Ini Kelebihan WA Bisnis yang Bisa Kamu Jadikan Andalan!

3 Februari 2023 Kelebihan Wa Bisnis

Banyak kelebihan WA Bisnis yang membuatnya dipilih oleh para pelaku usaha menjadi salah satu andalan dalam berbisnis. Terlebih, WA adalah salah satu platform pesan instan yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Melalui artikel ini, kamu bisa melihat beberapa kelebihan WA Bisnis yang bisa meyakinkanmu untuk memilih WA Bisnis.

 

WA atau WhatsApp sendiri adalah sebuah aplikasi pesan kirim instan yang saat ini bisa dikatakan paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Setelah dulu orang hanya bisa berkirim pesan melalui SMS saja, kemunculan smartphone menjadi salah satu pembawa angin segar dalam teknologi komunikasi.

 

Kalau dulu ketika mengirim SMS maka sejumlah pulsa akan terpotong, berbeda dengan aplikasi seperti WhatsApp. Pada aplikasi WhatsApp, kamu cuma membutuhkan kuota internet. Kuota bisa didapatkan dari Wi-Fi ataupun paket data. Setelah itu, kamu bisa berkirim pesan semaumu.

 

Tidak hanya itu, dengan WhatsApp kamu juga bisa mengirim foto dan video sesukamu, plus fitur video call. Berbekal hal tersebut, kamu bisa berbicara sambil menatap wajah orang yang kamu lakukan panggilan. Dengan aplikasi yang terbilang mudah digunakan dan cukup ringan, wajar rasanya apabila WhatsApp menjadi pilihan utama dalam berkomunikasi oleh beberapa orang.

 

Tidak hanya untuk komunikasi non-formal, Whatsapp juga digunakan oleh masyarakat sebagai komunikasi dalam konteks formal. Sebut saja seperti pekerjaan maupun berbisnis. Bahkan Whatsapp sendiri menyediakan aplikasi Whatsapp Business bagi para pelaku usaha yang ingin menggunakan Whatsapp untuk berbisnis.

 

Berbekal beberapa kelebihan yang disebutkan di atas, banyak para pelaku usaha yang memilih menggunakan WhatsApp Business sebagai pilihannya sebagai platform untuk berjualan. Lantas, apa kelebihan WA Bisnis yang membuatnya menjadi pilihan masyarakat yang terjun ke dunia bisnis?

 

Kelebihan WA Bisnis

Profil Bisnis

Kelebihan WA Bisnis yang pertama adalah kamu akan mendapatkan profil bisnis. Sekilas, WA Bisnis akan terlihat sama saja dengan wa lain di mata para pelangganmu. Namun saat melihat profilmu, kamu akan melihat bagaimana terdapat berbagai informasi profil pada akun bisnis.

 

Mulai dari alamat bisnis, kategori bisnis, jam buka, hingga deskripsi singkat mengenai bisnis tersebut. Hal itu akan memudahkan para pelanggan untuk mengenal bisnismu, apalagi jika bisnismu masih terbilang baru. Kamu juga akan mempunyai tulisan business account di mata para pengguna lain. Letaknya ada di bawah nama bisnismu.

Labeling

 

Kelebihan WA Bisnis yang kedua adalah kamu bisa melakukan labeling. Fitur yang satu ini cukup penting mengingat jika menggunakan WA Bisnis sebagai kontak, pesan yang banyak jumlahnya tidak akan terhindarkan. Bukan tidak mungkin kamu akan kewalahan menghadapinya dan dapat terjadi kesalahan saat menerima pesanan.

 

Dengan fitur labeling chat, hal tersebut dapat dihindari. Kamu dapat memberikan label mana pesanan yang dalam proses, pesanan yang sudah dikirim ataupun pesan dari calon pelanggan. Dengan begitu, kesalahan dalam penerimaan pesanan dapat terhindarkan. Kesalahan seperti jumlah pesanan ataupun model pesanan kerap terjadi karena bercampurnya berbagai chat.

 

Bisa Digunakan Lebih dari Satu Orang

Kelebihan WA Bisnis lainnya adalah akun ini bisa digunakan lebih dari satu orang. Hal ini penting mengingat terlalu banyak nomor kontak pada suatu bisnis akan menimbulkan kebingungan di mata para pengguna. Sementara satu orang mungkin kewalahan jika pesanan sudah mencapai ratusan atau ribuan.

 

Hal ini dapat diantisipasi dengan menggunakan WA Bisnis yang bisa digunakan lebih dari satu orang. Meskipun jumlahnya tetap terbatas, tapi kamu dapat menggunakan versi WhatsApp Business API yang berbayar untuk mendapatkan jumlah pengguna yang jauh lebih banyak lagi. Dengan begitu, sebuah bisnis tidak akan kerepotan dalam menangani pelanggan dalam jumlah banyak.

 

Balasan Pesan Otomatis

Salah satu kelebihan WA Bisnis yang menjadi unggulan adalah balasan pesan otomatis. Tak jarang sebuah usaha hanya berbisnis pada jam-jam tertentu. Berbeda dengan calon pelanggan yang terkadang bisa impulsif dan bertanya atau memesan pada jam-jam di kala admin tersebut sedang tidak online.

 

Oleh karena itu, fitur balasan pesan otomatis menjadi sangat berguna terlebih bagi para pelaku usaha yang tidak selalu memantau chat dan mempunyai kesibukan lain. Fitur ini menyediakan pilihan berbagai pertanyaan yang sering diajukan dan kemudian menjawabnya. Terlebih, terkadang beberapa calon pelanggan mempunyai pertanyaan yang sama. Hal tersebut dinamakan frequently asked questions atau FAQ.

 

Katalog Produk

Tidak lengkap rasanya berjualan tanpa menggunakan katalog. Hal itu juga menjadi salah satu kelebihan WA Bisnis. Beberapa jenis usaha biasanya menjual beberapa jenis barang dan hanya bukan satu saja. Tentu para calon pelanggan harus melihat barang-barang seperti apa saja yang dijual oleh bisnis tersebut. Di situlah gunanya katalog.

 

Katalog pada toko online sama pentingnya pada toko offline. Mempunyai katalog akan memberikan para calon pelanggan pilihan. Biasanya juga terdapat fitur keranjang untuk meletakkan barang-barang yang ingin dibeli oleh para calon pelanggan. Fitur ini akan sangat berguna bagi mereka yang menjual berbagai macam variasi barang.

 

Terintegrasi

Dapat terintegrasi dengan berbagai aplikasi juga menjadi salah satu kelebihan WA Bisnis. Kemajuan teknologi membuat saat ini berbagai sistem sudah terintegrasi satu sama lain. Sebut saja seperti belanja online di mana sistem pembayaran dan pengiriman langsung terintegrasi.

 

Aplikasi seperti Instagram maupun Facebook menjadi salah satu yang sering dikombinasikan dengan WhatsApp Business. Terlebih, keduanya adalah aplikasi yang sering digunakan oleh para masyarakat dunia. Jadi jangan heran apabila banyak dari mereka yang berjualan di kedua aplikasi tersebut menggunakan WhatsApp Business sebagai kontak pribadi mereka untuk melakukan penjualan.

 

Analisis Data

Kelebihan WA Bisnis yang akan sangat membantu dalam berjualan adalah kemampuannya dalam analisis data. Saat ini, data sangat penting bagi para penjual. Penting untuk melihat dalam data bagaimana performa pada bisnis yang berjalan saat ini. Kepentingan untuk peningkatan juga dapat terlihat.

 

Melalui WA Bisnis, kamu bisa melihat berapa banyak pesan yang terkirim, dibaca dan diterima. Dengan begitu, kamu bisa melihat perilaku pelangganmu dan menerapkannya pada strategi penjualan. Statistik sendiri sangat penting bagi bisnis sebagai bentuk referensi pengambilan keputusan.

 

Blast Pesan

Kelebihan WA Bisnis yang terakhir di artikel ini adalah kemampuannya untuk melakukan blast pesan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, WhatsApp menjadi pilihan karena banyak sekali pengguna WhatsApp baik di Indonesia maupun di dunia. Di situlah fitur blast pesan sangat berguna bagi bisnis.

 

Kamu bisa melakukan promosi dengan blast pesan. Ketika kamu mempunyai produk baru atau memberikan potongan harga tertentu, kamu bisa menggunakan blast pesan untuk menyampaikannya. Hal tersebut dikarenakan tidak mungkin mengirim tiap pesan pribadi untuk semua calon pengguna.

 

Itulah beberapa kelebihan WA Bisnis yang membuatnya menjadi pilihan para pelaku usaha. Kamu dapat mengubahnya menjadi WhatsApp Business API yang mana informasinya bisa kamu dapatkan di Kokatto. Selain itu, ada fitur chatbot dan customer care yang dapat membantumu di berbagai platform. Untuk fitur dan informasi penting lainnya, kamu bisa langsung mengunjungi Kokatto!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved