Berikut Ini Macam-Macam WhatsApp yang Perlu Kamu Ketahui!

3 November 2022 Berikut Ini Macam-Macam WhatsApp yang Perlu Kamu Ketahui!

WhatsApp merupakan media komunikasi perpesanan yang dimiliki oleh Facebook. Mudahnya penggunaan WhatsApp serta dilengkapi dengan beberapa fitur yang baik untuk kebutuhan personal maupun bisnis, membuat WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang populer di kalangan masyarakat. WhatsApp sendiri sudah semakin dikembangkan, yang bermula sebagai media komunikasi perpesanan personal. Kini WhatsApp juga dapat digunakan untuk kebutuhan bisnis atau usahamu.

Jika kamu belum tahu, kini WhatsApp tidak hanya digunakan untuk keperluan personal saja. Pasalnya, kini sudah ada macam-macam WhatsApp yang bisa kamu pertimbangkan dan gunakan untuk membantu kamu menjalani bisnis atau usahamu. WhatsApp sendiri kini sudah dibagi menjadi 3 yang masing-masing memiliki fungsi dan fitur berbeda. Apa saja sih macam-macam WhatsApp yang perlu kamu ketahui? Berikut adalah macam-macam WhatsApp yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu:

Macam-macam WhatsApp yang Harus Kamu Ketahui!

1. WhatsApp Messenger

Macam pertama dari WhatsApp adalah WhatsApp Messenger yang dapat kamu unduh secara gratis di handphone-mu. WhatsApp Messenger sendiri digunakan untuk kebutuhan personal kamu, untuk saling bertukar pesan dengan kerabat dan keluarga, misalkan. Tidak cukup banyak fitur dalam WhatsApp Messenger yang bisa kamu gunakan, selain untuk saling bertukar pesan dan telepon, kamu dapat menggunakan foto profil, nama dan deskripsi. Di tahun 2017, WhatsApp telah mengeluarkan fitur baru ke WhatsApp Messenger, yaitu fitur Status. Fitur yang satu ini dapat kamu gunakan untuk mengunggah teks, foto, video dan GIF yang akan hilang setelah 24 jam. Menarik bukan?

2. WhatsApp Business

Bukan hanya WhatsApp Messenger yang digunakan untuk kebutuhan personal saja, macam-macam WhatsApp yang bisa kamu gunakan jika kamu memiliki bisnis atau usaha dan ingin memasarkannya adalah WhatsApp Business. Januari tahun 2018 silam, WhatsApp meluncurkan WhatsApp Business yang ditargetkan untuk pengguna yang memiliki bisnis atau usaha kecil. Tujuan utama WhatsApp Business dibuat adalah untuk membantu pemilik bisnis atau usaha terhubung secara lebih baik dengan pelanggan mereka. Selain itu, fokus dari WhatsApp Business juga untuk membantu mempromosikan bisnis atau usaha. Pasalnya, ada beberapa fitur dalam WhatsApp Business yang dapat kamu gunakan untuk terhubung dan mempromosikan bisnis atau usahamu dengan lebih baik. Untuk kamu yang memiliki usaha kecil, WhatsApp Business adalah pilihan yang tepat untukmu.

3. WhatsApp Business API

Macam-macam WhatsApp yang perlu kamu ketahui selain WhatsApp Business adalah WhatsApp Business API. Sama halnya dengan WhatsApp Business, WhatsApp Business Application Programming Interface (API) juga dipergunakan untuk kepentingan bisnis atau usaha, agar interaksi antara pelanggan dan penjual serta upaya untuk mempromosikan bisnis atau usaha dapat berjalan dengan lebih mudah dan efisien.

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

Macam-macam WhatsApp telah dibedakan menjadi tiga, yaitu, WhatsApp Messenger, WhatsApp Business, dan WhatsApp Business API. Namun, apabila WhatsApp Business dan WhatsApp Business API memiliki tujuan yang sama, yaitu agar pemilik bisnis atau usaha dapat terhubung dengan pelanggan serta untuk mempromosikan bisnis dan usaha yang mereka punya dengan lebih efisien. Lantas, apa perbedaan dari WhatsApp Business dan WhatsApp Business API? Yuk, simak perbedaan keduanya!

1. Ukuran Bisnis atau Usaha

Perbedaan pertama yang bisa kamu lihat antara WhatsApp Business dan WhatsApp Business API adalah, besar kecilnya sebuah bisnis atau usaha. WhatsApp Business dirancang untuk kamu yang memiliki bisnis atau usaha yang terbilang kecil, sedangkan WhatsApp Business API dirancang khusus untuk bisnis atau usaha yang besar. WhatsApp Business API sendiri dapat memudahkan pemilik bisnis atau usaha dalam skala besar dan resmi untuk berkomunikasi dan terhubung dengan pelanggan di seluruh dunia

2. Cara Pendaftaran

Hal lain yang membedakan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API adalah cara mendaftarkannya. Kamu dapat mengunduh WhatsApp Business secara gratis di Android atau IOS dan hanya membutuhkan pendaftaran secara umum. Berbeda dengan WhatsApp Business API yang membutuhkan pengaturan teknis lebih lanjut, kamu harus mendaftarkan atau mengintegrasikan WhatsApp Business API ke sistem pelayanan pelanggan atau sistem manajemen pelanggan bisnis kamu.

Berbeda dengan WhatsApp Business yang dapat kamu unduh secara gratis, WhatsApp Business API yang tidak tersedia di Playstore atau Appstore. Kamu akan membutuhkan pihak ketiga untuk dapat menggunakan WhatsApp Business API, yaitu, Business Solution Provider (BSP). BSP sendiri merupakan sebuah institusi penyedia solusi pihak ketiga yang memiliki keahlian di platform WhatsApp Business, BSP akan membantu kamu untuk mendaftarkan dan memverifikasi bisnis kamu kepada pihak WhatsApp.

3. Akses yang Lebih Banyak

Banyaknya perangkat yang dapat mengakses WhatsApp Business dan WhatsApp Business API merupakan salah satu perbedaan dari keduanya. Pasalnya, WhatsApp Business bisnis hanya dapat diakses dan digunakan oleh dua perangkat dan admin saja, sedangkan WhatsApp Business API dapat diakses dan digunakan oleh banyak perangkat dan admin. Selain itu, WhatsApp Business API memiliki fitur person otomatis yang membuat pelanggan seolah-olah memiliki customer service yang dapat dihubungi dan siap sedia 24 jam.

4. End-to-End Encryption

Perbedaan lain yang dapat dilihat antara WhatsApp Business dan WhatsApp Business API adalah end-to-end encryption. Layaknya WhatsApp Messenger, percakapan antara pelanggan dan penjual akan terenkripsi secara end-to-end, yang artinya pesan antara pelanggan dan penjual hanya akan diketahui oleh kedua belah pihak tersebut. Baik pihak WhatsApp maupun Facebook tidak dapat melihat isi ataupun konten dari semua pesan yang terenkripsi secara end-to-end, meskipun begitu pihak penjual dapat melakukan enkripsi end-to-end secara manual. Berbeda dengan WhatsApp Business API, sinkronisasi dan penyimpanan riwayat pesan atau chat akan dilakukan secara otomatis.

5. Biaya

Untuk kamu yang memiliki bisnis dan usaha yang mikro, WhatsApp Business bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Pasalnya, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk menggunakan dan mengakses WhatsApp Business, berbeda dengan WhatsApp Business API yang merupakan program antarmuka berbayar. Untuk dapat menggunakan WhatsApp Business API, kamu harus menyiapkan biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat mengakses dan memverifikasi program tersebut. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk WhatsApp Business API pun berbeda-beda tergantung mitra resmi yang kamu pilih untuk membantu kamu mengakses dan memverifikasi WhatsApp Business API mu.

Itu tadi adalah Macam-macam WhatsApp yang perlu kamu ketahui. Berbagai macam WhatsApp di atas hadir dengan berbagai versi, fungsi, dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan begini kamu dapat menentukan Macam-macam WhatsApp mana yang cocok dan tepat untuk kebutuhan bisnis atau usahamu. Macam-Macam WhatsApp business di atas memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing yang bisa menjadi pertimbangan kamu untuk membantu dan mempermudah kamu dalam menjalani bisnis dan usahamu.

Jika kamu tertarik untuk memanfaatkan WhatsApp Business API untuk bisnismu tapi bingung caranya, tenang, ada Kokatto yang siap membantumu. Dengan layanan WhatsApp Business API dari Kokatto, kamu bisa mengelola komunikasi bisnismu melalui WhatsApp hanya dengan satu platform. Yuk, cari tahu disini keunggulan lainnya dari layanan WhatsApp Business API Kokatto.

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright 2022 by Kokatto. All Rights Reserved