15 Cara Mengatasi WA Error dan Apa Saja Penyebabnya

3 November 2022 15 Cara Mengatasi WA Error dan Apa Saja Penyebabnya

Sebagai salah satu aplikasi chat yang paling banyak digunakan di dunia terutama Indonesia, Whatsapp atau yang lebih dikenal dengan WA tidak terlepas dari error yang kadang cukup menjengkelkan. Mulai dari tidak bisa berkirim pesan hingga men-download gambar. Lalu, bagaimana cara mengatasi WA error?

Nah, buat kamu yang saat ini WA atau Whatsapp-nya sedang mengalami error, Kokatto punya beberapa daftar penyebab aplikasi berlogo gagang telepon dan cara mengatasi error-nya. Yuk, simak selengkapnya melalui artikel ini!

Baca juga: Kelebihan WhatsApp Business API untuk Bantu Tingkatkan Penjualan Online

Cara Mengatasi WA Error dan Apa Saja Penyebabnya

Error yang sering terjadi pada Whatsapp bisa bermacam-macam dan tidak hanya terjadi satu-atau-dua kali baik yang berasal dari Whatsapp itu sendiri maupun dampak dari error handphone atau penggunanya.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa indikasi error yang mungkin terjadi pada WA kamu dan apa saja penyebabnya.

1. Restart HP Kamu

Cara mengatasi WA error yang pertama adalah dengan me-restart HP kamu. Biasanya, Salah satu penyebab WA error adalah adanya bug pada aplikasi sehingga Whatsapp tidak bisa dibuka, mengalami force close, tidak bisa menerima pesan dan juga telepon.

Ada dua cara melakukan restart HP yaitu dengan memilih tombol restart atau tombol shut down setelah tombol power ditekan lama. Jika cara ini tidak berhasil, lanjut ke cara berikutnya di bawah ini.

2. Cek Koneksi Internet

Penyebab lainnya kenapa WA kamu bisa error mungkin terjadi pada koneksi jaringan internet kamu. Biasanya tanpa sadar kamu lupa untuk mengisi paket internet atau lupa menyambungkan kembali jaringan internet setelah kamu menonaktifkannya.

Bukan cuma itu, buat kamu yang biasa dimanjakan dengan WiFi, kemudian keluar ruangan tanpa mengaktifkan jaringan seluler, sering kali membuatmu kesulitan menerima pesan atau chat dari WA.

Jadi, mudah saja. Apabila kamu tidak bisa mengirim atau menerima pesan, men-download gambar dari WA, atau tidak bisa membuka status WA teman, mungkin itu semua diakibatkan karena kamu tidak tersambung pada jaringan internet.

3. Menutup Aplikasi Lain dan Restart WA bisa jadi Cara Terbaik Mengatasi WA Error

Cara mengatasi WA error selanjutnya adalah dengan menutup aplikasi lain me-restart aplikasi WA pada background. Biasanya ketika aplikasi dibuka secara bersamaan apalagi jika kinerjanya berat, maka akan memakan RAM handphone yang cukup banyak sehingga membuat beberapa fungsi pada aplikasi tidak bisa berjalan.

Contoh beberapa permasalahannya adalah tidak bisa membuka, mengunduh dan mengirim gambar, tidak bisa menerima pesan suara atau fungsi-fungsi lain pada Whatsapp Business.

Untuk melakukan ini, beberapa handphone memiliki caranya tersendiri. Namun umumnya, kamu tinggal klik tombol sebelah kiri pada bagian panel bawah smartphone atau menggeser layar homescreen dari atas ke bawah.

Kemudian akan muncul beberapa aplikasi yang sedang dijalankan. Lalu tutup semua aplikasi yang sedang berjalan tadi dan buka Whatsapp kembali. Seharusnya, jika masalah ada pada kinerja RAM, dengan cara ini fungsi WA bisa kembali normal.

Baca juga: 9 Fitur WhatsApp Business dan Manfaatnya untuk Bisnismu

4. Update Aplikasi WA Kamu

Error WA selanjutnya adalah adanya expiration pop-up yang berisi “This Version of Whatsapp has expired”. Simpel, jika itu terjadi pada Whatsapp-mu, berarti Google Play atau Apple App Store tidak melakukan update otomatis pada aplikasi.

Cara mudah mengatasi WA error karena masalah ini adalah dengan meng-update WA kamu di Google Play Store atau Apple App Store. Agar kejadian ini tidak terulang, kamu bisa buka setting pada Google Play atau App Store. Kemudian pilih menu auto-update apps atau Perbarui aplikasi secara otomatis.

5. Hapus Cache Aplikasi WA

Cara ini adalah cara paling umum yang terjadi apabila WA kamu mengalami berbagai macam error mulai dari tidak bisa berkirim pesan, force close, mengirim dan mengunduh gambar, tersambung jaringan namun WA tidak aktif, dan error-error lainnya.

Cache sendiri bisa dibilang sebagai “catatan” yang ditulis aplikasi agar kinerjanya menjadi lebih cepat. Meski lebih banyak membantu, cache ini juga sering menyebabkan aplikasi crash dan mau-tidak-mau kamu harus menghapusnya.

Caranya, untuk di Android kamu bisa membuka setting. Kemudian ke manajemen aplikasi. Lalu buka aplikasi WA, kemudian klik clear cache. Namun ingat, setiap handphone memiliki direktori manajemen aplikasi yang berbeda-beda.

6. WA sudah Tidak Lagi Support? Coba Perbarui Sistem Operasi HP-mu!

Seperti yang kamu tahu, bahwa aplikasi WA terbaru sudah tidak lagi mendukung sistem operasi tertentu terutama pada rilisan-rilisan jadul. Oleh karena itu, jika WA tidak bisa dibuka karena tidak mendukung sistem operasi, kamu hanya perlu melakukan update sistem operasi dengan cara buka setting > System > Update System.

Namun, apabila tidak berhasil dan memang masalahnya ada pada seri sistem operasi yang sudah tidak didukung oleh WA, mau-tidak-mau kamu harus mengganti smartphone baru.

7. Jangan Gunakan Aplikasi Task Killer Otomatis

Beberapa orang sengaja memasang aplikasi task killer untuk memperingan kinerja handphone. Tidak salah, tapi ini membuat beberapa aplikasi yang harus berjalan pada background menjadi tidak berfungsi dengan baik. Contohnya Whatsapp.

Untuk itu, ada baiknya, kamu uninstall aplikasi task killer yang biasanya secara serampangan akan menutup aplikasi yang berjalan di background. Padahal, smartphone keluaran terbaru sudah dilengkapi smart task killer bawaan yang akan menutup aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan.

8. Hapus Beberapa Aplikasi yang Tidak Penting

Penyebab WA error biasanya terjadi apabila smartphone-mu kelebihan beban salah satunya terlalu banyak aplikasi yang di-install, tapi memori penyimpanan tidak mendukung kapasitasnya.

Cara terbaik untuk mengatasi WA error yang disebabkan oleh kapasitas penyimpanan adalah menghapus beberapa aplikasi yang jarang kamu gunakan atau tidak penting sama-sekali. Namun, jika kamu tidak ingin menghapusnya, kamu bisa melakukan partisi atau instalasi aplikasi tertentu ke dalam kartu SD.

9. Aktifkan VPN

Tahukah kamu bahwa di beberapa negara, Whatsapp tidak bisa digunakan. Misalnya, di Tiongkok dan Rusia. Apabila kamu berada di negara-negara yang tidak memiliki akses Whatsapp, kamu bisa menggunakan dan meng-install VPN pada smartphone kamu agar Whatsapp bisa digunakan kembali di negara saat ini kamu berada.

10. Jangan Aktifkan Mode Penghemat Data

Niat hati agar handphone hemat daya, malah berujung aplikasi Whatsapp tidak bisa digunakan. Hal ini karena fitur tersebut memaksa smartphone untuk tidak bisa menjalankan beberapa fungsinya yang biasanya berjalan di background HP contoh, notifikasi dan panggilan telepon.

Pada akhirnya, karena fitur ini, kamu hanya bisa menerima panggilan atau melihat WA masuk apabila kamu membuka aplikasi Whatsapp. Untuk menonaktifkan mode penghemat data cukup mudah. Pertama, buka setting kemudian cari penghemat daya atau battery saver. Jika sudah, kamu tinggal menggesernya dari mode ON menjadi OFF.

Baca juga: Begini Cara Promosi Lewat WhatsApp API untuk Tingkatkan Penjualan!

11. Buka Block Download dari Whatsapp Web

Masalah ini terjadi ketika kamu tidak bisa men-download file atau gambar dari Whatsapp Web di mana biasanya akan muncul download restricted pada URL bar browser kamu yang disertai dengan logo merah bergaris putih pada sisi paling kanan.

Cara mengatasi WA error karena ini, kamu cukup klik logo pada tulisan download blocked. Kemudian pilih Always Allow web.whatsapp.com to download. Adanya blokade download ini biasanya dilakukan oleh browser untuk mencegah virus masuk ke komputer kamu.

12. Pastikan Penggunaan Background Data Aktif

Cara mengatasi WA error selanjutnya adalah dengan cara memastikan penggunaan background data aktif. WA adalah satu dari sekian banyak aplikasi yang wajib aktif di background HP agar notifikasi dan penyampaian pesan tetap terekam ketika HP dalam kondisi idle atau tidak aktif.

Caranya adalah buka setting atau pengaturan, masuk ke manage apps atau apps. Kemudian pilih Whatsapp, lalu masuk ke jaringan atau data seluler, kemudian pastikan data background aktif. Namun, untuk beberapa handphone keluaran saat ini, aplikasi akan tetap berjalan di background selama kamu terkoneksi dengan internet.

13. Lakukan Reset Preferensi Aplikasi

Untuk beberapa kasus, kondisi WA tidak bisa pulih karena handphone sudah menyimpan berbagai macam error yang terjadi pada aplikasi yang menyebabkan bug. Untuk itu, kamu bisa melakukan reset pada preferensi aplikasi. Namun cara ini hanya bisa dilakukan untuk beberapa jenis smartphone.

14. Install Ulang WA Kamu

Install ulang WA jadi salah satu cara mengatasi WA error yang paling mudah apabila kamu malas untuk menginspeksi apa yang terjadi yang mengakibatkan WA kamu bisa error. Selain itu, dengan menginstall ulang, bug pada WA yang bisa jadi penyebab error bisa saja hilang.

15. Terakhir, Sabar!

Cara mengatasi WA error yang terakhir adalah cukup sabar. Hal ini karena memang Whatsapp sedang mengalami down server atau maintenance yang itu berarti dengan cara apa pun, kamu tidak akan bisa memperbaiki error tersebut.

Baca juga: Biaya WhatsApp Business Masih Gratis, Ini Bedanya dengan WhatsApp API

Nah, itu lah dia cara mengatasi WA error dan apa saja penyebabnya. Selain itu buat kamu yang saat ini sudah menggunakan Whatsapp Business untuk kebutuhan jualan, kamu bisa memanfaatkan Whatsapp Business API dari Kokatto.

Whatsapp Business API sendiri berfungsi untuk memaksimalkan fitur-fitur yang ada di Whatsapp Business sehingga mempermudah kamu dalam mengelola toko dari Whatsapp. Misalnya adanya message blast dan verified account.

Untuk lebih jauh mengetahui apa itu Whatsapp Business API, yuk informasi lengkapnya disini!

whatsapp facebook instagram
KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright 2022 by Kokatto. All Rights Reserved