7 Alasan Autentikasi adalah Solusi Keamanan Pelanggan

3 November 2022 7 Alasan Autentikasi adalah Solusi Keamanan Pelanggan

Autentikasi adalah sebuah proses yang digunakan untuk pembuktian atau validasi atau verifikasi dari identitas seseorang ketika akan melakukan akses pada akun miliknya. Tidak hanya digunakan untuk akses, penggunaan lain dari autentikasi adalah untuk aktivitas yang dilakukan oleh pemilik akun tersebut. Misalnya jika ingin melakukan pembayaran dengan menggunakan e-money atau aktivitas lain yang berhubungan dengan transaksi digital.


Macam-Macam Jenis Autentikasi

Autentikasi adalah salah satu bentuk verifikasi identitas yang sudah sejak lama dilakukan oleh banyak perusahaan. Sering juga ditemui di internet tentang autentikasi yang bisa digunakan. Hingga saat ini, teknologi autentikasi semakin berkembang. Berikut ini adalah macam-macam autentikasi yang sering kita temui:

1. Password

Contoh yang paling sederhana untuk autentikasi adalah password atau kata sandi. Setiap orang yang menggunakan internet pasti pernah mendengar istilah password atau kata sandi. Kata sandi merupakan bentuk autentikasi yang paling dasar sehingga setiap orang yang memiliki akun di internet pasti sudah mengenali ini.

2. Two-Factor Authentication (2FA)

Two-factor authentication (2FA) merupakan bentuk keamanan yang dibangun atas dasar kata sandi. Tujuan dari autentikasi adalah menciptakan solusi keamanan yang lebih kuat. Two-factor authentication membutuhkan kata sandi dan bentuk autentikasi yang lain untuk memperkuat keamanan. Bentuk lain autentikasi adalah berupa data lain untuk mendukung keamanan.

3. Autentikasi Token

Beberapa perusahaan tidak ingin mengandalkan pada smartphone atau sistem validasi lain untuk pelanggan sehingga mereka lebih memilih menggunakan autentikasi token. Autentikasi token menggunakan alat khusus sebagai autentikasi dua faktor. Alat untuk autentikasi adalah token, kartu, NFC, dan sebagainya.

4. Autentikasi Biometrik

Autentikasi biometrik merupakan sistem autentikasi yang sudah semakin canggih. Biometrik menggunakan karakteristik pengguna sebagai sistem validasi. Penggunaan autentikasi biometrik sudah sering kita temui di sekeliling. Contohnya adalah fingerprint, face ID, dan voice recognition.

5. Autentikasi Transaksi

Autentikasi transaksi menggunakan sistem validasi yang berbeda dari kebanyakan sistem validasi. Autentikasi transaksi membandingkan aktivitas atau karakteristik dari pengguna. Contoh autentikasi transaksi adalah ketika kamu terbiasa log in di area Jakarta, maka sistem akan merekam hal tersebut. Sehingga jika suatu saat terjadi log in dengan lokasi di Cina, maka sistem akan memperingatkanmu karena lokasi tersebut tidak biasa kamu gunakan.

6. Autentikasi Pengenalan Komputer

Autentikasi pengenalan komputer hampir sama dengan autentikasi transaksi. Autentikasi pengenalan komputer akan memeriksa alat yang digunakan oleh pengguna. Jika pengguna tidak menggunakan alat yang biasa mereka gunakan, maka autentikasi pengenalan komputer akan memberikan peringatan.

7. CAPTCHA

Captcha untuk autentikasi digunakan tidak sebagai pengenalan atau verifikasi data pengguna. Melainkan untuk memastikan apakah pengguna tersebut benar-benar manusia atau bukan. Ini dikarenakan banyak peretas yang menggunakan teknologi canggih untuk meretas akun pengguna.

Single Sign-on (SSo)

Single sign-on atau SSo memudahkan pengguna untuk memasukkan data verifikasi sekali saja untuk akses ke seluruh akun. SSo adalah fitur yang berguna saat memutuskan mana autentikasi yang perlu digunakan. SSo memudahkan pengguna karena tidak perlu memasukkan kata sandi berkali-kali.

Baca Juga: Contoh Ucapan Terima Kasih untuk Curi Hati Pelanggan


Manfaat Autentikasi untuk Bisnis dan Pelanggan

Autentikasi adalah bagian penting untuk menjaga keamanan data pelanggan. Dengan menggunakan autentikasi, potensi data yang bocor atau sistem yang diretas akan semakin kecil, sehingga keamanan data pelanggan akan terjamin dan bisnis bisa lebih dipercaya. Adapun beberapa manfaat dari autentikasi untuk bisnis dan pelanggan:

1. Keamanan Lebih Terjamin

Manfaat autentikasi adalah keamanan yang pasti lebih terjamin. Ini adalah manfaat yang paling utama serta salah satu alasan penting kenapa suatu usaha perlu menggunakan autentikasi. Dengan adanya autentikasi pada sistem usahamu akan membantu mengenali setiap aktivitas dari pelanggan. Terutama jika usahamu bergerak di bidang digital. Entah usaha jualan online atau jasa yang kamu jalankan secara online.

2. Verifikasi Data Pelanggan

Manfaat selanjutnya dari autentikasi adalah verifikasi data pelanggan yang terjamin. Kejahatan dunia maya selalu mungkin terjadi, sehingga penting sekali untuk memiliki autentikasi untuk data pelanggan. Misalnya untuk memastikan apakah pelanggan tersebut benar pelanggan yang biasa berbelanja. Tujuan autentikasi adalah memastikan hal tersebut sehingga jika ada orang lain yang berusaha memalsukan data pelanggan, autentikasi akan melindungi data tersebut.

3. Sesuai Peraturan

Pemerintah Indonesia memberlakukan aturan untuk semua badan yang bergerak di ranah digital untuk memberlakukan autentikasi. Ini karena autentikasi adalah cara yang paling aman untuk melindungi data pelanggan. Dengan memberlakukan autentikasi, berarti perusahaan tersebut telah mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia.

4. Implementasi Mudah

Saat ini, mudah sekali memasang sistem autentikasi sehingga lalai dalam menggunakan autentikasi tidak bisa menjadi alasan. Karena autentikasi adalah suatu keharusan demi keamanan usaha dan juga keamanan data pelanggan yang bersangkutan.

5. Keamanan dari Jarak Jauh

Manfaat lain dari autentikasi adalah keamanan data pelanggan tetap terjamin meskipun diakses dari jarak jauh. Di mana pun pelanggan berada, mereka tetap bisa mengakses data mereka dengan aman tanpa khawatir adanya kebocoran data yang mungkin terjadi.

6. Solusi Keamanan Dunia Maya

Saat ini ada berbagai macam cara untuk meretas akun atau data pelanggan. Kejahatan dunia maya ada bermacam-macam, sehingga penting sekali untuk meningkatkan keamanan dunia maya. Semakin maraknya permasalahan ini membuat autentikasi adalah solusi yang tepat untuk keamanan dunia maya.

7. Memudahkan Pelanggan

Autentikasi adalah salah satu sistem keamanan dunia maya yang paling mudah digunakan oleh pelanggan. Autentikasi tidak memerlukan banyak langkah yang rumit untuk verifikasi data sehingga mereka bisa melakukannya dengan cepat dan mudah di mana pun mereka berada.

Manfaat lain yang bisa dirasakan oleh pelanggan dari autentikasi adalah rasa percaya pelanggan. Perusahaan yang mengimplementasikan autentikasi mendapatkan kepercayaan lebih dari pelanggan sehingga tidak ada kecurigaan yang timbul dari pelanggan atau kekhawatiran pelanggan terhadap data penting mereka. Penggunaan autentikasi adalah salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat kamu memulai usaha di dunia digital. Autentikasi membantu banyak usaha dan pelanggan dalam hal keamanan. Selain melindungi data pelanggan, autentikasi adalah cara lain untuk mempelajari aktivitas pelanggan.

Kebocoran data pelanggan adalah hal yang sangat berbahaya. Hal ini harus dihindari dengan menggunakan autentikasi yang terjamin. Riwayat kebocoran data akan membuat pelanggan tidak percaya pada perusahaan sehingga pelanggan kecewa dan memungkinkan sekali para pelanggan berhenti untuk menggunakan produk perusahaan tersebut.

Agar hal ini tidak terjadi, autentikasi adalah solusi yang paling tepat. Kamu bisa memilih mana jenis autentikasi yang bisa kamu gunakan untuk usahamu. Pastikan kamu memilih sistem autentikasi yang sederhana tapi tetap aman untuk platform usahamu. Misalnya kamu bisa menggunakan autentikasi kata sandi. Jenis autentikasi adalah yang perlu dipertimbangkan untuk suatu usaha. Untuk autentikasi kata sandi merupakan jenis autentikasi yang paling sederhana dan mudah ditemui di setiap usaha digital. Autentikasi kata sandi juga cukup aman untuk digunakan sebagai metode verifikasi data pelanggan.

Untuk sistem usaha yang berjalan dengan lancar, kamu bisa menggunakan Kokatto. Kokatto adalah aplikasi chatting yang akan memudahkan setiap usaha mengirimkan pesan teks atau suara kepada pelanggan mereka hanya dengan langkah mudah. Kokatto juga menyediakan OTP melalui misscall, SMS, Whatsapp, dan juga email. Yuk, langsung cek Kokatto untuk info lebih lanjut.

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved