebut. Sebaliknya, akun nasabah tetap aman jika mengabaikan adanya email palsu yang memancing terjadinya phising. Apabila email phising tidak sengaja diklik, nasabah wajib segera menghubungi pihak bank untuk melakukan tindakan pemblokiran atau tindakan keamanan lainnya.

Jaga Kerahasiaan Data Perbankan

Kerahasiaan data perbankan menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Setiap nasabah tidak dianjurkan untuk menyebarkan informasi data perbankan dengan mudah. Sekalipun kepada kerabat dekat. Hindari juga menginformasikan data perbankan secara online pada oknum yang mengaku dari pihak bank. Pasalnya, karyawan bank hanya akan menanyakan data perbankan nasabah hanya jika bertemu secara langsung di kantor. PIN dan password menjadi dua informasi penting yang sebaiknya dijaga dan tidak mudah disebarluaskan. Hindari juga pencatatan PIN pada perangkat smartphone yang mudah diketahui oleh orang lain.

Hindari Penggunaan Perangkat Publik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, internet banking bisa diakses pada berbagai macam perangkat. Salah satunya yakni perangkat komputer atau laptop. Meski demikian, bukan berarti mengakses internet banking pada perangkat komputer publik menjadi hal yang sah untuk dilakukan. Penggunaan komputer publik hanya akan meningkatkan risiko pencurian. Terlebih jika nasabah lupa untuk melakukan tindakan log out setelah selesai mengakses internet banking. Agar transaksi lebih aman, penggunaan komputer pribadi sangatlah dianjurkan.

Meski nasabah bisa menerapkan berbagai tips di atas, kamu sebagai pemilik bank tetap perlu terus meningkatkan keamanan layanan yang dimiliki. Hal tersebut akan berpengaruh pada tingkat kepercayaan nasabah untuk terus menggunakan layanan yang ditawarkan. Bagi kamu yang kesulitan mengembangkan sistem keamanan, kamu bisa mengajukan konsultasi kepada Kokatto. Perusahaan yang telah berpengalaman ini siap memberikan solusi terbaik bagi perusahaan kamu!

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved