CDP Adalah: Pengertian dan Manfaat Customer Data Platform

3 November 2022 CDP Adalah: Pengertian dan Manfaat Customer Data Platform

CDP adalah singkatan dari Customer Data Platform yang merupakan bagian dari pengelolaan data pelanggan untuk memperlancar suatu usaha. Banyak perusahaan besar yang menggunakan customer data platform karena CDP adalah salah satu alat yang bisa membantu usaha untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Penting sekali bagi usaha untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan agar bisa meningkatkan citra baik perusahaan. Selain itu mempererat hubungan pelanggan juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan. Maka dari itu banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan CDP karena CDP adalah alat yang sangat membantu.

Tidak hanya perusahaan besar saja, banyak juga usaha kecil yang memanfaatkan CDP sebagai bagian dari proses usaha. Penggunaan CDP adalah salah satu keharusan agar satu usaha dapat berkembang menjadi lebih besar.

Baca Juga: Contoh Marketing Plan yang Bisa Berhasil untuk Usahamu

Pengertian CDP Adalah


CDP adalah suatu software yang digunakan untuk menyimpan dan menyatukan data dari banyak sumber yang nantinya akan digunakan untuk membangun analisa lengkap dan koheren untuk setiap pelanggan. Sumber data tersebut berasal dari aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh pelanggan.

Beberapa sumber digital untuk CDP adalah:

  • Data perilaku pelanggan seperti aktivitas yang dilakukan pelanggan saat di website, aplikasi, atau bahkan saluran lain seperti tayangan live, chat dengan pelanggan, dan obrolan dengan chatbot. Data dinilai dari aktivitas tersebut dan langkah apa saja yang dilakukan oleh pelanggan.
  • Data transaksi seperti transaksi pembelian pelanggan, penawaran dan transaksi lainnya.
  • Data demografis seperti data pribadi pelanggan seperti nama, usia, alamat, gender, dan lainnya.


Tujuan CDP untuk Usaha


Setiap usaha yang berkembang tentunya akan memerlukan customer data platform untuk mengelola data pelanggan. Berikut ini beberapa tujuan dari CDP adalah:

1. Mengumpulkan dan Menyatukan Data Pelanggan


Banyak sekali platform yang digunakan oleh digital marketer mengumpulkan data pelanggan dalam server mereka sendiri. Usaha akan mengalami kesulitan untuk mempelajari data pelanggan sehingga CDP adalah solusi tepat yang bisa digunakan. Kamu bisa mengumpulkan data pelangganmu sendiri dan mengelolanya untuk kebutuhan usahamu.

2. Mengelola Data Pelanggan


Akan cukup sulit bagi suatu usaha untuk mengelola data jika tidak dilakukan dalam satu platform yang memadahi. Tentunya CDP adalah solusi untuk hal ini. Dengan menggunakan customer data platform yang tepat, pengelolaan data pelangganmu lebih teratur dan lebih aman.

Tidak hanya itu saja, mengelola data pelanggan di era digital seperti saat ini harus benar-benar aman. Karena pelanggan akan sangat kritis terhadap hal ini, tentunya kebocoran data yang sedikit saja bisa sangat membahayakan usahamu.

3. Aktivasi Data Pelanggan


CDP adalah platform yang tepat untuk dihubungkan dengan pemasaran. Kamu bisa menyimpan dan mengelola data pelanggan di CDP dan menghubungkannya dengan pemasaran dan periklanan agar lebih mudah memasarkan produkmu.

Customer data platform juga membantu memberikan pengalaman personalisasi kepada pelanggan sehingga mereka bisa merasa senang dengan pelayananmu. Kamu juga tidak akan mudah tersaingi oleh kompetitor karena pelayanan pelanggan yang kamu berikan sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.



Baca Juga: 5 Cara Meminimalkan Resiko Bisnis

Manfaat CDP untuk Usaha

Sistem CDP adalah menyerap, menggabungkan, dan menormalkan data para pelanggan dari berbagai macam sumber mulai dari online dan juga offline. Penggunaan berkelanjutan untuk data yang diolah lewat customer data platform adalah untuk kampanye, pemasaran, periklanan, dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari CDP:


  • Mudah Digunakan

Manfaat pertama dari CDP adalah kegunaannya yang mudah. Customer data platform tidak memerlukan cara yang rumit dan panjang untuk pemasangan. Prosesnya juga sangat mudah dan tidak memakan waktu lama. Ini sangat berbeda dengan pengumpulan data secara konvensional yang membutuhkan infrastruktur yang terbangun lebih dulu dan set up yang cukup memasang waktu lama.


  • Gambaran yang Mudah

Manfaat kedua dari penggunaan CDP adalah tampilan yang diberikan akan memudahkan siapa saja yang melihatnya. Gambaran tersebut merupakan jenis gambaran yang memperlihatkan kondisi pelanggan dari sudut pandang satu orang. Ini jauh lebih mudah dibandingkan harus melihat data pelanggan satu per satu kemudian mencocokkan data tersebut dengan yang lainnya. CDP memberikan tampilan mudah untuk dianalisa saat itu juga.


  • Menyatukan Data Pelanggan

Manfaat yang juga dirasakan dari penggunaan CDP adalah menyatukan data pelanggan. Ini akan mengurangi permasalahan double input data yang sering terjadi karena human error. Customer data platform akan secara otomatis menyatukan data yang sama meskipun dari sumber yang berbeda sehingga analisis data dapat dilakukan secara tepat dan akurat.


  • Data Dapat Diakses oleh Pihak Ketiga

Untuk kebutuhan pemasaran, manfaat CDP adalah mudah diakses oleh pihak ketiga. Tentunya akses tidak dapat diberikan sembarangan, tapi akses tersebut cukup mudah dilakukan untuk kebutuhan usaha. Misalnya jika tim pemasaran perlu akses untuk customer data platform dan digunakan untuk analisa target pasar. Akses dapat dilakukan dengan mudah sehingga mereka bisa mempelajari pasar dan menentukan strategi pemasaran yang paling efektif selanjutnya.

  • Analisis Akurat

Customer data platform juga bisa membantu memberikan analisis yang akurat tentang pelanggan. Hal ini karena cara kerja CDP adalah secara real time dan selalu diperbaharui jika ada perubahan data pelanggan. Dengan adanya data yang real time tentunya kamu bisa mempelajari kebiasaan pelanggan, mengidentifikasi segmen pasar, dan bisa memprediksi langkah untuk diambil selanjutnya. Ini akan sangat membantu untuk proses pengembangan usahamu.

  • Demokrasi Data

Manfaat lain dari CDP adalah memudahkan akses data pelanggan, mengurangi permasalahan IT dan memberikan data akurat untuk kebutuhan pemasaran yang lebih ekspert dan untuk Business intelligence. Customer data platform memberikan kemudahan akses juga agar usaha bisa terus mempelajari sikap pelanggan.

  • Pengumpulan Data Secara Langsung

Jika kamu menggunakan platform lain untuk berjualan dan mengelola usahamu, ada kemungkinan besar bahwa data pelangganmu juga akan ditarik oleh platform tersebut. Saat kamu menggunakan customer data platform hal ini bisa diminimalisir sehingga pengumpulan data pelanggan hanya jatuh kepadamu. Ini akan membuat data pelanggan tersimpan lebih aman tanpa khawatir terjadinya kebocoran oleh pihak lain.

  • Lebih Ringkas

Data pelanggan yang sudah terkumpul dan dikelola oleh customer data platform bisa ditampilkan secara ringkas. CDP membantu pengelolaan data tersebut agar lebih ringkas dan mudah dilihat oleh siapapun. Tampilan data yang lebih ringkas ini akan menjadi lebih mudah dibandingkan dengan cara tradisional yang melihat data satu per satu untuk bisa melakukan analisa.

Setelah mengetahui tentang customer data platform tentunya kamu bisa mengetahui bahwa CDP adalah bagian penting dari suatu usaha. Dengan menggunakan CDP, keamanan data pelanggan juga menjadi lebih terjamin. Tentunya penggunaan CDP adalah hal yang juga dilakukan untuk mengantisipasi keamanan data pelanggan di era digital seperti sekarang. Selain pengelolaan data pelanggan, kamu juga perlu memastikan menjaga hubungan baik dengan pelanggan menggunakan Kokatto. Kokatto memiliki fitur asisten chatbot untuk whatsapp hingga OTP agar data pelanggan lebih aman. Langsung cek Kokatto sekarang!

    whatsapp facebook instagram
    KokattoLogo Jakarta Metropolitan Tower 10th floor Jl. TB Simatupang No.Kav. 14, DKI Jakarta - 12430 +6221 3972 3972 | sales@kokatto.com
    IG
    Youtube
    LinkedIn
    ISO certificate META Partner badge
    Copyright 2022 by Kokatto. All Rights Reserved