API WhatsApp Business: Definisi, Fungsi dan Manfaat

1 Januari 2023 Api Whatsapp Business

 API WhatsApp Business adalah fitur dari whatsapp yang sebaiknya dimiliki oleh pelaku usaha, apalagi pengguna whatsapp ramai adanya. Oleh karena itu, pelaku usaha perlu menggunakan aplikasi yang dapat membantu dalam mengembangkan bisnis. Mari cari tahu bagaimana API WhatsApp Business dapat membantu pelaku usaha.

 

Saat ini sudah banyak orang yang memilih untuk berbisnis. Hal tersebut tak lepas dari kemudahan dalam memulai sebuah bisnis. Terlebih, beberapa tahun belakangan lapangan pekerjaan menjadi semakin tak menentu imbas dari pandemi. Banyak masyarakat yang menerima pemutusan hubungan kerja.

 

Memulai bisnis sendiri bisa jadi sebuah solusi. Solusi tersebut juga bukan solusi jangka pendek saja tapi bisa menjadi jangka panjang selama bisa dikelola dan dimanfaatkan dengan baik. Terutama jika dilaksanakan dengan perencanaan matang, eksekusi yang tepat serta tanggung jawab dan komitmen yang tinggi.

 

Memulai Bisnis

Karena sesungguhnya, memulai bisnis bukan perkara menjual barang saja. Banyak elemen lain yang perlu diperhatikan agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan lancar. Seperti menentukan barang yang ingin dijual. Meskipun kamu sudah mempunyai bayangan akan produk tersebut, tapi kamu tetap perlu mencari tahu perihal pasar barang tersebut. Jika ternyata persediaan barang tersebut lebih banyak di pasaran, tentu akan sedikit percuma jika kamu turut menjual barang yang sama.

 

Setelah itu, kamu memikirkan variasi produk yang kamu jual. Kamu tentu ingin menjual sesuatu yang berbeda dengan kompetitor atau para penjual barang yang sama. Jika kamu tidak mengetahui kelebihan, tentu akan lebih sulit bagi para pelanggan untuk lebih memilih produkmu dibanding produk kompetitor

 

Lalu kamu juga harus menentukan bagaimana target pasar yang kamu tuju. Hal tersebut berguna agar kamu dapat menemukan target pelanggan yang sesuai dengan produk yang kamu jual alih-alih membuat semua orang menjadi target pasar. Dengan begitu, strategi pemasaran yang kamu lakukan bisa tepat sasaran.

 

Baca Juga: Biaya WhatsApp Business Masih Gratis, Ini Bedanya dengan WhatsApp API

 

Dan yang tak kalah penting adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Pelanggan adalah hal terpenting dalam bisnis jadi selain memberikan produk yang terbaik, berikan juga pelayanan yang terbaik. Hal tersebut bisa kamu lakukan salah satunya dengan menggunakan API WhatsApp Business.

 

API WhatsApp Business

API atau Application Programming Interface adalah bagian dari fitur WhatsApp yang membantu sebuah bisnis untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Kalau WhatsApp biasa fungsinya hanya untuk berinteraksi dengan kontak, API WhatsApp Business mirip dengan WhatsApp bisnis di mana fungsi utamanya ditujukan untuk bisnis.

 

Penggunaan WhatsApp bisa menjadi salah satu solusi yang baik karena saat ini WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Terlebih, penggunaan aplikasi pesan instan merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan oleh pengguna smartphone.

Karena itu, sangat logis rasanya menggunakan WhatsApp, apalagi brand-brand besar juga menggunakan WhatsApp sebagai salah satu kanal untuk memberikan pelayanan bagi para pelanggan. Dengan API WhatsApp Bisnis, kamu bisa memberikan pelayanan bisnis terbaik dari WhatsApp. Meski berbayar, fitur dari API WhatsApp Business juga jauh lebih dalam segi kuantitas penggunaan.

 

Fitur API WhatsApp Business

Berikut adalah beberapa fitur API WhatsApp Business yang perlu kamu ketahui. 

1. Bisa Digunakan Banyak Pengguna

Berbeda dengan pengguna WhatsApp bisnis gratis yang hanya bisa digunakan oleh 2 pengguna pada 1 nomor WhatsApp Business, pada API WhatsApp Business bisa menjadikan banyak orang sebagai admin. API bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain serta perangkat lunak pihak ketiga.

 

2. Centang Hijau

Seperti yang kita tahu di berbagai media sosial, tanda centang adalah bukti verifikasi sebuah akun. Dengan menggunakan API WhatsApp Business, kamu akan mendapatkan centang hijau yang membuktikan bahwa kamu adalah akun WhatsApp resmi dari bisnis tersebut. Hal tersebut dapat membantu reputasi kamu sebagai brand sehingga dapat membuat para pelanggan baru menjadi lebih yakin dengan brand-mu.

 

3. Fitur Chatbot

API WhatsApp Business sendiri berbeda dengan aplikasi WhatsApp bisnis di mana kamu bisa unduh gratis, tapi difungsikan sebagai perangkat lunak. Oleh karena itu, ada fitur-fitur khusus untuk membantu bisnis melayani pelanggan dengan kemampuan terbaik. Salah satunya dengan chatbot. Dengan menggunakan kata kunci yang tepat, pelanggan dapat memberikan pesan balasan kapanpun ia mempunyai pertanyaan.

 

4. Lebih Aman

Karena berbayar dan harus melalui cara tertentu seperti mitra resmi WhatsApp API Indonesia, tentu keamanannya terjamin, bahkan proses pembuatan akun API WhatsApp Business juga harus disetujui dulu. Hal itu membuat sistem keamanannya aman, di mana WhatsApp merupakan perusahaan besar di dunia sehingga tidak mudah diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab.

 

Baca Juga: Kelebihan WhatsApp Business API untuk Bantu Tingkatkan Penjualan Online

 

Manfaat API WhatsApp Business

1. Jangkauan Lebih Luas

Seperti yang kita ketahui bersama, jangkauan WhatsApp sangatlah luas. Bahkan bisa menjangkau secara global. Oleh karena itu penggunaan WhatsApp terutama dengan fitur seperti API sangatlah tepat. Dengan banyaknya fitur yang tersedia, kamu bisa memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan dimanapun mereka berada.

 

2. Selalu Siap

Seperti fitur chatbot yang mampu membalas pesan konsumen, kamu dapat selalu melayani konsumen kapanpun mereka membutuhkan. Terkadang, konsumen tidak mengenal jam ketika mereka membutuhkan sesuatu. Oleh karena itu, penggunaan API dapat membantu tidak hanya bagi bisnis kamu, tapi juga bagi para pelanggan yang membutuhkan.

 

Sebuah bisnis harus selalu responsif dalam menanggapi pelanggan. Banyak fitur lainnya yang dapat membantu bisnismu dalam memberikan pelayanan yang berkualitas bagi para pelanggan. Hal tersebut nantinya akan membantumu mendapatkan reputasi baik di mata pelanggan terkait pelayanan.

 

3. Pengiriman Blast

Manfaat lainnya adalah dapat mengirimkan blast. Blast sendiri adalah aktivitas di mana kamu berniat mengirimkan pesan ke pelanggan tanpa perlu menyimpan kontak. Blast sendiri penting bagi para bisnis yang ingin mengirimkan pesan promosi ke para pelanggan dalam jumlah banyak. Hal tersebut akan memudahkan sebuah bisnis untuk meraih jangkauan yang cukup luas.

 

Demikian adalah sedikit penjelasan mengenai API WhatsApp Business serta beberapa fungsi dan manfaat yang didapatkan oleh sebuah bisnis. Hal ini dapat membantu kamu dalam menjalani bisnis karena bisnis tidak hanya perihal penjualan produk, tapi juga bagaimana sebuah bisnis memberikan pelayanan pelanggan baik sebelum maupun setelah pembelian terjadi.

Dengan menggunakan API WhatsApp Business, hal tersebut dapat diwujudkan. Banyaknya fitur yang didapat juga tidak hanya memudahkan penjual tapi juga pembeli. Kenyamanan bagi kedua belah pihak tentu akan dapat membuat transaksi menjadi lebih lancar dan komunikasi yang terjalin antara keduanya terjalin dengan lancar.

Sebagai mitra resmi WhatsApp Indonesia, kamu bisa mengurus API WhatsApp Business melalui Kokatto. Selain itu, ada juga fitur lain seperti customer care dan data analytics yang dapat membantu kamu untuk memberikan pelayanan tambahan lainnya untuk pelanggan. Penasaran bagaimana cara kerjanya? Langsung aja kunjungi Kokatto untuk tahu informasi lebih lanjut.  

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2023 by Kokatto. All Rights Reserved