Penting! Simak Tips Aman Menggunakan SMS Banking

3 November 2022 Penting! Simak Tips Aman Menggunakan SMS Banking

Setiap bank tentu akan berlomba-lomba untuk memberikan layanan terbaik bagi para nasabahnya. Diantara banyaknya layanan yang ditawarkan oleh bank, SMS Banking menjadi salah satu yang menarik perhatian. Melalui layanan satu ini, setiap nasabah akan lebih mudah untuk melakukan transaksi. Hanya dengan mengirimkan SMS sesuai format yang telah ditentukan, nasabah bisa langsung melakukan transaksi sesuai kebutuhannya. Kemudahan yang ditawarkan oleh SMS Banking inilah yang membuat nasabah antusias menggunakan layanan satu ini.

Berbagai macam jenis transaksi bisa dilakukan melalui layanan SMS Banking ini, mulai dari pengisian pulsa, pembelian token listrik, transfer uang, dan masih banyak lagi. Apabila tidak menggunakan layanan SMS Banking, nasabah perlu menuju kantor cabang bank atau ATM untuk bisa melakukan berbagai macam jenis transaksi tersebut.

Sebelum bisa menggunakan layanan ini, nasabah diwajibkan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Jika tidak, mereka tidak akan bisa menggunakan layanan ini untuk melakukan transaksi. Saat mendaftarkan diri, nasabah juga akan langsung mendapatkan sebuah password atau PIN sebagai sistem keamanan selama mengakses SMS Banking.

Berbicara mengenai layanan SMS Banking, tentu tidak akan lengkap apabila tidak membahas perihal tips aman menggunakan layanan satu ini. Dengan mengetahui berbagai macam tips keamanan tersebut, nasabah nantinya akan lebih merasa tenang setiap kali akan melakukan transaksi menggunakan SMS Banking. Langsung saja, berikut ini tips aman menggunakan SMS Banking yang perlu kamu ketahui:

Jaga Kerahasiaan PIN SMS Banking

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saat baru pertama kali mendaftarkan diri untuk menggunakan layanan SMS Banking, nasabah akan langsung diberikan sebuah password atau PIN. Password tersebut nantinya akan digunakan setiap kali akan menggunakan layanan ini.

Adanya penggunanya password juga bertujuan agar SMS Banking tidak mudah diakses oleh oknum tidak bertanggung jawab. Untuk itu, nasabah pun dituntut untuk selalu menjaga kerahasiaan PIN SMS Banking untuk menghindari hal buruk yang mungkin terjadi.

Jangan Simpan PIN di Smartphone

Bagi nasabah yang memiliki sifat pelupa, tentu seringkali memilih untuk mencantumkan PIN SMS Banking di smartphone. Baik itu pada aplikasi catatan atau aplikasi lainnya. Hal ini tentu sangatlah tidak dianjurkan. Mengingat tingginya kemungkinkan orang lain untuk bisa mengakses dan mengetahui PIN SMS Banking.

Hapus Pesan Transaksi di Kotak Masuk

Berbagai macam informasi mengenai transaksi yang terjadi tentu telah terdata secara lengkap di kotak masuk dan keluar. Apabila transaksi yang dilakukan bersifat rahasia, sebisa mungkin untuk langsung menghapus pesan tersebut. Menghapus pesan transaksi akan membuat transaksi lebih aman dan tidak diketahui oleh orang lain.

Segera Hubungi Pihak Bank Jika Smartphone Hilang

Apabila nasabah kehilangan akses akan smartphone yang dimiliki akibat pencurian, mereka wajib menginformasikan hal tersebut kepada pihak bank. Di mana pihak bank nantinya akan langsung melakukan tindakan pemblokiran pada layanan SMS Banking. Sehingga pelaku pencurian tidak bisa memiliki akses untuk menggunakan layanan SMS Banking.

Keempat tips di atas bisa membuat nasabah menggunakan layanan SMS Banking dengan aman dan nyaman. Kamu sebagai pemilik bank, juga perlu terus memberikan sistem keamanan terbaik bagi setiap layanan yang dimiliki. Tidak terkecuali dengan layanan SMS Banking. Kokatto menjadi salah satu perusahaan yang siap memberikan solusi terbaik untuk menjaga keamanan di setiap layanan perusahaan kamu. Kunjungi laman Kokatto untuk mengetahui informasi lebih lanjut, ya.

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved