Seberapa Penting Centang Hijau WhatsApp bagi Bisnis?

3 Februari 2023 Centang Hijau Whatsapp

Kamu pasti pernah dihubungi atau menghubungi akun centang hijau WhatsApp. Kalau mereka yang menghubungi, kamu nggak perlu khawatir keasliannya. Soalnya, WhatsApp nggak sembarangan memberikan centang hijau WhatsApp. Lantas, bagaimana sih cara mendapatkannya?

 

WhatsApp sendiri sudah menjadi sebuah aplikasi yang lazim dipakai masyarakat. Kamu bisa melihat sendiri bagaimana WhatsApp digunakan oleh berbagai segmen masyarakat, mulai dari muda hingga tua, dari berbagai kelas sosial dan lain-lain. Jadi tak heran kalau banyak yang menggunakan WhatsApp for Business untuk membantunya berjualan.

 

Dengan menggunakan WhatsApp for Business, banyak hal yang bisa kamu dapatkan. Seperti membalas pesan otomatis yang sangat berguna bagi para pelaku usaha, ataupun fitur labeling chat yang dapat membantumu sehingga tidak kewalahan dalam menghadapi berbagai chat dari para pelanggan.

 

Baca Juga: API WhatsApp Business: Definisi, Fungsi dan Manfaat

 

Kamu juga bisa meletakkan barang kamu dalam katalog yang sudah disediakan. Begitu pula meletakkan informasi mengenai profil bisnismu pada kolom profil. Dengan begitu, para pelanggan akan lebih mudah melakukan pembelian baik pada WhatsApp ataupun secara online dengan adanya informasi-informasi tersebut.

 

Centang Hijau WhatsApp

Setelah melihat beberapa fitur di atas, tidak mengherankan melihat banyak bisnis kecil ataupun besar menggunakan fitur WhatsApp for Business untuk menggapai para pelanggan. Apalagi dengan beberapa hal dan syarat tertentu, bisnis kamu dapat diverifikasi dan mendapatkan centang hijau dari WhatsApp.

 

Centang hijau dari WhatsApp sendiri merupakan bentuk verifikasi dari WhatsApp. Seperti pada berbagai media sosial, tanda centang di samping nama akun merupakan bentuk verifikasi dari penyedia platform tersebut bahwa pengguna tersebut sudah terverifikasi dan dapat dibuktikan keresmiannya. Begitu juga pada WhatsApp. Tanda centang menunjukkan bahwa akun bisnis tersebut dapat dipercaya. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti:

 

Mempunyai Badan Usaha

Syarat mendapatkan centang hijau yang pertama adalah sudah mempunyai badan usaha yang berbentuk PT ataupun CV. Hal tersebut dikarenakan dengan mempunyai hal tersebut, sebuah bisnis bisa dikatakan mempunyai legalitas secara resmi pada negara tempat bisnis tersebut berjalan.

 

Selain itu, ada beberapa jenis bisnis yang tidak bisa mendapatkan centang hijau yakni bisnis yang menjual barang-barang sebagai berikut:

  • Tembakau
  • Narkotika dan Obat-obatan terlarang
  • Perjudian
  • Minuman Beralkohol
  • Binatang hidup
  • Senjata
  • Layanan kencan
  • Layanan dewasa
  • Produk dan layanan medis

 

Memiliki Facebook Business Manager 

Syarat mendapatkan centang hijau WhatsApp yang kedua adalah memiliki Facebook Business Manager. Kamu bisa mendapatkannya dengan mendaftarkan akun tersebut ke business solution provider atau BSP sehingga mereka bisa mengurus hal tersebut dan menjadikanmu diverifikasi centang hijau WhatsApp hingga mengurus WhatsApp Business API.

 

Kamu dapat menggunakan business solution provider seperti Kokatto untuk membantumu mendapatkan centang hijau WhatsApp. Salah satu business solution provider yang kamu bisa gunakan adalah Kokatto. Kokatto sendiri sudah dipercaya sebagai salah satu penyedia resmi WhatsApp Business API.

 

Populer di Mata Publik

Meskipun bukan syarat mutlak, populer di mata publik menjadi salah satu syarat mendapatkan centang hijau dengan cepat. Apalagi jika populer bukan karena hal yang buruk, bukan tidak mungkin proses akan lebih cepat karena khalayak ramai sudah cukup mengenal tentang bisnis tersebut.

 

Populer sendiri berarti track record-nya sudah diakui oleh publik. Hal itu akan mempermudah penyedia layanan untuk menjadikan hal tersebut pertimbangan dalam memberikan verifikasi pada akun bisnis tersebut. Jadi sebaiknya kamu tetap menjaga citra yang baik dalam menjalankan bisnis.

 

Keuntungan Mempunyai Centang Hijau WhatsApp

Berikut ini ada beberapa keuntungan kalau memiliki WhatsApp centang hijau:

 

Menambah Kepercayaan Pelanggan

Adanya verifikasi dari penyedia layanan akan membuat akun tersebut jauh lebih terpercaya karena sudah diakui. Oleh karena itu, mempunyai centang hijau WhatsApp akan menambah kepercayaan, apalagi bagi para calon pelanggan yang sebelumnya belum pernah melakukan transaksi. Kamu juga tidak akan dianggap akun bodong oleh para calon pelanggan. Terlebih saat ini, banyak sekali akun bisnis abal-abal yang mempunyai tujuan tidak baik.

 

Menambah Nilai Jual

Selain dipercaya pelanggan, mempunyai centang hijau WhatsApp juga menambah nilai jual sendiri. Saat ini, sudah lazim bagi para pelaku usaha mempunyai banyak kanal dalam berjualan. Oleh karena itu, mempunyai kanal yang terverifikasi tentu akan menambah nilai jual tersendiri bagi bisnis tersebut.

 

Memberikan Kredibilitas

Kredibilitas sendiri cukup penting bagi sebuah bisnis. Karena itu banyak bisnis lama masih bisa tetap berdiri karena mempunyai kredibilitas yang baik. Bagi sebuah bisnis baru, mempunyai centang hijau WhatsApp akan memberikan kredibilitas yang baik untuk modal awal dalam berbisnis.

 

Menghindari Blokir

Semakin mudahnya teknologi juga membuat semakin banyak akun-akun yang mempunyai niat tidak baik muncul ataupun hanya melakukan spam. Oleh karena itu, mempunyai centang hijau WhatsApp akan membedakanmu dibandingkan akun-akun tersebut. Karena jika kamu diblokir oleh calon pelanggan, tentu kamu akan menemui kesulitan untuk melakukan promosi pada mereka.

 

Baca Juga: Mengenal Fast Respon Chat Artinya Apa dan Manfaatnya

 

Cara Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp

Untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp, berikut cara-cara yang perlu dilakukan. 

 

Pilih Nomor untuk WhatsApp Business API

Langkah pertama dalam mendapatkan centang hijau WhatsApp adalah dengan memilih nomor untuk WhatsApp business API. Pastikan nomor tersebut bukan nomor pribadi sehingga tidak tercampur dengan kontak pribadi yang mungkin terjadi. Nomor tersebut bisa berupa nomor baru ataupun nomor lama yang pernah digunakan.

 

Daftarkan pada Business Solution Provider Resmi

WhatsApp sendiri mempunyai business solution provider resmi seperti yang terdapat pada Kokatto. Kamu dapat mendaftarkan bisnismu untuk mendapatkan WhatsApp Business API. Saat mendapatkan proses centang hijau WhatsApp, kamu akan mendapatkan fitur-fitur yang terdapat pada WhatsApp Business API.


Fitur-fitur tersebut berupa blast pesan yang bisa kamu kirimkan kepada calon pelanggan kamu dengan jumlah banyak hingga ribuan. Kamu juga mendapatkan fitur chatbot untuk merespon pelanggan serta sistem yang terintegrasi untuk membantu mempermudah dalam berjualan.

 

Verifikasi pada Facebook Business Manager

Sebenarnya, langkah ini biasanya akan dilakukan oleh penyedia layanan resmi BSP yang kamu pilih. Namun, kamu juga melakukan langkah-langkah berikut dalam melakukan verifikasi:

  • Login akun di Facebook Business Manager
  • Pilih Business Settings
  • Klik Account
  • Klik WhatsApp Accounts
  • Pilih akun yang ingin kamu daftarkan
  • Klik Settings
  • Pilih Contact Support
  • Pilih Ask a Question
  • Klik WABiz: Request official business account status
  • Lengkapi kolom dan informasi yang dibutuhkan
  • Isi seluruh informasi dan unggah semua dokumen yang diminta. 

 

Menunggu Centang Hijau

Biasanya proses akan memakan waktu 1-2 hari ataupun 1 minggu. Proses tersebut tentu akan melewati berbagai proses yang dibutuhkan meskipun tetap ada kemungkinan gagal. Yang bisa kamu lakukan hanyalah menjalankan bisnis seperti biasa kemudian menunggu hingga mendapatkan centang hijau WhatsApp.

 

Demikian adalah beberapa informasi dan penjelasan singkat mengenai centang hijau WhatsApp. Jika kamu sering menggunakan WhatsApp untuk bisnis kamu, tidak ada salahnya untuk menjadikan bisnismu terverifikasi. Kamu dapat mengunjungi Kokatto untuk informasi lebih lanjut. Selain WhatsApp Business API, kamu dapat menemui beberapa fitur seperti data analytics dan customer care. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung kunjungi Kokatto sekarang!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved