Penting Mengenal Contoh Pemasaran Produk dalam Bisnis

3 November 2022 Penting Mengenal Contoh Pemasaran Produk dalam Bisnis

Sebelum membahas contoh pemasaran produk, ada baiknya kamu mengetahui pengertian pemasaran. Pemasaran adalah sistem dari berbagai kegiatan bisnis atau usaha untuk merencanakan, menentukan harga barang, mempromosikan, mendistribusikan dan bisa memuaskan konsumen. Pemasaran sangat penting untuk semua bisnis, nggak memandang bisnis itu besar atau kecil. Apabila di suatu bisnis nggak ada pemasaran, konsumen nggak akan tahu sebuah contoh pemasaran produk yang dihasilkan di bisnis itu dan penjualannya jadi menurun. Tapi, dengan melakukan sebuah pemasaran yang baik, akan membuat orang tahu tentang produk bisnis kamu, dan bisa membuat konsumen tertarik, apalagi jika produk usaha bisnis kamu mempunyai kualitas, nilai inovatif, dan keunikan.

 

Dengan mengetahui contoh pemasaran produk yang benar, konsumen bisa tertarik dengan usaha bisnis kamu. Kamu dapat membangun kekuatan merk atau “Brand Equity”. Brand Equity ialah efek diferensiasi yang positif dari respon konsumen. Dengan Brand Equity yang kuat, kamu bisa meningkatkan penjualan dan pendapatan yang tinggi, bahkan bisa stabil. Brand Equity juga bisa mempengaruhi munculnya “Brand Loyalty” atau yang dapat diartikan sebagai kesetiaan pelanggan dengan produk itu. Sebelum menyimak contoh pemasaran produk, ada baiknya kamu mengetahui elemen strategi pemasaran.

 

Elemen Strategi Pemasaran

Pada strategi pemasaran, ada lima elemen yang bisa kamu perhatikan. Lima elemen itu adalah product, price, promotion, place, dan people. Berikut penjelasan kelima elemen tersebut:

 

  • Produk

Dalam menentukan strategi pemasaran melalui produk, hal ini bisa kamu pertimbangkan seperti fungsi, tampilan, kualitas, sampai pengemasan dari produk. Pelanggan biasanya mempertimbangkan kelebihan dan manfaat produk. Nggak jarang pelanggan juga mencari terlebih dahulu di internet tentang produk yang akan dibeli. Karena itu, kamu harus benar-benar mempertimbangkan fitur utama, manfaat, sampai keinginan konsumen dengan produk yang kamu tawarkan.

 

  • Harga

Dalam memutuskan harga yang ingin kamu tawarkan, kamu dapat mengacu pada beberapa hal. Seperti harga produk di pasaran, diskon, metode pembayaran, kredit, dan layanan lainnya. Sehingga usaha kamu nggak merugi, tapi harga itu masih bisa diterima oleh konsumen. Nggak cuma itu, saat menentukan strategi penetapan harga, kamu juga harus mempertimbangkan posisi bisnismu di pasaran sekarang ini.

 

  • Promosi

Promosi ini adalah segala aktivitas yang dilakukan supaya bisnis bisa dikenal banyak orang. Promosi ini bisa berupa iklan, relasi, dan sponsor. Biaya produksi nggak murah, jadi penting untuk menentukan apakah promosi yang kamu lakukan layak dalam meningkatkan penjualan produk.

 

  • Tempat

Tempat mengacu dengan lokasi bisnismu yang dilihat, dibuat, dijual, dan didistribusikan. Dalam mempertimbangkan tempat, ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan. Dua diantaranya adalah terjangkau dan nggak terlalu banyak biaya. Sangat penting untuk mempertimbangkan jangkauan atau akses produk terhadap konsumen, sehingga mereka bisa dengan mudah menemukan produk.

 

Baca juga: Contoh Marketing Plan yang Bisa Berhasil untuk Usahamu

 

  • Orang yang terlibat

 

Orang yang terlibat ini adalah staf atau karyawan, tenaga penjualan, dan lainnya. Orang ini penting sebagai sumber daya manusia untuk bisnismu. Dalam menjalankan strategi bisnis supaya bisa memperoleh keuntungan, kamu dapat merekrut karyawan yang kompeten. Salah satu contoh kompeten yaitu karyawan bisa memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen.

Contoh Pemasaran Produk

 

Contoh pemasaran produk langsung atau yang sering disebut direct marketing:

  • Pemasaran produk makanan yang ada di pasar tradisional
  • Pemasaran produk kesehatan yang ada di mall
  • Pemasaran produk kerajinan tangan yang ada di tempat wisata

 

Contoh pemasaran produk nggak langsung yang sering disebut indirect marketing:

  • Pemasaran buku lewat aplikasi marketplace di internet
  • Pemasaran perabot rumah tangga lewat iklan di televisi
  • Pemasaran jasa layanan masyarakat lewat iklan di radio
  • Pemasaran produk UMKM lewat internet

 

Contoh pemasaran produk secara afiliasi:

  • Membayar orang lain untuk mempromosikan produk
  • Pemasaran produk kesehatan lewat Multi-level Marketing
  • Pemasaran alat masak lewat Multi-level Marketing

Nggak boleh sembarangan dalam menentukan strategi pemasaran. Strategi yang bagus ialah tombak agar mendapatkan keuntungan besar saat menjalani suatu usaha. Jika masih merasa sulit, maka simak beberapa contoh pemasaran produk berikut:

 

 

  • Menggunakan Sosial Media

 

Contoh pemasaran produk pertama yaitu menggunakan sosial media. Coba gunakan platform sosial media yang kamu punya seperti Instagram, Facebook, Twitter dll. Platform itu tentunya memiliki fitur yang sangat bermanfaat buat menjalankan promosi dengan baik. Dengan contoh pemasaran produk, pemasaran dapat berjalan dengan baik, praktis, dan efektif.

 

 

  • Menggunakan Situs Website

 

Contoh pemasaran produk selanjutnya adalah dengan menggunakan situs website. Pemasaran seperti ini nggak kalah efektif dari pemasaran menggunakan sosial media, lho. Website akan membuat produk yang dipasarkan menjadi jauh lebih bagus juga profesional. Memasarkan produk dengan website bisa membuat semakin mudah dan cepat dikenal oleh konsumen. Bahkan konsumen bisa dengan mudah menemukan perusahaan yang menjual produk melalui halaman pencarian Google.

 

Baca juga: Apa Saja Contoh Media Promosi yang Bisa Kamu Gunakan?

 

 

  • Membuat Video Promosi di Youtube

 

Contoh pemasaran produk berikutnya adalah dengan video promosi di Youtube. Perhatikan juga durasi video, model video sampai bahasa yang digunakan. Kamu harus menggunakan bahasa sesuai dengan target pemasaran. Jika targetnya anak muda, sebaiknya bahasa yang wajib dipakai ialah bahasa buat percakapan sehari-hari.

 

  • Menggunakan Marketplace

Contoh pemasaran produk yang juga paling efektif dilakukan adalah dengan menggunakan marketplace. Tentunya, hal ini diikuti dengan perkembangan internet yang semakin berkembang. Hal ini bisa membuka peluang baru agar lebih banyak mendapatkan konsumen untuk bisnis kamu.

 

 

  • Endorsement Selebgram

 

Menggunakan endorsement selebgram juga salah satu contoh pemasaran produk untuk bisnismu. Dengan endorsement ke selebgram, produk yang kamu jual bisa semakin banyak orang lain tertarik. Jika ingin menggunakan endorsement seorang selebgram, carilah selebgram dengan followers banyak. Lalu, hubungi selebgram tersebut lewat direct message ataupun kontak informasi yang tersedia.

 

  • Menggunakan Brosur dan Spanduk

Kamu dapat memasang spanduk di tempat ramai dan sering dilihat oleh konsumen sebagai contoh pemasaran produk lainnya. Pastikan untuk memasang spanduk dengan desain yang bagus dan menarik untuk dilihat, ya. Begitu juga dengan brosur dan cara pemasaran menggunakan via brosur. Kamu dapat membuat stand atau booth tertentu dan mulai membagikan brosur tersebut ke orang-orang.

 

  • Memperluas Relasi ke Berbagai Media

Agar pemasaran produk semakin luas, nggak ada salahnya buat bangun relasi ke berbagai media. Dengan contoh pemasaran produk ini, media pastinya semakin banyak menarik banyak konsumen. Jalin kerjasama dengan media besar maupun kecil yang termasuk di dalamnya ada media cetak, elektronik dan lainnya. Dengan ini, dijamin bisa semakin banyak menarik calon konsumen dari luar.

 

Nah, itulah contoh pemasaran produk untuk memastikan bahwa produk kamu sukses di antara konsumen. Setelah melihat contoh pemasaran produk di atas, kamu juga perlu membangun sistem keuangan seperti mengumpulkan notifikasi, pencegahan penipuan, dan pengingat pembayaran untuk bisnis kamu. Yang pasti, masa depan teknologi komunikasi dan bisnis kamu akan sukses dengan Kokatto. Langsung cek Kokatto sekarang!

whatsapp facebook instagram
IG
Youtube
LinkedIn
ISO certificate META Partner badge
Copyright © 2024 by Kokatto. All Rights Reserved